4 Self Personality yang Mesti Kamu Tahu untuk Kenali Diri Sendiri

Selasa, 22 Juni 2021 - 21:30 WIB
loading...
4 Self Personality yang Mesti Kamu Tahu untuk Kenali Diri Sendiri
Dalam proses mengenali diri sendiri ada empat komponen diri yang bisa diajukan sebagai acuan. Foto/Pavel Danilyuk, Pexels
A A A
JAKARTA - Banyak orang boleh jadi belum tahu tentang proses pembentukan diri atau self personality. Self atau diri merupakan salah satu aspek penting dalam psikologi dan kepribadian manusia.

Pembentukan diri atau self muncul karena pengaruh dari diri sendiri maupun orang lain. Pembentukan diri ini bisa saja terjadi sepanjang hidupnya.

Setiap individu baik sadar maupun tidak pastinya melakukan proses pencarian diri . Dalam pencarian diri terjadi proses yang membuatnya akan mengalami suatu perubahan dari banyak sisi, misalnya cara pandang atau nilai-nilai yang dianggapnya penting dalam kehidupan.

Dari sudut pandang filsuf William James, self dipandang sebagai pikiran dan perasaan seseorang tentang pikiran dan perasaannya. Dengan kata lain seperti introspeksi. Biasanya hal ini dikenal dengan pengenalan diri atau social knowledge.

Setiap individu punya empat komponen konsep diri atau self. Keempat komponen ini akan membentuk diri secara utuh, tapi melalui proses yang panjang dan terus berlangsung selama individu itu hidup.

1. SELF CONCEPT

4 Self Personality yang Mesti Kamu Tahu untuk Kenali Diri Sendiri

Foto:Artem Podrez/Pexels

Self conceptadalah proses pembentukan diri dengan mengenal diri sendiri. Biasanya akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti, "Siapa saya?", "Apakah saya orang yang sukses?", "Apakah saya orang yang gagal?", "Apakah saya orang yang kaya?:, "Apakah saya orang yang miskin?", dan seterusnya.

Pertanyaan ini merupakan sesuatu yang harus dijawab berdasarkan perbandingan sosial sehingga kita akan mengonsepkan diri kita sebagai apa. Pembentukan diri yang terjadi pada tahap ini biasanya melalui proses peniruan atau imitasi. Misalnya orang yang gagal akan meniru orang yang sukses agar dirinya menjadi sukses.

Baca Juga: Langkah-Langkah Sederhana untuk Menerima dan Mencintai Diri Sendiri

2. SELF ESTEEM

4 Self Personality yang Mesti Kamu Tahu untuk Kenali Diri Sendiri

Foto:Pavel Danilyuk/Pexels

Self esteematau harga diri merupakan proses pembentukan diri saat seseorang menilai dirinya sendiri. Harga diri adalah cara seseorang dalam memandang, menghargai, dan mencintai dirinya sendiri. Proses ini akan memunculkan masalah yang berkaitan dengan individu itu sendiri.

Akan ada pertanyaan yang muncul seperti, "Apakah saya menarik?", "Apakah saya pintar?", "Apakah saya menyenangkan?". Pada proses ini maka seseorang akan mengevaluasi dirinya sendiri. Dengan tingkat harga diri yang baik, seseorang bisa lebih mencintai, menghargai, dan menerima diri mereka apa adanya, terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki.

3. SOCIAL SELF

4 Self Personality yang Mesti Kamu Tahu untuk Kenali Diri Sendiri

Foto:Monstera/Pexels

Pada komponen ini, seseorang akan berupaya memperjelas peranan dalam suatu hubungan dengan orang lain. Hubungan ini sangat menentukan di dalam pembentukan diri kita.

Akan muncul pertanyaan seperti, "Apa peran saya?", "Sebagai apa?". Kalau tidak jelas social self-nya, maka kewajiban dan hak hak seseorang menjadi kabur karena setiap peran punya tanggung jawabnya masing-masing.

Baca Juga: Bukan Introvert, Inilah Tanda-Tanda Gangguan Kepribadian Skizoid

4. SELF KNOWLEDGE

4 Self Personality yang Mesti Kamu Tahu untuk Kenali Diri Sendiri

Foto:Vlada Karpovich/Pexels
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)