alexametrics
Mahasiswa IPB Bikin Lotion Sunscreen anti Nyamuk dari Limbah Batang Tembakau
Mahasiswa IPB Bikin Lotion Sunscreen anti Nyamuk dari Limbah Batang Tembakau
Para mahasiswa IPB University yang berhasil membuat pelembap dari limbah batang tembakau. Foto/Istimewa
Bogor - Lotion anti pacet, lintah, dan nyamuk itu diberi nama Noleech. Produknya kini sudah bisa dibeli via daring dan di toko langsung, lho.

Selama ini, kita mengenal tembakau sebagai bahan baku rokok. Indonesia pun dikenal sebagai negara yang memproduksi tembakau dalam jumlah yang besar. Sebanyak 198.286 ton tembakau dapat diproduksi tiap tahunnya.

Tidak heran, tembakau merupakan bahan baku rokok yang dikonsumsi oleh kurang lebih 51,1 persen masyarakat Indonesia.



Bagian tembakau yang dimanfaatkan sebagai bahan baku rokok adalah daunnya. Sedangkan batang tembakau biasanya dibuang begitu saja. Belum banyak produk yang dapat diciptakan dari limbah batang tembakau tersebut.

Inovasi dalam memanfaatkan limbah batang tembakau menjadi lotion Noleech datang dari sekelompok mahasiswa IPB. Mereka adalah Juwadi, Ade Buchori, Fajar Gustian Reyzaldi, Yurike Kurnila Prastika, dan Rifany Fairuz Aqilah.

Mahasiswa IPB Bikin Lotion Sunscreen anti Nyamuk dari Limbah Batang Tembakau

Produknya ini sedang diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Lotion ini juga mengandung bahan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV sehingga sangat cocok bagi pencinta alam dan mahasiswa IPB yang biasa beraktivitas di luar ruangan,” ujar Juwadi selaku ketua kelompok.

Bahan untuk Membuat Lintah dan Pacet Takut
Riset membuktikan bahwa senyawa alkaloida yang dapat merusak sistem saraf tangga tali pada permukaan kulit lintah dan pacet. Selain itu, tembakau juga mengandung nikotin yang merangsang ganglia otonom dan sumbu neoromuskular yang menyebabkan depresensia sistem saraf pusat lintah dan pacet.

Uji sensitivitas sedang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia dan Jepang. Meskipun iklim Jepang sedikit berbeda dengan Indonesia, uji sensitivitas tetap dilakukan di Jepang untuk melebarkan promosi Noleech di kancah internasional.

Noleech dipasarkan di toko fisik dan toko daring. Kamu bisa cek di Instagram @noleech, Facebook Noleech Indonesia, dan Line @eek7640q. 

Produk ini bisa didapat di gerai Botani Mart (Dramaga, Bogor), Kampung Horta Bogor, dan Bogor Tenjolaya Park. Selain itu, Noleech juga ditawarkan langsung ke pelanggan. Harganya pun murah banget, cuma Rp25 ribu. Tertarik coba?

Annisa Dinulislam
Kontributor Gen Sindo
IPB University
Instagram, Line, Twitter: @dinulisme



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss