Virtue-Signaling: Cara Canggih Tingkatkan Citra Diri di Media Sosial

Rabu, 16 Juni 2021 - 22:14 WIB
loading...
A A A
Kedua, seseorang hanya ikut-ikutan tapi tidak tahu apa masalah sebenarnya. Hal ini yang terkadang membuat mereka tidak teredukasi dengan baik soal isu tersebut. Pada akhirnya, argumen mereka akan sering menjadi blunder atau menyerang diri merka sendiri.


DAMPAK POSITIF DALAM PENGGUNAANNYA

Virtue-Signaling: Cara Canggih Tingkatkan Citra Diri di Media Sosial

Foto: iStock

Ada juga perdebatan terkait virtue signaling. Pada dasarnya, medsos memang dihadirkan untuk menyebarkan kepedulian terhadap suatu isu. Oleh karena figur publik yang punya pengaruh besar, akhirnya suara mereka juga lebih banyak didengar.

Baca Juga: 5 Filsuf Perempuan yang Jarang Diketahui, dari Eropa hingga Asia

Meskipun mereka hanya ikut-ikutan, tapi suara yang mereka berikan bisa membuat pengikutnya—yang belum tahu isu tersebut—menjadi teredukasi. Namun, tentu sebelum mereka berbicara akan lebih baik kalau melakukan riset dulu agar informasinya valid.

Dengan melakukan riset terlebih dahulu, cara pandang mereka bisa jadi akan lebih luas atau malah berubah. Dari yang awalnya tidak tertarik,akhirnya menjadi salah satu garda dalam menyuarakan isu untuk membantu masyarakat. Tanpa memiliki tujuan pribadi, tentunya atensi masyarakat akan menjadi positif dan turut mendukungnya.

Alifia Putri Yudanti
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Twitter: @shcsei
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0791 seconds (0.1#10.140)