7 Manfaat Fisik dan Psikologis dari Rajin Berjalan Kaki

Rabu, 16 Juni 2021 - 17:32 WIB
loading...
7 Manfaat Fisik dan Psikologis dari Rajin Berjalan Kaki
Rutin berjalan kaki bukan cuma menyehatkan fisik, tapi juga mental kamu. Foto/ FreshSplash, iStock
A A A
JAKARTA - Kita pasti sudah tahu bahwa berjalan kaki setiap hari bisa membakar lebih banyak kalori, meningkatkan kesehatan jantung, dan menambah tahun dalam hidupmu.

Berjalan setiap hari juga akan meningkatkan kebugaran fisik dan mobilitas kamu. Namun tahukah kamu bahwa berjalan lebih banyak juga bisa mendorong kepercayaan diri yang bagus? Atau bisa juga mengirim lebih banyak oksigen ke otak?

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapat kalau sering dan rutin berjalan kaki, mengutip dari Eat This .

1. MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI

7 Manfaat Fisik dan Psikologis dari Rajin Berjalan Kaki

Foto: Jacob Ammentorp Lund/iStock

Menurut American Psychological Association, “percaya diri” didefinisikan sebagai “keyakinan seseorang pada dirinya sendiri untuk melakukan sesuatu demi mencapai kinerja tertentu. Ini mencerminkan kepercayaan pada kemampuan melakukan kontrol atas motivasi, perilaku sendiri, dan lingkungan sosial”.

Menurut ahli gizi Jaclyn London, punya rutinitas berjalan kaki setiap hari bisa meningkatkan rasa percaya diri kita dan "bisa menjadi alat dalam membangun efikasi diri".

Penelitian juga menunjukkan bahwa kalau kita berjalan dengan postur yang lebih percaya diri, maka kita sebenarnya sudah meningkatkan kepercayaan diri kita sendiri.

2. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF

7 Manfaat Fisik dan Psikologis dari Rajin Berjalan Kaki

Foto: Ridofranz/iStock

Kita tahu bahwa berjalan membantu meningkatkan sirkulasi. Tapi kamu mungkin tidak tahu bahwa dalam prosesnya, kita mengirim berton – ton oksigen ke otak. “Berjalan mengirimkan peningkatan aliran darah ke otak, yang terkait dengan fungsi kognitif yang lebih baik, perlindungan terhadap penurunan dan peningkatan memori”, kata psikolog klinis Holly Schiff.

Selanjutnya ia juga mengatakan bahwa berjalan kaki mendorong otak untuk melepaskan endorfin, neurotransmitter yang meningkatkan kesehatan mental kita (bahan kimia yang membuat kita merasa baik). Berjalan juga bisa meningkatkan ukuran hippocampus, wilayah otak yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menyimpan ingatan.

“Berjalan kaki mengurangi stres, kecemasan, dan kelelahan, dan mengurangi risiko depresi sehingga juga bermanfaat bagi kesehatan mental , juga bisa membantu kamu mengurangi pikiran negatif,” ucapnya.

3. MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR

7 Manfaat Fisik dan Psikologis dari Rajin Berjalan Kaki

Foto: BlackCAT/iStock

Berjalan membantu meningkatkan kualitas tidur karena aktivitas fisik yang teratur membantu meningkatkan kualitas dan waktu tidur. Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Health mencatat bahwa orang yang berjalan lebih banyak dilaporkan memiliki istirahat malam yang lebih baik.

Untuk memaksimalkan berjalan kaki untuk tidur yang lebih baik, kamu harus menjadikan rutinitas berjalan kaki pada pagi hari sebelum sarapan. Ini karena hal tersebut bisa membantu mengatur ulang jam biologis tidur setiap hari, memastikan bahwa kamu akan siap untuk istirahat malam yang lebih baik.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

4. MEMBANTU MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG LEBIH BAIK

7 Manfaat Fisik dan Psikologis dari Rajin Berjalan Kaki

Foto: Zamrznutitonovi/iStock
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)