Sering Salah Kaprah, Gaya Hidup Minimalis dan Frugalisme Ternyata Gak Sama

Senin, 25 Mei 2020 - 18:00 WIB
loading...
Sering Salah Kaprah, Gaya Hidup Minimalis dan Frugalisme Ternyata Gak Sama
Gaya hidup minimalis ternyata berbeda dengan frugalism, terutama tentang apa yang menjadi prioritas mereka. Foto/elizadesignstudio.com
A A A
JAKARTA - Satu dekade belakangan sedang ramai dibicarakan gaya hidup untuk melepaskan ikatan dari hal-hal yang bersifat materialisme, atau singkatnya disebut gaya hidup minimalis.

Gaya hidup ini mulai dilirik seiring popularitas Marie Kondo dan metodenya, Konmari. Popularitas Marie Kondo cukup membawa pengaruh besar dalam menjadikan gaya hidup minimalis menjadi tren.

Banyak vlogger yang menggaungkan gaya hidup minimalis di kanal YouTube dan acara TV. Tapi sayangnya, banyak yang salah kaprah terhadap konsep minimalis.

Metode Konmari Beda dengan Konsep Hidup Minimalis


Sering Salah Kaprah, Gaya Hidup Minimalis dan Frugalisme Ternyata Gak Sama

Foto: Supplied

Kalau kamu baru memulai hidup minimalis dan sedang mencari inspirasi dari para vlogger, pasti kamu udah gak asing dengan Marie Kondo dan metode ciptaannya, Konmari. Keduanya memang punya hubungan, tapi sebenarnya gak sama.

Metode Konmari diawali dengan membayangkan gaya hidup yang ideal dan berorientasi pada barang-barang yang membuat bahagia. Sedangkan kebahagiaan memicu seseorang membeli barang berlebih dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyamakan metode merapikan saya dengan minimalis, tetapi sangat berbeda. Pendukung minimalis hidup dengan kurang; Metode KonMari mendorong kehidupan di antara barang-barang yang benar-benar Anda sayangi,” jelas Marie Kondo dalam situs webnya.

Beda Minimalis dan Frugalisme


Sering Salah Kaprah, Gaya Hidup Minimalis dan Frugalisme Ternyata Gak Sama

Foto: earnest.com

Konsep gaya hidup minimalis adalah hidup dengan hal yang benar-benar dibutuhkan, memiliki barang yang benar-benar mendukung tujuan seseorang.

Seorang minimalis gak suka menghabiskan ruang untuk sesuatu yang gak punya nilai. Para minimalis percaya bahwa hidup dengan sedikit barang bisa membuat diri lebih fokus kepada hal-hal yang penting.

Sedangkan, gaya hidup frugalisme atau frugalismyang juga jadi tren adalah gak suka menghabiskan uang untuk hal atau barang yang gak punya tujuan.

Sekilas terdengar sama, tapi seorang frugalist (sebutan untuk penganut frugalism) sangat sensitif terhadap pantasnya harga yang dibayar dan nilai suatu hal atau barang (worth the value).

Jadi, kalau seorang minimalis gak suka menghabiskan ruang, seorang frugalist gak suka menghabiskan uang.

Frugalisme dan Minimalis, Mana Lebih Cocok untuk Kamu?

Sering Salah Kaprah, Gaya Hidup Minimalis dan Frugalisme Ternyata Gak Sama

Foto: LinkedIn

Gaya hidup frugalism lebih cocok diterapkan seseorang yang masih mengejar kemapanan dan kemandirian secara finansial. Sedangkan, konsep minimalis lebih mudah dipraktikkan oleh seseorang yang mendekati atau telah mapan secara finansial.

Menurut David Weliver, pendiri situs web Moneyunder30.com, anak muda punya gaya hidup yang lebih aktif dan cenderung menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah. Mereka lebih memilih menghabiskan uang untuk gaya hidup daripada barang.

Kedua gaya hidup ini bisa dikombinasikan. Kita bisa menghemat uang dan dengan sendirinya kita akan menghemat ruang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)