5 Cara supaya Kamu Tidak Menjadi Zombi Digital

Kamis, 10 Juni 2021 - 19:00 WIB
loading...
5 Cara supaya Kamu Tidak Menjadi Zombi Digital
Kecanduan media sosial membuat kamu terus-menerus melakukan scrolling layaknya zombi digital. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Sebuahsurvei menyimpulkan bahwa rata-rata orang menghabiskan sekitar tiga jam sehari untuk scrolling media sosial mereka.

Kita tahu ini adalah kebiasaan buruk, bukan hanya karena notifikasi aplikasi yang membuat menjadi mata tegang, tetapi juga karena kebiasaan melakukan scrolling tanpa akhir.

Faktanya, penggunaan media sosial dikatakan telah meningkat secara eksponensial dalam beberapa bulan terakhir, mengingat bahwa semua orang terkurung di rumah tanpa tujuan dan tidak banyak yang bisa dilakukan.

Menjadi semakin normal bagi orang-orang untuk menghabiskan sepanjang hari mereka beralih ke media sosial, bahkan ketika tidak ada hal baru yang dikatakan atau dilakukan di dunia maya.

Nah, kalau kamu termasuk di antara zombi digital itu, coba beberapa hal berikut ini agar kamu bisa mengurangi menghabiskan waktu terlalu lama di sana.

1. AKUI KAMU PUNYA MASALAH

5 Cara supaya Kamu Tidak Menjadi Zombi Digital

Foto: iStock

Langkah pertama untuk memperbaiki kebiasaan buruk adalah menerima bahwa kamu memilikinya. Penolakan membuatmu menolak perubahan. Alih-alih, akui bahwa kamu kecanduan memeriksa ponsel tanpa alasan.

Ini akan membantumu melakukan koreksi dalam perilaku saat ini. Ingatlah bahwa perubahan dimulai dari diri sendiri. Tidak ada yang bisa memaksa atau melakukannya atas namamu. Kalian hanya perlu memutuskan, berkomitmen dan bukan hanya berharap.

2. SEMBUNYIKAN NOTIFIKASI APLIKASI

5 Cara supaya Kamu Tidak Menjadi Zombi Digital

Foto: iStock

Bunyi notifikasi mungkin merupakan penyebab terbesar dari kebiasaan scrolling. Hal ini dirancang untuk mendorong kamu untuk memeriksa telepon setiap beberapa menit. Setiap kali seseorang menyukai foto di Instagram atau mengirimimu sebuah pesan WhatsApp, suara mendengungnya membuat kamu ingin memeriksa ponsel lagi. Untuk mengatasi kecanduan ini, cobalah untuk mematikan notifikasi tersebut, terutama untuk aplikasi yang kamu anggap paling membuat ketagihan.

Baca Juga: Hal yang Penting untuk Dipelajari Saat Berumur 20 Tahun

3. HAPUS APLIKASI ADIKTIF DI PONSEL

5 Cara supaya Kamu Tidak Menjadi Zombi Digital

Foto: iStock

Jika kamu mencoba me-refresh feed Instagram setiap beberapa menit, memeriksa WhatsApp bahkan ketika tidak ada pesan baru atau menelusuri tren Twitter terbaru, kamu memerlukan sebuah intervensi. Caranya dengan menghapus semua aplikasi adiktif dari ponselmu.

Keluar dari aplikasi ini tidak cukup, karena otakmu terhubung untuk membukanya secara tidak sadar. Menghapusnya dari ponsel untuk sementara waktu akan menghentikan kebiasaan ceroboh itu dan membuat dirimu tidak punya pilihan selain fokus pada hal-hal yang lebih baik.

4. COBALAH BERMAIN GIM

5 Cara supaya Kamu Tidak Menjadi Zombi Digital

Foto: iStock

Kamu bisa menyalurkan hasrat bersenang-senang dengan mencoba bermain gim atau permainan apa pun. Permainannya tidak perlu rumit atau direncanakan sebelumnya. Dengan bermain, kamu setidaknya menemukan hal lain yang menyenangkan selain scrollingmedia sosial tanpa henti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3199 seconds (0.1#10.140)