'Dynamite' atau 'Butter', Mana Lagu BTS yang Bakal Lebih 'Legend'?

Dynamite atau Butter, Mana Lagu BTS yang Bakal Lebih Legend?
Dynamite dan Butter sama-sama menjadi lagu berbahasa Inggris BTS yang sukses besar. Foto/Big Hit Music
NEW YORK CITY - Dua lagu BTS yang berbahasa Inggris, yaitu "Dynamite" dan "Butter" tentu saja sama-sama menjadi lagu hit dunia. Namun, mana yang nantinya akan dikenang sebagai yang paling hit?

Berbagai rekor lokal maupun dunia sudah dicatat "Dynamite" dan "Butter". Terakhir, "Butter" sanggup menduduki posisi jawara Billboard Hot 100 selama dua minggu berturut-turut. Ini artinya, "Butter" adalah lagu paling hit atau terpopuler di Amerika Serikat saat ini.

Jika "Butter" sanggup bertahan di posisi juara tangga lagu ini pada minggu depan, berarti lagu tersebut berhasil menumbangkan rekor "Dynamite". Pasalnya, meski "Dynamite" berhasil menduduki jawara tangga lagu Billboard Hot 100 selama tiga minggu, tapi pada minggu ketiganya, posisinya sempat turun - kalah dari "WAP" milik Cardi B feat. Meghan Thee Stallion - sebelum akhirnya naik lagi ke posisi puncak.

Terlepas dari Billboard Hot 100, para staf Billboard mencoba memprediksi ke masa depan, kira-kira dari dua lagu BTS ini, mana yang nantinya terbukti paling populer atau jadi 'hit paling besar' di masyarakat yang terus-menerus diputar dalam banyak kesempatan?



'Dynamite' atau 'Butter', Mana Lagu BTS yang Bakal Lebih 'Legend'?

Foto: Big Hit Music

Staf Billboard Rania Aniftos memilih "Dynamite" sebagai juaranya. Meski menurutnya "Butter" adalah lagu yang menyenangkan dan bagus, tapi "Dynamite" akan selalu dikenang sebagai lagu BTS pertama yang berhasil menduduki Billboard Hot 100. Jadi lagu ini akan selalu mendapat tempat yang spesial bagi BTS dan ARMY.

Baca Juga: 4 Momen Kocak RM 'Lelah' jadi Penerjemah Gratisan untuk BTS



Berbeda dengan Katie Atkinson, yang menyebut "Butter" bakal mengalahkan "Dynamite. Alasannya, karena kepribadian BTS lebih terlihat dalam lagu "Butter". "Tidak sulit buat orang lain menyanyikan "Dynamite", tapi "Butter" adalah lagunya BTS," ujarnya.

Seperti diketahui, keterlibatan RM dalam penulisan lirik lagu "Butter", terutama untuk bagian para rapper, memang sangat menonjolkan ciri khas BTS, terutama dengan penyebutan "ARMY" dalam lirik.

Sama dengan Katie, Anna Chan menyebut lirik "Butter" sangat kuat dan catchy. Katanya, "Dynamite" punya 'pelet' yang kuat di bagian "na-na-na-nas", tapi untuk "Butter", sangat susah untuk memilih bagian favorit karena semuanya menarik. "Salut untuk respek ke ibu mereka!," ujar Anna menyinggung lirik yang dinyanyikan V.

'Dynamite' atau 'Butter', Mana Lagu BTS yang Bakal Lebih 'Legend'?

Foto: YouTube Hybe Labels

"Butter" juga dipilih oleh Jason Lipshutz yang menyebut lagu ini lebih terasa komersial dengan musik synth-pop dan hook yang enak untuk diputar di radio. Bagian rap juga dinilainya lebih menonjol.

Sementara Andrew Unterberger juga memilih "Butter" karena musiknya yang lebih groove, dan lebih punya hook yang menarik. "Tapi (persaingan) ini akan sangat berat karena "Dynamite" sangat populer pada tahun lalu, dan secara budaya lagu ini jadi lagu pertama BTS yang berhasil memikat pendengar musik secara umum," ujarnya.

Lebih lanjut, saat ditanya kalau BTS akan kembali membuat versi remix lagu "Butter" dan menggandeng musisi lain, mereka menyebut Justin Bieber , Bruno Mars, BLACKPINK , Daft Punk (yang baru saja bubar), Silk Sonic, hingga aktor Will Smith sebagai pasangan duet yang pas.

Buat yang belum tahu, pada 1999, Will Smith pernah mengeluarkan album "Millenium" dengan salah satu lagunya berjudul "Da Butta" yang dinyanyikannya bersama rapper sekaligus aktris Lil' Kim. "That's smooth like "Butta" to me," ujar Jason memberikan alasannya.

Baca Juga: Columbia Records Janji akan Bahas Kasus Penghapusan Streaming 'Butter' BTS di Spotify

Artikel lengkap dari Billboard bisa kamu baca di sini .





(ita)
Share: