5 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Lebih Buruk dari yang Dibayangkan

Kamis, 03 Juni 2021 - 22:05 WIB
loading...
5 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Lebih Buruk dari yang Dibayangkan
Kebiasaan kecil yang sering kita lakukan bisa jadi berbahaya bagi kesehatan. Foto/ Ildo Frazao/iStock
A A A
JAKARTA - Kebiasaan buruk mungkin sulit dihilangkan, tetapi kemungkinan besar akan lebih sulit dihilangkan kalau kamu tidak tahu bahwa kebiasaan itu sangatlah tidak baik bagi kesehatanmu.

Mengutip dari Eat This Not That , inilah beberapa kebiasaan buruk yang mungkin belum pernah kamu pikirkan

1. TERLALU LAMA TIDUR SIANG

5 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Lebih Buruk dari yang Dibayangkan

Foto: Roos Koole/Getty Images

European Society of Cardiology baru-baru ini menganalisis lebih dari 20 studi relevan yang sebelumnya mencakup lebih dari 300 ribu orang dan menemukan bahwa tidur siang yang berlangsung lebih dari satu jam dikaitkan dengan risiko kematian , karena semua penyebab 30% lebih tinggi dan kemungkinan penyakit kardiovaskular 34% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak tidur siang sama sekali.

Namun penelitian yang sama juga melaporkan bahwa tidur siang singkat selama 30-45 menit dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, terutama jika seseorang yang tidak cukup tidur di malam hari. Jika kamu suka tidur siang, lakukan yang terbaik untuk membatasi istirahat siang hari itu menjadi kurang dari satu jam penuh.

2. MENGGUNAKAN EARPHONE YANG KOTOR

5 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Lebih Buruk dari yang Dibayangkan

Foto: Tara Moore/Getty Images

Mendengarkan lagu sambil melakukan beberapa aktivitas seperti berolahraga, mengerjakan tugas memang sangat menyenangkan, tetapi jangan lupa untuk memberbersihkan earphone-mu. Menurut Pusat Medis Rumah Sakit Whittier, sepasang earphone yang tidak terawat dijamin menjadi sarang kotoran dan bakteri. Ketika semua entitas tersebut melakukan kontak dengan telinga, hal itu dapat menyebabkan ruam, infeksi, dan reaksi alergi.

Saat ini kita semua sudah terbiasa untuk menjaga kebersihan setelah pandemi COVID-19. Membersihkan earphone-mu beberapa detik dengan larutan pembersih atau kain lembap bisa membantu kamu terhindar dari masalah telinga.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

3. SERING MANDI DENGAN AIR PANAS

5 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Lebih Buruk dari yang Dibayangkan

Foto: Sonja Kury/EyeEm/Getty Images

Mandi dengan air hangat dengan santai memang menyenangkan, tetapi menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah air setiap hari akan lebih berbahaya dan tidak baik untuk kulit. Menghindari bau dengan mandi terlalu sering justru tidak sehat dan malah menghilangkan minyak esensial dari kulit. Jika kamu mandi lebih dari 20 menit, sebaiknya waktu tersebut dikurangi sedikit menjadi 5 – 15 menit yang lebih sehat.

"Tujuan mandi adalah untuk melembapkan dan membersihkan kulit, tetapi mandi air hangat atau panas untuk waktu yang lama menghilangkan minyak alami kulit dan membuka pori-pori kita dan memungkinkan kelembapan untuk keluar," kata dokter kulit bersertifikat Edidiong Kaminska, MD.

4. MENGIKUTI ATURAN “LIMA DETIK”

5 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Lebih Buruk dari yang Dibayangkan

Foto: Indeed/Getty Images

Pasti kamu sering menjatuhkan makanan atau camilan dari tanganmu, tanpa kamu sadari kamu mengambilnya lagi karena makanan tersebut jatuh "belum lima detik” dan memakannya lagi karena kamu lapar. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Applied and Environmental Biology, itu adalah tindakan yang salah.

Para peneliti dari Universitas Rutgers mengatakan bakteri dapat berpindah dari lantai ke makanan secara instan. “Aturan lima detik adalah penyederhanaan yang signifikan dari apa yang sebenarnya terjadi ketika bakteri berpindah dari permukaan ke makanan,” ujar Donald Schaffner, ilmuwan di School of Environmental and Biological Sciences sambil menambahkan bahwa “bakteri bisa mencemari secara instan”.

Baca Juga: Hati-Hati, Ada Produk Tabir Surya yang Bisa Memicu Kanker
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)