Awas, Kopi Tanpa kafein Justru Lebih Berbahaya Dibanding yang Berkafein

Jum'at, 28 Mei 2021 - 21:04 WIB
loading...
Awas, Kopi Tanpa kafein Justru Lebih Berbahaya Dibanding yang Berkafein
Decaf coffee atau kopi nonkafein justru lebih berbahaya untuk jantung kita. Foto/Stefania Pelfini, La Waziya Photography, Getty Images
A A A
JAKARTA - Efek dari kopi yang berkafein selama ini dianggap tidak baik untuk kesehatan jantung karena dapat meningkatkan dekat jantung dan tekanan darah yang lebih tinggi.

Namun tim peneliti dari American Heart Association yang baru- baru ini melakukan peneltian justru mengungkap sebaliknya. Mereka membuat beberapa temuan tentang efek kopi pada jantung, termasuk kopi decaf (kopi tanpa kafein) yang menyebabkan risiko lebih serius terhadap jantung, mengutip dari Eat This .

American Heart Association baru –baru ini melakukan penelitian dan meneliti dengan cermat faktor – faktor yang sebelumnya tidak terindentifikasi yang menyebabkan kematian akibat penyakit jantung.

David P. Kao, penulis utama studi tersebut mengatakan bahwa risiko penyakit jantung yang paling terkenal adalah karena usia, tekanan darah tinggi dan merokok. Namun rekannya Linda Van Horn dan anggota Komite Nutrisi Asosiasi Jantung Amerika, menemukan bahwa efek diet pada penyakit jantung relatif terbatas karena inkonsistensi dalam penilaian diet dan metodologi analitik, serta masalah yang melekat dengan asupan makanan yang dilaporkan.

Awas, Kopi Tanpa kafein Justru Lebih Berbahaya Dibanding yang Berkafein

Foto:R.Tsubin/Getty Images

Para peneliti melihat kembali data longitudinal yang telah diambil dari 21.000 peserta pada tiga studi sebelumnya, termasuk kelompok asli dari Framingham Heart Study, studi terkenal tahun 1960-an yang mengungkapkan bahaya merokok bagi kesehatan.

David mengatakan bahwa kesimpulan dari penelitian studi ini adalah bahwa hubungan antara kafein dan pengurangan risiko gagal jantung ternyata sangat mengejutkan. Selama ini, kopi dan kafein sering dianggap oleh masyarakat umum sebagai buruk bagi jantung karena orang mengasosiasikannya dengan jantung berdebar, tekanan darah tinggi., dan lainnya.

Namun, dari penelitian yang dilakukannya dia malah menemukan bahwa peningkatan konsumsi kafein membuat penurunan risiko gagal jantung.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

Awas, Kopi Tanpa kafein Justru Lebih Berbahaya Dibanding yang Berkafein

Foto:Boy_Anupong/Getty Images

KOPI TANPA KAFEIN BERKAITAN DENGAN RISIKO GAGAL JANTUNG YANG LEBIH TINGGI

Framingham Heart Study menganalisis data tentang kebiasaan orang yang pernah mengalami gagal jantung versus mereka yang tidak. Para peneliti menemukan bahwa minum kopi tanpa kafein tampaknya secara signifikan meningkatkan rIsiko gagal jantung. (gagal jantung didefinisikan sebagai kelemahan jantung dalam memompa darah).

Mereka juga menyimpulkan bahwa kafein “dari sumber mana pun tampaknya terkait dengan penurunan risiko gagal jantung, dan kafein setidaknya menjadi bagian dari alasan manfaat nyata dari minum lebih banyak kopi.”

Namun, perlu dicatat bahwa dalam salah satu tiga studi yang mereka rujuk “tidak ada peningkatan atau penurunan risiko gagal jantung yang terkait dengan minum kopi tanpa kafein”. Meskipun Kao menyatakan temuan akhir mereka mungkin bisa memberi alasan untuk berpikir secara berbeda tentang kepercayaan sebelumnya terkait kafein.

Awas, Kopi Tanpa kafein Justru Lebih Berbahaya Dibanding yang Berkafein

Foto: Noel Hendrickson/Getty Images

KOPI BERKAFEIN MENURUNKAN RISIKO GAGAL JANTUNG

Setelah meninjau ketiga studi sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa individu yang mengonsumsi satu atau lebih cangkir kopi berkafein memiliki risiko gagal jantung jangka panjang yang lebih rendah.

MINUM KOPI ADALAH HAL YANG BAIK

Para peneliti menemukan bahwa dalam studi Framingham Heart dan studi Kesehatan Kardiovaskular, dua dari tiga proyek yang diamati dalam studi saat ini, risiko gagal jantung selama beberapa dekade menurun 5%-12 % untuk setiap cangkir kopi per hari, dibanding dengan tidak mengonsumsi kopi.

Baca Juga: 10 Alasan untuk Kamu Tidak Lagi Minum Diet Soda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)