6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!

Sabtu, 22 Mei 2021 - 14:19 WIB
loading...
6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!
Singa laut Steller termasuk makhluk laut yang terancam punah karena diburu untuk diambil daging dan kulitnya. Foto/vancouverislandwhalewatch.com
A A A
JAKARTA - Ada banyak spesies yang terancam punah di dunia ini, termasuk di antaranya para makhluk yang mendiami laut.

Kepunahan mereka ada yang karena perburuan untuk kesenangan, hingga untuk kepentingan komersial sebagai makanan dan dijadikan aksesori atau benda lainnya.

1. PENYU SISIK (HAWKSBILL TURTLE)

6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!

Foto: Pexels

Biasanya berada di wilayah tropis di semua samudra, teluk dan laut di dunia bahkan di sebagian besar di terumbu karang. Penyu sisik dibunuh untuk diambil daging dan cangkangnya dan dijual sebagai “kulit penyu”. Populasi Penyu Sisik telah menurun hingga 80%.

2. PAUS BIRU (BLUE WHALE)

6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!

Foto: NOAA via Wikimedia

Perburuan komersial mengakibatkan penurunan populasinya secara drastis meskipun larangan perburuan secara internasional telah diberlakukan pada 1966. Menurut perkiraan, populasi global Paus Biru pada 2016 adalah 10.000– 25.000.

Baca Juga: 15 Hewan Ini Mungkin Lebih Cerdas Dari Kamu, Ayo Tebak Apa Saja


3. SINGA LAUT STELLER (STELLER SEA LIONS)

6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!

Foto: Pexels

Spesies ini dinamai Georg Wilhelm Steller, seorang naturalis yang pertama kali menemukannya pada 1741. Spesies ini dapat ditemukan di perairan pantai yang dingin di Pasifik Utara. Populasinya telah menurun lebih dari 60% karena telah dimangsa oleh Paus Pembunuh dan oleh penduduk asli Alaska dan Kanada untuk diambil daging, minyak, kulitnya, dan produk sampingan lainnya.


4. HIU MARTIL (HAMMERHEAD SHARK)

6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!

Foto: Alastair Pollock Photography/Getty Images

Hiu martil punya bentuk kepala seperti palu. Spesies ini ada di wilayah tropis lautan di seluruh dunia. Hiu martil dikenal sebagai pemburu yang agresif dengan panjang 0,9 hingga 6,0 m dan berat hingga 580 kg. Hiu ini memakan ikan yang lebih kecil, krustasea cumi-cumi, dan gurita. Spesiesnya hampir punah karena banyaknya peminat sirip hiu.

5. ANJING LAUT BIKSU HAWAII (HAWAIIAN MONK SEAL)

6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!

Foto: via Wikimedia

Spesies anjing laut tanpa telinga ini tinggal di pantai yang hangat, tidak seperti anjing laut lainnya. Dia terancam punah karena perburuan komersial untuk diambil daging, minyak dan kulitnya, serangan dari predator termasuk hiu macan, sampah laut, dan belitan jaring ikan. Spesies ini hanya tersisa sekitar 1.400 ekor.

Baca Juga: 5 Keluhan Paling Sering Diungkapkan Hewan lewat Animal Communicator

6. LUMBA-LUMBA HECTOR (HECTOR'S DOLPHIN)

6 Spesies Laut Terancam Punah, Kamu Harus Tahu!

Foto: Alexander Schnurer/ Getty Images

Lumba-lumba terkecil di dunia ini sering ditemukan di lepas pantai Selandia Baru. Ciri khasnya adalah tanda hitam di wajah, tubuh kekar, serta tenggorokan dan perut berwarna putih krem. Hewan ini terancam punah karena penangkapan ikan pukat dan jaring insang. Menurut survei yang dilakukan oleh Departemen Konservasi Selandia Baru pada 2010-2011, perkiraan populasi lumba-lumba ini adalah 55 ekor.

GenSINDO
Arianti Widya K.
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)