5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Jum'at, 21 Mei 2021 - 22:18 WIB
loading...
5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu
Keramas memang sudah jadi rutinitas, tapi kadang kita melakukannya dengan salah tanpa disadari. Foto/Holger Scheibe, Getty Images
A A A
JAKARTA - Keramas adalah rutinitas yang dilakukan tanpa perlu berpikir panjang. Namun menurut penata rambut profesional, dan ahli perawatan rambut serta kulit, ada kemungkinan besar banyak kesalahan yang dilakukan saat kita keramas dan tidak kita sadari.

Kesalahan ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada rambut. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang mungkin saja kamu lakukan saat keramas, mengutip dari Eat This, Not That

1. TERLALU SERING KERAMAS

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Foto:Frederic Cirou/Getty Images

Kalau kamu mau punya rambut yang sehat, cerah, dan berkilau, jangan keramas setiap hari. Menurut Mark Townsend, penata gaya Mary-Kate dan Ashley Olsen, keramas yang berlebihan bikin kulit kepala bekerja terlalu keras untuk menghasilkan cukup sebum sebagai ganti kulit yang terkelupas.

Singkatnya, kulit kepala kamu menghasilkan minyak alami yang disebut sebum. Sebum inilah yang membuat rambutmu sehat dan berkilau. Alasan utama kita menggunakan sampo saat keramas adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak atau sebum yang berlebih. Jadi kalau kamu keramas terlalu sering akan membuat kulit kepala kamu kering, dan sebum pada rambut tidak bekerja dengan baik.

2. TIDAK PAKAI KONDISIONER

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Foto:Pierre Desrosier/iStock

Kalaukamu tidak mau rambut rapuh dan kusam, jangan lupa pakai kondisioner karena akan melindungi rambut dari kerusakan saat basah. Kalau tidak pakai kondisioner, maka rambut akan susah disisir.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

3. MEMAKAI AIR YANG TERLALU PANAS

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Foto: Gilaxia/iStock

Air yang terlalu panas membuka kutikula rambut, memungkinkan protein keratin, yaitu pelembap alami dan molekul warna keluar sehingga rambut kehilangan kekuatan dan warnanya memudar. Selain itu, saat kutikula terbuka, rambut akan menjadi kusut.

4. TIDAK MENYISIR RAMBUT SEBELUM KERAMAS

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Foto:Tetra Images/Getty Images

Menyisir rambut sebelum keramas akan membantu menghilangkan kotoran, menghilangkan rambut yang tersesat dan menguraikan rambut yang kusut. Menyisir rambut sebelum keramas juga membantu lebih mudah membersihkan kotoran yang menumpuk dan minyak berlebih selama keramas.

Baca Juga: Masih Bisa Makan Enak, Ini Gaya Hidup Sehat ala Pescatarian

5. MEMBILAS RAMBUT DENGAN KASAR

5 Kesalahan saat Keramas yang Bisa Merusak Rambutmu

Foto: Karl Tapales/Getty Images

Orang yang keramas dengan air yang sedikit cenderung membilas rambut dengan kasar. Keramas dengan buru-buru juga bisa membuat kondisioner tertinggal di rambut.

Salsa Khairunnisa
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @tehoca
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3859 seconds (0.1#10.140)