Makna Lagu dan Video Musik BTS 'Butter'

Jum'at, 21 Mei 2021 - 17:13 WIB
loading...
Makna Lagu dan Video Musik BTS Butter
BTS comeback dengan lagu Butter mengusung musik disko pop funk dengan lirik menggoda. Foto/YouTube Hybe Labels
A A A
JAKARTA - BTS kembali dengan lagu musim panas bertajuk "Butter", setelah sebelumnya membuat ARMY gemas menunggu dengan konsep foto dan potongan dari videomusik "Butter".

Akhirnya, pada pukul 13.00 waktu Korea Selatan, BTS merilis "Butter" secara serentak. Nah, mari kita bongkar video musik dan lirik lagu "Butter".

1. DISKO DAN ROCK N ROLL TAHUN 1980-AN

Makna Lagu dan Video Musik BTS 'Butter'

Foto: Big Hit Music

BTS kembali dengan musik yang baru, bergenre disko pop berbalut soft rockdan tentu saja tak meninggalkan jati diri hip hop yang melekat dengan grup ini. Comeback kali ini, BTS kembali mengangkat tema retro, dengan mundur ke era tahun 1980-an, seakan membuat kaleidoskop dunia permusikan di setiap dekade.

Video musik dibuka dengan gambar hitam putih yang membuat atmosfer 1980-an semakin kental, pada masa itu televisi dan gambar hanya bisa ditampilkan dalam bentuk hitam putih.

Busana yang dikenakan oleh BTS juga begitu kental dengan era 1980-an, dibalut setelan jas yang membuat ketujuh anggota makin tampan. Ada detail khusus pada jas yang dikenakan oleh mereka, yaitu shoulder pads atau bantalan bahu yang menjadi tren pada tahun 1980-an.

2. TREN MUGSHOT

Makna Lagu dan Video Musik BTS 'Butter'

Foto: YouTube Hybe Labels

Pada April 2020, gayamugshotsempat menjadi viral di TikTok. Banyak yang menemukan bahwa tren ini membuat pelakunya menjadi menarik dan atraktif. Mugshotmerupakan format foto yang dilakukan oleh kepolisian kepada pelaku tindak kriminal untuk tujuan identifikasi.

Pada lagu "Butter", adegan ini menjadi gambaran pada lirik pembuka “Smooth like butter, like criminal under cover. Gon pop like trouble, breakin into your heat like that”. Sepertinya BTS juga senang melakukan “gombal” pada ARMY. Mereka menggambarkan BTS yang menggoda para ARMY dengan begitu mulus layaknya mentega, bahkan seperti penjahat yang menyamar.

3. BUCIN KE ARMY


Makna Lagu dan Video Musik BTS 'Butter'

Foto: YouTube Hybe Labels

BTS memang dikenal sebagai idol group yang punya hubungan begitu dekat dengan ARMY. Hubungan BTS dan ARMY terjalin secara timbal balik dengan saling mengembalikan cinta yang mereka dapat. Pada video "Butter", BTS menunjukkan sedikit adegan yang menyentuh para ARMY dengan membuat susunan alfabet serupa tulisan "ARMY" menggunakan tubuh para anggota BTS.

Ditambah lagi dengan lirik “Got ARMY right behind us when we say so” yang dinyanyikan oleh RM, membuktikan bahwa ARMY adalah para penggemar yang begitu solid dan selalu ada bersama dengan BTS. Selain itu BTS juga pernah melakukan pose yang sama pada tahun 2013 ketika nama fandom ARMY pertama kali diperkenalkan.

Baca Juga: BTS Bicara tentang 'Butter', Grammy, ARMY, Prediksi Suga, dan Rambut Keriting V

4. TRIBUTE KE MUSISI DUNIA

Makna Lagu dan Video Musik BTS 'Butter'

Foto: Big Hit Music

Sama seperti "Dynamite" yang menyebut banyak tokoh dan musisi dunia nan legendaris, lirik "Butter" juga punya referensi ke beberapa musisi Amerika Serikat. Pertama, BTS kembali memberikantribute pada Michael Jackson lewat lirik, "Smooth like butter
Like a criminal undercover", ini mengacu pada lagu "Smooth Criminal" milik sang Raja Pop tersebut.

Lalu lirik, "Break it down" mengacu pada lirik lagu "Uptown Funk yang dinyanyikan Bruno Mars. Seperti diketahui, dalam pernyataan resminya, BTS menyebut musik "Butter" seperti musik Funk-nya Bruno Mars.

Kemudian ada juga lirik, "Don't need no Usher to remind me you got it bad" adalah referensi ke lagu Usher "U Got It Bad".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)