Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi

Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi
Depresi memang tidak bisa disembuhkan, tapi gejalanya bisa diatasi dengan beberapa langkah. Foto/Pixabay
JAKARTA - Depresi bagaikan mimpi buruk bagi penderitanya. Rasanya melelahkan dan membuat moodmenjadi buruk setiap harinya.Namun, selalu ada harapan untuk hari esok yang lebih baik.

Ada beberapa orang mulai pulih dari depresi yang mereka idap dan mulai memahami penyakit mental tersebut, sehingga membantu kondisi mental mereka menjadi lebih baik. Nah, berikut enam tanda seseorang bisa mulai pulih dari depresi .

Sebelumnya, perlu diingat bahwa tulisan ini tidak mengatakan bahwa depresi bisa "disembuhkan". Tulisan ini mengacu pada hal-hal yang bisa membantu mengurangi gejala depresi.

1. MENYADARI PEMICU DEPRESI



Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi

Foto:Liza Summer/Pexels

Walaupun muncul tiba-tiba, pastinya ada faktor pemicu depresi yang menghasilkan emosi negatif untuk tubuh. Contohnya bisa teman, toxic relationship atau stres yang berlebih karena pekerjaan. Mengetahui faktor pemicu depresi yang diidap bisa mempermudah pemulihan dan menghindari depresi menjadi lebih buruk.

2. LEBIH MENYAYANGI DIRI SENDIRI



Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi

Foto:Anna Tarazevich/Pexels

Untuk membantu pemulihan depresi, kamu bisa menerapkan prinsip berikut ini dalam kehidupanmu, yaitu “perlakukan dirimu sebagaimana kamu ingin orang lain memperlakukanmu".

Walaupun sulit buat kamu untuk memperlakukan diri sendiri dengan baik saat kamu sedang mengalami depresi, tapi ingatlah selalu bahwa kamu layak untuk bahagia.

Baca Juga: Déjà Rêvé: Variasi Lain dari Déjà Vu, Bagaimana Bentuknya?

3. MELAWAN PIKIRAN IRASIONAL

Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi

Foto: Pixabay

Orang yang depresi biasanya punya rasa percaya diri yang cenderung rendah dan punya pemikiran yang tidak rasional tentang diri sendiri. Salah satu cara untuk melawan hal tersebut adalah denngan membiasakan diri untuk berpikir positif.

4. MENGUTAMAKAN DIRI SENDIRI

Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi

Foto:Jessica Ticozzeli/Pexels

Kamu yang punya depresi sering merasa bahwa mengutamakan kepentingan diri sendiri dibanding kepentingan orang lain adalah hal yang egois. Padahal, pendapat tersebut tidak benar. Saat ingin membantu orang lain, maka kamu harus punya kondisi mental yang stabil.

5. MENGUBAH SIFAT PERFEKSIONIS

Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi

Foto:Nathan Cowley/Pexels

Orang yang memiliki depresi biasanya suka mengkritik diri sendiri secara ekstrem, sehingga tidak mengherankan bila orang yang memiliki depresi juga perfeksionis. Kamu harus tahu bahwa kesempurnaan itu sangatlah sulit dan suatu hal yang wajar bila manusia punya kekurangan dan sering berbuat salah.

Kalau kamu sudah menyadari hal tersebut dan mencoba untuk mengubahnya, maka itu adalah tanda bahwa depresimu mulai berangsur pulih.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak Suga BTS untuk Bantu Kamu Jalani Masa Muda

6. MULAI MENJAGA DIRI SENDIRI

Ini 6 Tanda Seseorang Bisa Mulai Pulih dari Depresi

Foto:Valeria Ushakova/Pexels

Depresi jelas memengaruhi mood kamu. Hal tersebut membuatmu hanya mau berbaring di tempat tidur dan bermalas-malasan. Kalau kamu mengikuti kemauan depresimu, kamu justru makin terbawa ke dalam keterpurukan. Kamu harus keluar dari hal tersebut dan cobalah untuk menyibukan diri dengan melakukan aktivitas, seperti makan di luar, mandi, bergaul dengan teman-teman, dan kegiatan positif lainnya. Hal tersebut akan membantumu keluar dari keadaan depresi sedikit demi sedikit.

Christine Natalia Hermawan
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @Chrys_liii


(ita)
Share: