5 Tips memperbaiki Jam Tidurmu yang Berantakan

Senin, 17 Mei 2021 - 14:00 WIB
loading...
5 Tips memperbaiki Jam Tidurmu yang Berantakan
Pola tidur yang berantakan bukan cuma membuat fisik lemah, tapi emosi juga gampang berubah. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Apa alasan kamu untuk begadang? Ada orang yang terpaksa begadang karena ada tugas yang harus diselesaikan hari itu juga, ada pula yang sudah mencoba untuk tidur, tapi tak bisa segera terlelap.

Tidur merupakan cara terbaik untuk tubuh mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Tidur juga memengaruhi banyak hal dalam diri.

Melansir dari Lifehack , sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur pada dasarnya seperti orang mabuk.Saat mengukur akuratan menembak anggota militer setelah mereka tidur beberapa jam, terlihat hasil bahwa orang yang tidur lebih dari tujuh jam memiliki akurasi 98%, sementara yang tidurnya kurang dari enam jam akurasinya menurun menjadi 50%, dan orang yang tidur kurang dari lima jam hanya memiliki akurasi sebesar 13%.

Terbukti bahwa tidur sangat mempengaruhi keakuratan, tetapi bukan cuma ini saja hal yang terpengaruh oleh jam tidur. Secara emosional , kalau kamu kurang tidur, maka kamu akan menjadi rewel, mudah tersinggung, atau bahkan depresi. Secara mental, kamu tidak bisa fokus dengan baik dan jadi sulit mengingat informasi penting. Secara sosmatik, badan akan terasa lemas dan juga pegal-pegal.

Secara fisik , sel-sel dalam tubuh tidak dapat diperbarui, peradangan dalam tubuh meningkat, dan segala macam masalah kesehatan muncul. Sangat banyak akibat dari jam tidur yang berantakan, lalu bagaimana cara memberbaikinya? Coba dengan tips berikut ini.

1. MENENTUKAN RITME TIDUR

5 Tips memperbaiki Jam Tidurmu yang Berantakan

Foto: iStock

Setiap orang berbeda-beda, bergantung pada tubuh masing-masing. Ikuti tubuhmu dan pilih jadwal tidur yang menurut kamu cukup, jangan khawatir jika tidak yakin, jadikan itu sebagai percobaan terlebih dahulu selama seminggu. Kalau merasa tidak benar, berarti kamu harus mengganti ritmenya hingga merasa enak dan nyaman untuk tidur.

2. BUAT RUTINITAS LIMA MENIT SAAT PAGI HARI

5 Tips memperbaiki Jam Tidurmu yang Berantakan

Foto: iStock

Kalau kamu bangun pagi dengan jadwal yang mepet, maka kamu akan cenderung buru-buru atau teregsa-gesa. Ini bisa membangun mood awal yang tidak baik untuk keseluruhan harimu. Lebih baik, bangun lebih awal supaya kamu bisa santai terlebih dahulu.

Entah itu olahraga kecil sekitar dua menit atau berpikir tentang hal-hal baik yang kamu rasakan hari itu, intinya hal-hal yang bisa membangun mood kamu jadi lebih baik biar kamu punya semangat positif sepanjang hari.

Baca Juga: Mood Turun? Tonton 6 Episode Terlucu ‘Running Man’ ini!


3. TENANGKAN PIKIRAN SAAT MALAM HARI

5 Tips memperbaiki Jam Tidurmu yang Berantakan

Foto: iStock

Pasti akan susah untuk tidur kalau otak kita masih terus berpikir tak mau berhenti. Jadi, tenangkan pikiran agar lebih gampang untuk tidur. Lupakan sejenak masalah, dan biarkan tubuhmu beristirahat.

4. MEMPERBAIKI KAMAR TIDUR

5 Tips memperbaiki Jam Tidurmu yang Berantakan

Foto: iStock

Kamar tidur yang nyaman ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur. Jadi pastikan semuanya bersih dan rapi sebelum kamu tidur. Gunakan bantal atau perlengkapan tidur yang nyaman sehingga kamu akan mudah untuk tidur cepat.

Baca Juga: Emotional Contagion: Bukan Cuma Virus, Emosi Juga Bisa Menular!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2997 seconds (0.1#10.140)