Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

Kamis, 06 Mei 2021 - 15:40 WIB
loading...
Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?
Ada banyak buku tentang pengembangan diri yang ditulis dengan gaya populer hingga lebih ringan untuk dicerna. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mengisi libur Idulfitri, kamu bisa mengisi waktu luang dengan membaca buku yang bisa memberi semangat padamu untuk jadi orang yang lebih baik lagi.

Melansir dari The Expert Editor ,membaca buku bisa meningkatkan kesehatan mental, mempertajam kemampuan otak, dan membantu kamu dalam beberapa permasalahan hidup.

Nah, salah satu jenis buku yang bisa kamu baca adalah yang bertema pengembangan diri (self improvement atau self help) karena kamu bisa mengevaluasi diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

1. THE THINGS YOU CAN ONLY SEE WHEN YOU SLOW DOWN - HAENIM SUNIM (2018)

Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

Foto: Penguin Life

Buku ini ditulis oleh guru agama Buddha Zen. Kamu mungkin pernah merasa bahwa pada usia 20-an, teman-teman kamu sudah mencapai banyak hal, sementara kamu merasa dirimu masih di situ-situ saja. Nah, buku yang ditulis oleh guru agama Buddha Zen ini akan mengajarkan kamu bahwa hidup bukanlah perlombaan. Kamu harus mencoba untuk lebih santai dan supaya bisa menyadari dan menikmati hal-hal kecil dalam hidup kamu.

2. FILOSOFI TERAS - HENRY MANAMPIRING (2019)

Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

Foto: Penerbit Buku Kompas

Buku ini berhasil terpilih sebagai Book of the Year dalam Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019. Buku laris ini mengupas filosofi dari beberapa filsuf yang penuh manfaat, dan berisi kutipan-kutipan menarik yang penuh makna, menginspirasi dan memberikan energi positif bagi kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Belajar Filsafat, Beneran Jadi Atheis dan Sesat?

3. SEGALA-GALANYA AMBYAR (EVERYTHING IS F*CKED) - MARK MANSON (2019)

Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

Foto: Grasindo

Berbeda dengan buku Mark sebelumnya, yakni "The Subtle Art of Not Giving a F*ck" (Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat) yang dirilis pada 2018, buku ini adalah tentang harapan. Isinya menjabarkan asumsi-asumsi manusia tentang hal yang membuat hidup layak dijalani dengan memulai betapa pentingnya punya nilai-nilai hidup.

“Apakah kamu merasa kecewa dengan hidupmu? Apakah kamu merasa cemas bahwa dunia di sekelilingmu buruk dan jahat? Ya, dunia ini memang kacau, dunia ini memang ambyar, tapi itu karena Anda tidak sadar bahwa harapan Anda terlalu disilaukan oleh keinginan-keinginan Anda sendiri yang tidak masuk akal. Jadi, lepaskanlah harapan-harapan itu jika Anda ingin waras," demikian deskripsi dalam buku tersebut.

4. YOU DO YOU: DISCOVERING LIFE THROUGH EXPERIMENTS & SELF-AWARENESS - FELLEXANDRO RUBY (2020)

Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

Foto: Gramedia

Fellaxandro Ruby atau yang akrab dipanggil Ruby adalah seorang pengusaha Wanderbites & Co, agensi digital pembuatan konten kreatif yang sebelumnya menghabiskan waktu dengan bereksperimen dengan sembilan macam profesi yang berbeda. Buku ini akan membantu kamu untuk merefleksikan diri, melihat ke dalam, mengurai situasi, dan bisa menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kamu.

Baca Juga: Brazen Bull, Mesin Pembunuh Keji Andalan Raja Tiran Yunani Kuno

5. SENI MENGHARGAI DIRI SENDIRI (HOW TO RESPECT MYSELF) - YOO HONG-GYUN (2020)

Rekomendasi 5 Buku tentang Pengembangan Diri, Kamu Sudah Baca?

Foto: Transmedia

Bagaimana kamu menjaga dan mencintai diri sendiri? Mencintai diri sendiri dimulai dengan memperbaiki pola pikir atau prespektif hidup yang baik untuk membangun harga diri lebih sehat dan mencintai diri sendiri apa adanya. Buku ini akan membantu kamu mengupas segala hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kepercayaan diri.

Haifa Nita Syafilla
Kontributor GenSINDO
Universitas Diponegoro
Instagram: @haifasyafilla
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)