Siapa Shang-Chi? Cek Asal-usul dan Kekuatan Karakter Superhero Asia dari Marvel Ini

Selasa, 20 April 2021 - 12:59 WIB
loading...
Siapa Shang-Chi? Cek Asal-usul dan Kekuatan Karakter Superhero Asia dari Marvel Ini
Aktor China Simu Liu menjadi pemeran superhero Shang-Chi dalam film Shang-Chi and and The Legend of the Ten Rings. Foto/Marvel Studios
A A A
JAKARTA - Marvel telah merilis trailer " Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings ", film Marvel pertama yang menempatkan superhero Asia sebagai karakter utamanya.

Tak hanya menjadikannya sebagai film Marvel Cinematic Universe (MCU) pertama dengan karakter protagonis Asia, "Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings" yang akan dirilis pada 3 September mendatang ini juga menjadi film layar lebar pertama MCU yang mengangkat genre bela diri kung fu dalam ceritanya.

Meski Disney dan Marvel belum memberikan sinopsis lengkapnya, tapi sudah bisa dipastikan bahwa film ini akan mempertandingkan Shang-Chi yang berjuluk Master Kung Fu dengan Mandarin, karakter yang akan menjadi musuhnya nanti.

Selama ini, sosok Shang-Chi memang kurang dikenal masyarakat kalau dibandingkan dengan sosok superhero Marvel lainnya. Meski begitu, film yang disutradarai Destin Daniel Cretton dan diperankan oleh aktor Simu Liu sebagai tokoh utama ini, sudah menjadi perhatian dan mulai dikembangkan untuk MCU sejak 2006.

Nah, buat kamu yang belum mengenal Shang-Chi dan penasaran ingin menonton filmnya nanti, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang sosoknya sekaligus filmnya.

1. SOSOKNYA TERINSPIRASI DARI BRUCE LEE

Siapa Shang-Chi? Cek Asal-usul dan Kekuatan Karakter Superhero Asia dari Marvel Ini

Foto: Marvel Comics

Pada 1970-an, bela diri kung fu sangat populer hingga ke Amerika Serikat. Hal tersebut membuat MCU terinspirasi untuk menciptakan karakter ahli kung fu-nya sendiri, dan tentu saja, mengutip Screen Rant , terinspirasi oleh sosok Bruce Lee yang memopulerkan seni ini di Amerika Serikat.

Hingga akhirnya pada 1973, Shang-Chi memulai debutnya di komik Edisi Khusus Marvel #15. Karakternya diciptakan oleh Jim Starlin dan Steve Englehart.

2. SEJARAH HIDUP SHANG-CHI

Siapa Shang-Chi? Cek Asal-usul dan Kekuatan Karakter Superhero Asia dari Marvel Ini

Foto: Marvel Comics

Shang-Chi adalah putra dari dalang kriminal China yang sanggup mengontrol pikiran manusia, Fu Manchu. Dia lahir di Provinsi Honan di China. Nama Shang--Chi berarti "kebangkitan dan kemajuan roh." Ayahnya diam-diam berusaha mengarahkan Shang-Chi sebagai alat untuk memperkuat kerajaan kriminalnya.

Saat membentuk putranya menjadi ahli kung fu, Fu Manchu membodohi Shang-Chi agar anaknya itu percaya bahwa dirinya adalah orang baik dengan cita-cita luhur. Pada tahun-tahun awalnya, Shang-Chi menjalani kehidupan tertutup, tak terpengaruh dunia luar, termasuk dunia Barat. Dia diajari untuk hanya memercayai satu orang, yaitu ayahnya.

Segalanya berubah ketika di bawah perintah Fu Manchu, Shang-Chi membunuh seorang lelaki tua tak berdaya. Ini membuat Shang-Chi sadar akan karakter ayahnya. Shang-Chi lalu terpaksa bersekutu dengan MI-6 dan mengabdikan dirinya untuk mengalahkan ayahnya sendiri.

Petualangan Shang-Chi dengan MI-6 itulah yang membuatnya menjadi pahlawan. Meski begitu, dia tetap saja membenci dunia spionase dan sering menyebutnya sebagai "permainan kematian penuh tipu daya".

Dia akhirnya terlibat dalam usaha agen detektif swasta yang membuatnya bebas melakukan apa pun sesuai keinginannya.

Baca Juga: The Boys: 10 Alasan Superhero Homelander Justru Lebih Jahat dan Berbahaya Dibanding Thanos

3. DIJULUKI SEBAGAI MASTER KUNG FU


Siapa Shang-Chi? Cek Asal-usul dan Kekuatan Karakter Superhero Asia dari Marvel Ini

Foto: YouTube Marvel Entertainment

Shang-Chi digambarkan sebagai sosok yang tidak memiliki kekuatan super seperti kemampuan terbang atau yang lainnya. Dalam bertahan dan menghadapi semua halangan, ia menggunakan keahliannya sebagai seniman bela diri. Dijuluki sebagai Master Kung Fu, ia menguasai berbagai jenis bela diri dan menggabungkan semuanya ke dalam gaya bertarungnya. Selain itu, Shang-Chi juga mahir menggunakan beberapa senjata seperti nunchucks, tombak, dan pedang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3258 seconds (0.1#10.140)