Shang-Chi Ungkapkan Koneksi Penjahat Marvel Mandarin di MCU

Selasa, 20 April 2021 - 02:36 WIB
loading...
Shang-Chi Ungkapkan Koneksi Penjahat Marvel Mandarin di MCU
Mandarin yang tampil di Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings akan berbeda dengan Mandarin yang dikenal di komik. Persamaannya, dia adalah ayah Shang-Chi. (Screen Grab/YouTube/Marvel Entertainment)
A A A
Trailer pertama Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings mengungkapkan kaitan antara Shang-Chi and Mandarin, salah satu penjahat di dunia Marvel . Kehadiran Mandarin di film ini—dan di Marvel Cinematic Universe (MCU) —telah lama dinantikan penggemarnya. Apalagi, Mandarin yang kali pertama diperkenalkan namanya di Iron Man 3 ternyata adalah seorang penipu, bukan Mandarin asli.

Di trailer pertama film Shang-Chi tersebut, seorang tokoh bernama Wenwu menjadi naratornya. Tokoh ini diperankan Tony Leung dan terkonfirmasi merupakan ayah Shang-Chi. Dikutip dari ComicBook, Wenwu merupakan pemegang titel Mandarin, julukan yang sama yang dipakai dan dipalsukan Trevor Slattery (Ben Kingsley) di Iron Man 3. Wenwu merupakan pemimpin organisasi Ten Rings. Dia mengatur kombinasi elemen Mandari dari komik dengan cerita latar asli Shang-Chi sementara menghilangkan sejumlah aspek problematik.

Baca Juga: Film Shang-Chi Bakal Berikan Twist Baru untuk Mandarin di MCU?

Di komik, Shang-Chi adalah putra Fu Manchu, gembong kriminal yang diciptakan Sax Rohmer dalam serangkaian novelnya. Saat itu, Marvel memiliki hak untuk menerbitkan komik dengan karakter tersebut. Perusahaan itu kehilangan hak tersebut pada 1983. Ini membuat Fu menjadi bagian sulit bagi asal usul Shang-Chi. Fu juga dianggap sebagai seorang rasis dan karikatur orientalis, yang menjadi alasan kuat bagi Marvel untuk menghindari menggunakan karakter tersebut.
Shang-Chi Ungkapkan Koneksi Penjahat Marvel Mandarin di MCU

Namun, Marvel akan menggabungkan Fu Manchu—atau setidaknya karakter itu versi Marvel, sekarang dikenal sebagai Zheng Zu—dan Mandarin dari komik menjadi karaker tunggal bernama Wenwu. Ini menyelesaikan masalah penjahat studio itu sementara di saat yang sama menutup kelowongan yang awalnya tertinggal di MCU. Nama asli Mandarin di komik tetap tidak diketahui selama 57 tahun, tapi dia telah menggunakan berbagai alas selama bertahun-tahun. Wenwu sepertinya mengambil banyak persona di MCU, termasuk Mandarin.

Meski begitu, Mandarin di film akan berbeda dengan yang ada di komik. Mandarin di komik sudah sering dikritik karena dibuat berdasarkan kiasan “bahaya kuning” yang rasis. Menurut produser Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Jonathan Schwartz, Mandarin di MCU tidak akan seperti itu.



“Saya rasa orang mendengar ‘Mandarin’ dan mengharapkan sesuatu yang sangat spesifik dan itu mungkin bukanlah yang akan mereka dapatkan. Mereka akan mendapatkan adaptasi karakter yang lebih kompleks dan berlapis ketimbang nama yang akan membawa kalian memikirkan hal itu,” papar Schwartz kepada Entertainment Weekly.

Di film ini, tokoh Wenwu alias Mandarin diperankan aktor kondang asal Hong Kong, Tony Leung. Kepiawaian akting Tony tentu adalah jaminan bago film ini. Sutradara Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Destin Daniel Cretton, memujinya atas apa yang dilakukan Tony terhadap Mandarin.

“Sebuah karakter seperti Wenwu bisa dengan mudah menjadi penjahat satu dimensi tanpa hati. Tony membuka karakter ini (sehingga) ini adalah seorang antagonis yang punya kemampuan mendalam untuk mencintai,” ujar Destin.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings akan menampilkan Simu Liu sebagai Shang-Chi. Dia akan menjadi aktor pertama berdarah Asia yang menjadi pemeran utama di MCU. Sederet aktor dan aktris ternama asal Asia juga bakal tampil di film ini, di antaranya adalah Awkwafina, Michelle Yeoh dan Fala Chen. Film ini dijadwalkan tayang pada 3 September mendatang.

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)