Membaca Bikin Kamu Ngantuk? Ikuti 5 Tips Ini!

Senin, 19 April 2021 - 20:32 WIB
loading...
Membaca Bikin Kamu Ngantuk? Ikuti 5 Tips Ini!
Membaca buku kadang malah membuat kita gampang mengantuk, dan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Membaca mungkin merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terkadang, kita bisa menjadi lebih tenang dan santai ketika sedang membaca sebuah buku . Sayangnya, terlalu santai justru membuat kita mengantuk dan ketiduran saat membaca.

Banyak faktor yang membuat diri kita mengantuk, di antaranya seperti posisi membaca yang salah, buku yang tidak menarik, waktu yang tidak cocok, dan bahkan keterpaksaan untuk membaca sebuah buku bisa membuat seseorang mengantuk. Nah, hal-hal seperti ini bisa kalian atasi dengan mengikuti lima hal berikut ini.

1. JANGAN TERLALU NYAMAN SAAT MENGATUR POSISI TUBUH

Membaca Bikin Kamu Ngantuk? Ikuti 5 Tips Ini!

Foto: Shutterstock

Kebanyakan dari kita pasti akan mencari posisi membaca yang nyaman agar lebih rileks, seperti berbaring di tempat tidur atau bersandar ke bantal. Sikap pemalas itu malah akan menstimulasi diri kita untuk tidur dibandingkan membaca.

Cobalah untuk duduk di kursi dengan tegak dan meja di depan. Duduk tegak dapat membantu otak kita berpikir bahwa tubuh tetap aktif. Sangat disarankan juga untuk mengatur jarak mata tidak terlalu jauh atau dekat saat membaca buku.

2. JAGA RUANGAN MEMBACA TETAP TERANG

Membaca Bikin Kamu Ngantuk? Ikuti 5 Tips Ini!

Foto: hssuk.co.uk

Ketika membaca, mata secara teratur mengikuti kata-kata di seluruh halaman. Kemudian, otak akan bekerja keras menafsirkan huruf-huruf yang dilihat mata menjadi lebih bermakna. Pencahayaan merupakan aspek terpenting saat membaca, mata akan lebih mudah lelah jika cahayanya yang terlalu terang atau kurang.

Hal ini disebabkan karena iris mata kebingungan untuk menciut atau melebar. Pencahayaan yang cukup akan memudahkan mata untuk lebih fokus pada deretan huruf-huruf yang berwarna hitam.

Baca Juga: Simak dan Baca 7 Rekomendasi Buku dari RM BTS Ini

3. TENTUKAN WAKTU YANG TEPAT

Membaca Bikin Kamu Ngantuk? Ikuti 5 Tips Ini!

Foto: Shutterstock

Membaca pada malam hari mungkin mengasyikkan bagi sebagian orang. Suasana yang tenang memang sangat dibutuhkan agar membaca bisa menjadi lebih fokus. Sayangnya, saat malam hari tubuh dan pikiran kita sudah sangat lelah akibat aktivitas sepanjang hari, sehingga rasa mengantuk tidak terelakkan.

Waktu yang paling tepat untuk membaca buku adalah saat pagi hingga sore hari, karena saat itu kita dapat berpikir lebih jernih ketimbang malam hari. Namun, tidak ada salahnya untuk membaca kala malam hari dengan catatan kita sudah mendapat tidur yang cukup saat siang hari.

4. KUMPULKAN MOTIVASI UNTUK MEMBACA

Membaca Bikin Kamu Ngantuk? Ikuti 5 Tips Ini!

Foto: Pixabay

Sebuah motivasi merupakan dasar untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, salah satunya membaca. Tanpanya, membaca akan menjadi kegiatan yang membosankan dan tidak ada artinya sama sekali. Maka dari itu, kita harus mengetahui tujuan kita terlebih dahulu sebelum mulai membaca.

Jangan membaca buku yang kita anggap membosankan, bacalah buku yang mudah dimengerti dan menarik, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada konsentrasi kita saat membaca.

Baca Juga: Belajar Isu Kesehatan Mental dari 7 Webtoon Ini, Yuk!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)