Pernah Terlibat Skandal, 5 Seleb Korea ini Berhasil Bertahan dan Karier Tetap Bersinar

Pernah Terlibat Skandal, 5 Seleb Korea ini Berhasil Bertahan dan Karier Tetap Bersinar
Banyak seleb Korea yang kariernya hancur setelah terkena skandal, tapi ada juga yang berhasil bertahan. Foto/via Koreaboo
JAKARTA - Terlibat kasus, kontroversi, atau skandal bagi seorang selebritas di Korea Selatan adalah sebuah bencana besar karena bisa menghancurkan karier mereka.

Misalnya Kangin Super Junior yang harus melepas nama grup di belakang namanya karena kasus tabrak lari, mengendara dalam kondisi mabuk, hingga berkelahi. Ada pula bintang drama Kang Ji-hwan yang terkena tuduhan pemerkosaan.

Yang terbaru adalah kasus Kim Jung-hyun dan Seo Ye-ji . Kasus ini membuat Jung-hyun harus rehat dan mendapat perawatan untuk kesehatan mentalnya. Sementara Seo Ye-ji mundur dari proyek drama "Island". Beberapa perusahaan yang menjadikan Ye-ji sebagai model produknya juga sudah menarik diri dari keterlibatannya dengan aktris ini.

Namun, ada juga beberapa selebritas Korea, terutama para idol yang juga pernah terkena kasus dan menjadi bahan pemberitaan negatif media, tapi nyatanya tetap bertahan sampai sekarang, malahan kariernya makin mengilap. Nah, berikut lima di antaranya.



1. IU DAN EUNHYUK SUPER JUNIOR - KASUS FOTO INTIM

Pernah Terlibat Skandal, 5 Seleb Korea ini Berhasil Bertahan dan Karier Tetap Bersinar

Foto: via Koreaboo

Pada November 2012, IU mengunggah foto dirinya di akun Instagram-nya. Saat itu, dia terlihat memakai pakaian tidur, dengan Eunhyuk di sampingnya yang tampak bertelanjang dada. Posisi mereka terlihat sangat dekat, menyebabkan kehebohan dan memicu rumor kencan antara keduanya. Bahkan beberapa spekulasi menyebutkan bahwa IU sedang hamil.



Berita makin heboh karena saat itu IU masih berusia 19 tahun, sementara Eunhyuk berusia 36 tahun. Citra IU sebagai perempuan feminin dengan perilaku penuh etika juga makin membuat panas kasus ini.

Dalam sebuah wawancara, IU mengakui bahwa dia tidak sengaja mengunggah foto itu ke media sosialnya. Ia juga membantah rumor kehamilan. Namun, baik IU maupun Eunhyuk tidak pernah memberikan penjelasan terkait status hubungan mereka.

Meski begitu, keduanya bisa bangkit kembali untuk berkarya dalam dunia hiburan. Pada 2013, Eunhyuk melakukan comeback bersama Super Junior-M, merilis mini-album, dan mengadakan konser.

Sementara IU tak perlu ditanya lagi. Dia kini adalah penyanyi solo perempuan teratas, dengan lagu-lagu yang selalu menduduki posisi teratas tangga lagu di Korea dan segudang penghargaan musik. Kariernya sebagai bintang drama juga terus melejit.

Baca Juga: 5 Aktris Seumuran Seo Ye-Ji yang Aktingnya Dinilai Lebih Baik Darinya

2. G-DRAGON BIG BANG - KASUS GANJA, DAN LAINNYA

Pernah Terlibat Skandal, 5 Seleb Korea ini Berhasil Bertahan dan Karier Tetap Bersinar

Foto: YG Entertainment

G-Dragon (GD) dari grup BIG BANG pernah tersangkut masalah penggunaan psikotropika jenis ganja pada Mei 2011. Dia terbukti positif mengonsumsinya meski dalam level minim. Setelah disidang, dia akhirnya dibebaskan. Alasan pembebasannya karena dia adalah mahasiswa dan ini juga kasus pertamanya atas dasar ketidaksengajaan.

Pada acara “Healing Camp” di stasiun televisi SBS, GD mengaku peristiwa tersebut terjadi di Jepang ketika ia menghadiri sebuah pesta. Ia ditawari rokok oleh seorang yang tidak dikenal. Dengan keadaan mabuk, ia pun tidak mengetahui situasi yang sebenarnya bahwa rokok tersebut adalah ganja.

Selain itu, GD juga pernah mendapat tuduhan menelantarkan dua anjingnya, juga tampil dengan gerakan yang terlalu berkonotasi seksual dengan penari latarnya di sebuah stasiun televisi.

Meski begitu, sampai saat ini GD tetap bersinar sebagai salah satu idol papan atas Korea Selatan. Dia juga tetap laris sebagai model sampul majalah, bintang iklan, dan kini tengah mempersiapkan diri untuk comeback dalam industri musik.

3. JAY PARK - KASUS TUDUHAN PENGHINAAN NEGARA

Pernah Terlibat Skandal, 5 Seleb Korea ini Berhasil Bertahan dan Karier Tetap Bersinar

Foto: Instagram @jparkitrighthere

Jay Park terpaksa mengundurkan diri dari sebagai leader sekaligus personel grup 2PM gara-gara perkataan yang diucapkannya jauh sebelum dia melakukan debut sebagai idol. Saat itu, pada 2005 dia menulis di MySpace bahwa dirinya "Ingin kembali ke Amerika Serikat" dan "Benci Korea".

Setelah itu, Jay Park akhirnya pindah ke Seattle, Amerika Serikat, tempat tinggalnya semula. Di sana, dia pun sukses mendirikan dua label musik AOMG and H1ghr Music, serta bekerja sama dengan perusahaan hiburan milik Jay-Z, Roc Nation.

Pada 2019, Jay Park juga dituduh menyetujui tindakan cultural appropriation yang dilakukan Avatar Darko, rapper kulit putih asal Amerika Serikat, yang terlihat menggunakan rambut gimbal. Rapper ini sempat membela diri, tapi netizen lantas mengungkapkan bahwa ada orang-orang yang mendapat diskriminasi karena memiliki rambut tersebut. Meski begitu, kasus ini tampaknya tak memengaruhi kariernya.

4. IRENE RED VELVET - KASUS PERISAKAN

Pernah Terlibat Skandal, 5 Seleb Korea ini Berhasil Bertahan dan Karier Tetap Bersinar

Foto: Instagram @renebaebae

Skandal perisakan yang dilakukan Irene mencuat ke publik pada Oktober 2020. Saat itu, seorang penata gaya yang diketahui memiliki pengalaman 15 tahun mengunggah ceritanya di Instagram mengenai kejadian ia dilecehkan oleh seorang selebritas. Meski tak menyebut nama, tapi netizen menebak bahwa orang yang dimaksud adalah Irene.

Irene pun akhirnya mengakui tuduhan itu dan meminta maaf kepada korbannya, baik secara langsung maupun lewat unggahan di Instagram-nya. Meski begitu, penggemar ada yang menuntut agar Irene segera keluar dari Red Velvet.

Irene sempat hiatus beberapa bulan karena kasus ini, dan kini telah aktif kembali dalam dunia hiburan, termasuk bermain film layar lebar.

5. HYUNA DAN E'DAWN - KASUS DIPECAT AGENSI KARENA BERPACARAN

Pernah Terlibat Skandal, 5 Seleb Korea ini Berhasil Bertahan dan Karier Tetap Bersinar

Foto:Instagram @42psy42

HyunA dan E'Dawn sempat membuat heboh karena mengonfirmasi telah menjalin hubungan diam-diam selama dua tahun. Karena hal ini, pada Agustus 2018, agensi Cube Entertainment yang menaungi keduanya mengeluarkan mereka berdua dari agensi tersebut.

Baca Juga: Sering Muncul dalam Drama Korea dan Lagu, Ini 3 Fakta Kelam Sungai Han

Seperti diketahui, sebuah hal yang tidak biasa di Korea Selatan ketika bintang K-pop atau drama mengumumkan hubungan mereka karena hal ini bisa berdampak negatif pada citra publik dan karier mereka. Meski begitu, HyunA dan E’Dawn telah memilih jalannya.

Tidak mau tenggelam dari dunia hiburan, HyunA dan E’Dawn lantas memutuskan untuk masuk ke agensi baru, dan menandatangani kontrak dengan agensi milik PSY, yaitu P NATION. Keduanya melakukan comeback secara bersamaan dengan mengeluarkan single masing-masing.

Eka Dewi Sisri Listianti
Kontributor GenSINDO
UPN Veteran Jakarta
Instagram: @ekadewi_sl


(ita)
Share: