BTS Menang Banyak dari Saham HYBE, Diikuti Justin Bieber dan Ariana Grande

BTS Menang Banyak dari Saham HYBE, Diikuti Justin Bieber dan Ariana Grande
BTS dan Ariana Grande termasuk artis dalam naungan HYBE yang memperoleh nilai saham terbesar dari perusahaan tersebut. Foto/Getty Images
SEOUL - Sebagai pemegang saham terbanyak dari para artis yang tergabung dalam perusahaan HYBE, keuntungan BTS mengungguli Justin Bieber dan Ariana Grande.

Forbes menyebut, nilai saham HYBE yang dimiliki BTS kini bernilai lebih dari USD107 juta (Rp1,5 triliun) dari total 68.385 lembar saham yang mereka miliki. Jika dihitung, berarti masing-masing member BTS punya saham senilai USD15,3 juta atau Rp219 miliar.

Nilai saham ini melejit angkanya dari saat harga permulaan yang hanya USD8 juta (Rp116 miliar) saat HYBE menawarkan sahamnya untuk publik pada Oktober tahun lalu.

Meski begitu, diduga jumlah saham yang dimiliki BTS bisa lebih dari angka 68.385. Pasalnya, pada September tahun lalu, pemilik saham terbesar HYBE, yaitu Bang Si-hyuk dikabarkan memberi hadiah 47.8695 lembar saham pada BTS, diikuti ketujuh member yang lantas membeli saham lagi dari kocek mereka sendiri.



BTS Menang Banyak dari Saham HYBE, Diikuti Justin Bieber dan Ariana Grande

Foto: HYBE

Tahun lalu, BTS duduk di posisi ke-47 dalam daftar selebritas dengan bayaran termahal (The World's Highest-Paid Celebrities) versi Forbes dengan nilai USD50 juta (Rp730 miliar) sebelum pajak.

Perihal saham yang didapat BTS di HYBE, angka tersebut dinilai layak karena mereka telah berkontribusi sebanyak 87% dari total pendapatan HYBE pada paruh pertama 2020. Pada periode tersebut, pendapatan HYBE sebelum melantai di bursa tercatat USD260 juta (Rp3,7 triliun).



Karena pendapatan itu, HYBE pada awal 2021 mampu mengakuisisi (membeli) perusahaan milik Scooter Braun, Ithaca Holdings, yang membawahi antara lain Justin Bieber , Ariana Grande, dan Demi Lovato.

BTS Menang Banyak dari Saham HYBE, Diikuti Justin Bieber dan Ariana Grande

Foto: Lisa O'Connor/AFP/Getty Images

Dalam kesepakatan bisnis tersebut, Scooter memperoleh saham senilai USD103 juta (Rp1,3 triliun) dan sejumlah uang tunai. Adapun Bang Si-hyuk disebutkan kini kekayaannya mencapai USD2,8 miliar (Rp40 triliun).

Di bawah BTS, ada Justin Bieber dan Ariana Grande yang masing-masing memiliki nilai saham mencapai USD12 juta (Rp175 miliar) dari 53.557 lembar saham HYBE. Saham ini akan mereka dapatkan setelah kesepakatan bisnis antara HYBE dan Ithaca Holdings selesai pada Mei mendatang.

Di luar itu, Ariana adalah artis di bawah Ithaca Holdings dengan jumlah streaming terbesar sejauh ini pada 2021. Ariana juga menjadi selebritas dengan bayaran terbesar pada 2020 versi Forbes dengan duduk di posisi ke-17. Pendapatannya disebut USD72 juta (Rp1,05 triliun) sebelum pajak.

Baca Juga: Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

BTS Menang Banyak dari Saham HYBE, Diikuti Justin Bieber dan Ariana Grande

Foto:Angela Weiss/AFP

Adapun Justin, dalam daftar yang sama duduk lebih tinggi dari Ariana, yaitu di posisi ke-13 dengan nilai USD83,5 juta (Rp1,2 triliun) sebelum pajak.

Musisi bawaan Scooter Braun berikutnya yang menangguk untung dari saham HYBE adalah J Balvin dengan total 21.423 lembar saham senilai USD4,8 juta (Rp70 miliar).

Baca Juga: 8 Perbedaan antara Industri K-Pop dan Musik Amerika

Terakhir yang memperoleh nilai saham cukup signifikan adalah Demi Lovato yang memperoleh 5.355 lembar saham senilai USD1,2 juta (Rp17 miliar). Demi belum lama ini merilis album terbarunya bertajuk "Dancing With The Devil...The Art Of Starting Over" yang debut di posisi ke-2 dalam Billboard 200.


(ita)
Share: