Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Selasa, 13 April 2021 - 14:04 WIB
loading...
Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya
Tidur siang bisa membantu kamu berpikir lebih jernih dan tubuh lebih terasa segar setelah bangun. Foto/Nishikawa
A A A
JAKARTA - Memasuki bulan puasa , biasanya kita akan lebih mudah merasa lemas pada siang hari. Tidur siang bisa jadi salah satu solusi untuk menghindari hal tersebut.

Setelah tidur siang, diharapkan badan dan pikiran kita menjadi segar kembali. Nah, tahukah kamu bahwa ada sembilan jenis tidur siang yang punya manfaat berbeda-beda? Berikut penjelasannya dikutip dari Psychology Today .

1. TIDUR SIANG ALA CEO (THE CEO NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Kalau kamu butuh dorongan untuk meningkatkan fokus dan kinerja harianmu, maka tidur siang yang nyenyak (power-nap) selama 25 menit pada pukul 13.00-15.00 adalah pilihan yang tepat. Kalau lewat dari jam tersebut, maka badan kamu mungkin akan terasa tidak enak.

2. TIDUR SIANG SETELAH MINUM KOPI (THE NAP-A-LATTE)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Shutter2u/Pixabay

Jenis tidur ini mengombinasikan tidur siang dalam waktu singkat dengan sebelumnya mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang untuk meningkatkan fokusmu. Kamu bisa mempraktikkan tidur siang jenis ini dengan meminum secangkir kopi (6-8 ons). Kamu membutuhkan sekitar 90-100 mg kafein yang kira-kira setara dengan secangkir kopi ukuran biasa, bukan ukuran besar.

Setelah itu, segera temukan tempat untuk rebahan dan istirahatlah selama 20 menit. Kamu akan bangun tepat saat efek stimulan dari kafein muncul (kira-kira 20 menit). Tidur jenis ini bisa membantu kamu yang kurang tidur dan superlelah. Namun perlu diingat, tidur jenis ini hanya direkomendasikan untuk dilakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu.

3. TIDUR SIANG ALA IBU HABIS MELAHIRKAN (THE NEW MOM NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Parenting Firstcry

Ibu (dan ayah) yang merawat bayi biasanya susah tidur nyenyak saat malam hari. Nah, strategi dalam tidur siang jenis ini adalah ikut tidur siang saat anak tidur siang. Tahan godaan untuk mencoba produktif ketika anak sedang tidur siang. Hal ini akan membantu ibu dan ayah baru untuk mendapatkan tidur yang cukup, sehingga punya banyek energi dan lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan yang lain.

Baca Juga: Suka Mendadak Bengong Tanpa Terkontrol? Ini Penyebabnya

4. TIDUR SINGKAT ALA ATLET (THE SPORTS NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Tidur siang adalah pendukung performa kamu yang suka berolahraga dan akan berolahraga. Tidur siang singkat selama 15-20 menit akan memberikan manfaat langsung bagi kinerja fisik dan mental selama jangka waktu tertentu. Tidur siang yang lebih lama juga bisa memberikan manfaat yang signifikan pada kondisi fisik dan mental.

5. TIDUR SIANG ALA ANAK DUGEM (THE DISCO NAP)

Mengenal 9 Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya

Foto: Getty Images

Kalau kamu berencana untuk keluar malam, tidur siang selama 90 menit sebelum keluar malam akan membantu kamu punya energi yang cukup. Namun, yang harus diperhatikan adalah jangan menjadikan jenis tidur ini sebagai kebiasaan. Ini bisa dilakukan cuma kalau ada acara khusus saja. Bangunlah pada waktu seperti biasa keesokan paginya.

6. TIDUR SIANG ALA ORANG SPANYOL (THE SIESTA)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)