Panduan Makan Sehat saat di Restoran AYCE

Sabtu, 10 April 2021 - 13:00 WIB
loading...
Panduan Makan Sehat saat di Restoran AYCE
Makan di restoran berkonsep all you can eat memang bisa menggoda kita untuk makan sebanyak-banyaknya. Foto/theweekendedition.com.au
A A A
JAKARTA - Makan di restoran all you can eat (AYCE) memang enak dan menyenangkan karena pilihan menu makanan yang banyak dan beragam.

Meski begitu, tetap saja kamu tidak bisa makan sembarangan atau semaumu, karena nantinya bisa berdampak pada kesehatanmu. Nah, biar perutmu tak sakit, simak tips berikut ini.


1. MAKAN SESUAI JADWAL

Panduan Makan Sehat saat di Restoran AYCE

Foto: icons8/Unsplash

Umumnya, pengunjung cenderung akan melewatkan jam makan mereka ketika makan di restoran AYCE. Alasannya biar bisa makan lebih banyak saat lapar. Padahal hal ini bisa berdampak buruk bagi tubuh. Selain bisa memicu maag, melewatkan jam makan bisa membuat seseorang menjadi makan berlebih.

Sebab, menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, lambung mempunyai kapasitas yang terbatas, dan kalau kamu makan terlalu banyak, lambung pun akan dipaksa bekerja lebih keras untuk mengolahnya.

2. AMBIL PORSI SECUKUPNYA

Panduan Makan Sehat saat di Restoran AYCE

Foto: Priscilladupreez/Unsplash

Cobalah mengitari meja pengambilan makanan terlebih dahulu sambil merencanakan makanan yang akan diambil sebelum mengambil makanan tersebut. Dengan begitu, porsi yang kamu ambil cukup dengan kebutuhanmu dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Inilah Keunikan Tempat Wisata Bandung Bee Sanctuary, Produk Entrepreneur Unpad

3. SEIMBANGKAN NUTRISI

Panduan Makan Sehat saat di Restoran AYCE

Foto: Dangold/Unsplash

Perhatikan makanan apa saja yang kamu pilih. Jangan hanya mengambil daging tanpa makan sayuran. Perhatikan keseimbangan gizi dan kalorinya agar kebutuhan tubuh tetap tercukupi dengan cara yang sehat.

4. KUNYAH MAKANAN SECARA PERLAHAN

Panduan Makan Sehat saat di Restoran AYCE

Foto: Shotsoflouis/Unsplash

Batasan waktu yang diterapkan kadang membuat orang bisa tergesa-gesa saat menghabiskan makanan untuk cepat-cepat mengambil menu lainnya. Padahal, hal ini bisa membuat obesitas karena kalori dan lemak dalam makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh menjadi sulit diurai karena tidak dikunyah hingga lembut.

5. MASAK DAGING HINGGA MATANG

Panduan Makan Sehat saat di Restoran AYCE

Foto: Manuschwendener/Unsplash

Perhatikan dan pastikan daging yang kamu konsumsi benar-benar matang sempurna. Jangan sampai gosong juga karena bagian hitam dari daging yang gosong bersifat karsinogenik (memicu kanker).

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)