Tak Selalu Negatif, Ini Manfaat Bersikap Pesimistis Defensif

Tak Selalu Negatif, Ini Manfaat Bersikap Pesimistis Defensif
Bersikap pesimistis defensif tak selamanya buruk, malah bisa membantu kamu mengatasi kesulitan yang mendadak muncul dalam hidup. Foto/Pexels
JAKARTA - Selama kamu hidup pasti sudah tidak asing dengan kata optimistis dan pesimistis. Pandangan masyarakat menekankan bahwa optimistis adalah suatu yang baik.

Pandangan tersebut memang tidak salah, karena memang sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa berpikir optimistis bisa memengaruhi keberhasilan seseorang.

Sikap optimistis selalu dipuji sebagai pegangan paling baik dalam hidup, sementara pesimistis justru sebaliknya. Sikap pesimistis dituntut untuk selalu dihindari karena dianggap akan menghalangi seseorang menuju keberhasilan.

Namun, ternyata pesimistis tidak selamanya buruk. Ada tipe pesimistis yang punya unsur baik yang disebut dengan pesimistis defensif.



Mengutip dari Positive Psychology , pesimistis defensif adalah kecemasan yang membuat diri sendiri berpikir bahwa suatu peristiwa pada masa depan akan berjalan buruk, sehingga seseorang mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah peristiwa buruk itu terjadi.

CARA PEMISTIS DEFENSIF BEKERJA

Tak Selalu Negatif, Ini Manfaat Bersikap Pesimistis Defensif

Foto: Pexels

Faktor penting dalam pesimistis defensif adalah tidak menaruh ekspektasi tinggi untuk sebuah rencana. Justu ia membayangkan hal-hal buruk yang mungkin saja dapat terjadi. Dengan hal tersebut, seseorang dengan sikap pesimistis defensif akan merencanakan berbagai tindakan untuk memastikan kemungkinan buruk yang dibayangkan tidak akan terjadi.



1. MANFAAT PESIMISTIS DEFENSIF UNTUK KESEHATAN

Tak Selalu Negatif, Ini Manfaat Bersikap Pesimistis Defensif

Foto: Pexels

Kalau kita mengambil contoh dalam kondisi pandemi seperti saat ini, optimis berusaha meyakinkan dirinya tidak akan tertular dan cenderung kurang tertarik melakukan berbagai pencegahan untuk menghindari penularan. Hal ini berbading terbalik dengan pesimis defensif yang akan melakukan beragam upaya untuk menghindari penularan.

Baca Juga: 10 Tanda Hubungan Kamu dan Dia Harus Berakhir

2. MANFAAT PESIMISTIS DEFENSIF DALAM SEBUAH HUBUNGAN

Tak Selalu Negatif, Ini Manfaat Bersikap Pesimistis Defensif

Foto: Pexels

Pasangan yang memiliki ekspektasi tinggi cenderung selalu melihat sesuatu dari sisi baiknya saja. Sehingga ketika sedang dihadapkan dengan permasalahan yang buruk, kemungkinan mereka akan gagal dalam mengatasinya.

Hal ini dikarenakan mereka sulit menemukan solusi karena ekspektasi yang dimiliki dari awal adalah menjalani hubungan tanpa permasalahan. Sementara untuk orang dengan pesimistis defensif, ia akan menaruh ekspektasi rendah pada hubungannya dan bisa bertahan lebih langgeng karena sudah mempersiapkan diri untuk mengatasi kemungkinan permasalahan yang datang.

3. MANFAAT PESIMISTIS DEFENSIF SAAT MENGHADAPI KEGAGALAN

Tak Selalu Negatif, Ini Manfaat Bersikap Pesimistis Defensif

Foto: Pexels

Seorang yang optimistis akan berusaha melihat segala dari sisi yang baik. Sementara kita harus mengakui bahwa hidup tidak selalu berjalan mulus sesuai dengan yang kita inginkan. Ketika orang yang optimistis menghadapi sebuah kegagalan, ia akan cenderung mengalami kekecewaan yang luar biasa karena punya ekspektasi yang tinggi.

Baca Juga: 10 Cara Jitu Supaya Kamu Disukai Banyak Orang!

Sementara bagi yang bersikap pesimistis defensif, ia akan lebih tenang karena kegagalan tersebut sudah dibayangkan sebelumnya, dan ia bersiap menjalankan rencana kedua, ketiga, atau rencana selanjutnya yang telah ia siapkan.

Syaula Aida Rizqiyah
Kontributor GenSINDO
Sekolah Tinggi Multimedia
Instagram: @syaulaaida


(ita)
Share: