Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya
Min Hee-jin jadi eksekutif perempuan dengan gaji terbesar dalam lingkup agensi K-pop di Korea Selatan. Foto/HYBE
JAKARTA - Nama Min Hee-jin jadi pembicaraan setelah dia muncul dalam video presentasi peluncuran nama sekaligus gedung baru Big Hit Entertainment - agensi grup BTS - yang berubah menjadi HYBE .

Saat video itu disiarkan lewat kanal YouTube pada 19 Maret lalu, CEO HYBE Bang Si-hyuk; Global CEO Yoon Suk-joon; dan HQ CEO Park Jin-woo memperkenalkan HYBE. Namun yang paling menarik perhatian ialah satu-satunya perempuan dalam video tersebut, yaituMin Hee-jin selaku Chief Brand Officer (CBO) HYBE.

Dalam presentasi pengenalan HYBE, Min Hee-jin membocorkan fasilitas dan filosofi gedung baru HYBE yang berlokasi di Yongsan.
Buat kamu 'anak lama' K-pop, sosok Hee-jin pasti tidak asing lagi karena dia sebenarnya 'orang lama' dalam industri K-pop .

Yang mungkin kamu belum tahu adalah bahwa Min Hee-jin jadi satu-satunya perempuan dalam lingkaran empat agensi besar K-pop ( SM Entertainment , YG Entertainment, JYP Entertainment, dan HYBE) dengan gaji di atas 500 juta KRW (Rp6 miliar) per tahun.



1. PEREMPUAN LEVEL JABATAN EKSEKUTIF DENGAN BAYARAN PALING BESAR DI ANTARA AGENSI BIG 4


Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Foto: HYBE

Mengutip dari Techm.kr , pada2020, Min Hee-jin menerima bayaran sebesar 527 juta KRW (Rp6,8 miliar), dengan rincian gaji pokok 376 juta KRW (Rp4,8 miliar), bonus 150 juta KRW (Rp1,9 miliar), dan pendapatan lain 1 juta KRW (Rp130 juta). Ini artinya, dalam sebulan Hee-jin menimal mendapat gaji senilai Rp400 juta.



Sementara rekan-rekannya di HYBE, yaitu Global CEO Lenzo Yoon dalam periode yang sama mendapat gaji 615 juta KRW (Rp8,026 miliar), Performance Director Son Sung-deuk sebesar 554 juta KRW (Rp7,2 miliar), dan Chief Strategy Officer Lee Jae-sang senilai 523 juta KRW (Rp6,8 miliar).

Sementara dari agensi besar lainnya, yaitu Kim Young-min dari SM Entertainment mendapat gaji tahunan 683 juta KRW (Rp8,9 miliar), Production Director (PD) Han Dong-cheol dari YG Entertainment sebesar 1,93 miliar KRW (Rp25 miliar), PD Park Joon-soo 790 juta KRW (Rp10 miliar).

Lalu CEO Jung Wook dari JYP Entertainment 535 juta KRW (Rp6,9 miliar) dan Executive Director Park Jin-young 671 juta KRW (Rp8,7 miliar).

Perlu dicatat, dari nama-nama di atas, hanya Min Hee-jin yang berjenis kelamin perempuan. Selain itu, menurut Statista , masih ada celah perbedaan gaji antara eksekutif laki-laki dan perempuan di Korea Selatan, yaitu sekitar 1,5%.

2. DIBERI TIGA TUGAS UTAMA NAN BESAR DI HYBE

Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Foto:

Melansir Wkorea, sewaktu bergabung dengan HYBE pada 2019, Min Hee-jin diberi tiga tugas. Pertama adalah melakukan re-branding perusahaan (yang kini menjadi HYBE). Kedua, mendebutkan girl group baru, dan yang ketiga adalah meluncurkan label musiknya sendiri.

Min Hee-jin dikabarkan akan segera membuat debut girl group dari HYBE dalam waktu dekat. Girl group tersebut rencananya akan berada di bawah label musik yang didirikan oleh Min Hee-jin, tapi masih berada di bawah naungan HYBE, seperti Big Hit Music yang menaungi BTS dan TXT.

Sewaktu bekerja di SM Entertainment, Min Hee-jin berjasa dalam membuat konsep keren untuk girl groups ternama, seperti Girls’ Generation, Red Velvet, dan f(x). Dengan diembannya tanggung jawab atas girl group baru oleh Min Hee-jin, diharapkan girl group baru dari HYBE akan mempunyai konsep yang memukau dan kualitas yang tidak main-main.

Baca Juga: 14 Kode Angka dan Artinya dalam 'Run BTS' 136, Bisa untuk Komunikasi dengan Teman dan Pacar!

3. PERNAH BEKERJA DI SM ENTERTAINMENT

Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Foto: onehallyu.com

Sebelum bergabung dengan HYBE, Min Hee-jin bekerja selama bertahun-tahun di SM Entertainment. Semasa bekerja di sana, Min Hee-jin menjabat sebagai direktur kreatif.

Merangkum dari Asianjunkie , Min Hee-jin dinobatkan sebagai sosok yang membawa perubahan dalam industri hiburan Korea dengan membuat arahan visual dan konsep untuk debut dan comeback para idol.

Selama bekerja di SM Entertainment, selain bertanggung jawab atas konsep untuk girl group seperti Girls’ Generation, Red Velvet, dan f(x).

Min Hee-jin juga berperan dalam pembuatan konsep SHINee dan EXO. Sewaktu bekerja dengan EXO, Hee-jin memperkenalkan konsep kombinasi simbol dan pembuatan semesta (universe). Hal tersebut membuktikan betapa kreatifnya Min Hee-jin dalam menentukan konsep untuk idol group.

Baca Juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Grup K-Pop di Bawah SM Entertainment


4. BERSAHABAT DENGAN KRYSTAL F(X)

Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Foto:Instagram @vousmeyoves

Sebelum bergabung dengan HYBE, kedekatan Min Hee-jin dengan Krystal sudah diketahui umum. Keduanya dipertemukan sejak bekerja sama di SM Entertainment. Kedekatan keduanya masih terjalin dengan baik hingga saat ini.

Sewaktu bergabung dengan HYBE, Krsytal mengunggah fotonya bersama Hee-jin. Tak lupa, Krystal juga menyematkan ucapan selamat kepada temannya itu atas bergabungnya dirinya dengan HYBE yang saat itu masih bernama Big Hit Entertainment.

Yohanna Valerie Immanuella
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @yohannavalerie18


(ita)
Share: