Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya
Min Hee-jin jadi eksekutif perempuan dengan gaji terbesar dalam lingkup agensi K-pop di Korea Selatan. Foto/HYBE
JAKARTA - Nama Min Hee-jin jadi pembicaraan setelah dia muncul dalam video presentasi peluncuran nama sekaligus gedung baru Big Hit Entertainment - agensi grup BTS - yang berubah menjadi HYBE .

Saat video itu disiarkan lewat kanal YouTube pada 19 Maret lalu, CEO HYBE Bang Si-hyuk; Global CEO Yoon Suk-joon; dan HQ CEO Park Jin-woo memperkenalkan HYBE. Namun yang paling menarik perhatian ialah satu-satunya perempuan dalam video tersebut, yaituMin Hee-jin selaku Chief Brand Officer (CBO) HYBE.

Dalam presentasi pengenalan HYBE, Min Hee-jin membocorkan fasilitas dan filosofi gedung baru HYBE yang berlokasi di Yongsan.
Buat kamu 'anak lama' K-pop, sosok Hee-jin pasti tidak asing lagi karena dia sebenarnya 'orang lama' dalam industri K-pop .

Yang mungkin kamu belum tahu adalah bahwa Min Hee-jin jadi satu-satunya perempuan dalam lingkaran empat agensi besar K-pop ( SM Entertainment , YG Entertainment, JYP Entertainment, dan HYBE) dengan gaji di atas 500 juta KRW (Rp6 miliar) per tahun.

1. PEREMPUAN LEVEL JABATAN EKSEKUTIF DENGAN BAYARAN PALING BESAR DI ANTARA AGENSI BIG 4


Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Foto: HYBE

Mengutip dari Techm.kr , pada2020, Min Hee-jin menerima bayaran sebesar 527 juta KRW (Rp6,8 miliar), dengan rincian gaji pokok 376 juta KRW (Rp4,8 miliar), bonus 150 juta KRW (Rp1,9 miliar), dan pendapatan lain 1 juta KRW (Rp130 juta). Ini artinya, dalam sebulan Hee-jin menimal mendapat gaji senilai Rp400 juta.

Sementara rekan-rekannya di HYBE, yaitu Global CEO Lenzo Yoon dalam periode yang sama mendapat gaji 615 juta KRW (Rp8,026 miliar), Performance Director Son Sung-deuk sebesar 554 juta KRW (Rp7,2 miliar), dan Chief Strategy Officer Lee Jae-sang senilai 523 juta KRW (Rp6,8 miliar).

Sementara dari agensi besar lainnya, yaitu Kim Young-min dari SM Entertainment mendapat gaji tahunan 683 juta KRW (Rp8,9 miliar), Production Director (PD) Han Dong-cheol dari YG Entertainment sebesar 1,93 miliar KRW (Rp25 miliar), PD Park Joon-soo 790 juta KRW (Rp10 miliar).

Lalu CEO Jung Wook dari JYP Entertainment 535 juta KRW (Rp6,9 miliar) dan Executive Director Park Jin-young 671 juta KRW (Rp8,7 miliar).

Perlu dicatat, dari nama-nama di atas, hanya Min Hee-jin yang berjenis kelamin perempuan. Selain itu, menurut Statista , masih ada celah perbedaan gaji antara eksekutif laki-laki dan perempuan di Korea Selatan, yaitu sekitar 1,5%.

2. DIBERI TIGA TUGAS UTAMA NAN BESAR DI HYBE

Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Foto:

Melansir Wkorea , sewaktu bergabung dengan HYBE pada 2019, Min Hee-jin diberi tiga tugas. Pertama adalah melakukan re-branding perusahaan (yang kini menjadi HYBE). Kedua, mendebutkan girl group baru, dan yang ketiga adalah meluncurkan label musiknya sendiri.

Min Hee-jin dikabarkan akan segera membuat debut girl group dari HYBE dalam waktu dekat. Girl group tersebut rencananya akan berada di bawah label musik yang didirikan oleh Min Hee-jin, tapi masih berada di bawah naungan HYBE, seperti Big Hit Music yang menaungi BTS dan TXT.

Sewaktu bekerja di SM Entertainment, Min Hee-jin berjasa dalam membuat konsep keren untuk girl groups ternama, seperti Girls’ Generation, Red Velvet, dan f(x). Dengan diembannya tanggung jawab atas girl group baru oleh Min Hee-jin, diharapkan girl group baru dari HYBE akan mempunyai konsep yang memukau dan kualitas yang tidak main-main.

Baca Juga: 14 Kode Angka dan Artinya dalam 'Run BTS' 136, Bisa untuk Komunikasi dengan Teman dan Pacar!

3. PERNAH BEKERJA DI SM ENTERTAINMENT

Ini Perbandingan Gaji CBO Agensi BTS HYBE Min Hee-jin dengan Para Eksekutif Agensi Lainnya

Foto: onehallyu.com

Sebelum bergabung dengan HYBE, Min Hee-jin bekerja selama bertahun-tahun di SM Entertainment. Semasa bekerja di sana, Min Hee-jin menjabat sebagai direktur kreatif.
halaman ke-1
Share: