Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru Film Out
BTS merilis lagu berbahasa Jepang berjudul Film Out yang dirilis tepat pada tengah malam, Jumat (2/4) waktu Korea. Foto/ Twitter @btsbighit
JAKARTA - BTS merilis lagu berbahasa Jepang berjudul "Film Out" sekaligus video musiknya pada Kamis (1/4) malam waktu Indonesia. Lagu ini diproduksi oleh Iyori Shimizu dari grup rock Jepang dan Jungkook.

Lagu "Film Out" akan masuk dalam album BTS berbahasa Jepang "BTS, The Best" sekaligus soundtrack film Jepang "Signal".

Nah, perihal video musiknya, BTS kembali mengambil jalan cerita dari Bangtan Universe (BU), yaitu dunia alternatif dari kehidupan para member BTS. Dalam semesta ini, salah satu cerita yang ada adalah Jin punya kekuatan mengendalikan waktu dan bisa menyelamatkan para member lainnya.

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: Twitter @bts_bighit



Ada banyak teori beredar di kalangan ARMY perihal jalan cerita dalam video musik "Film Out". Antara lain bahwa lagu ini diperuntukkan untuk ARMY yang nantinya akan kehilangan BTS jika saatnya tiba.

Ada pula yang menyebut bahwa sosok Suga dan J-Hope adalah bagian dari konsep album "Map of The Soul: 7", yaitu antara Shadow ( Suga ) dan Ego ( J-Hope ) seperti dalam teori yang dikembangkan psikolog Swiss Carl Jung.

Nah, berikut juga adalah salah satu teori dari ARMY yang ada terkait video dan lirik "Film Out".



1. LEDAKAN

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: Hybe Labels

Adegan ledakan dalam video musik "Film Out" terasa begitu familier, karena sebelumnya pernah ada dalam video musik lagu "Fake Love" dengan Jin yang juga berada dalam ruangan yang meledak tersebut.

Ledakan yang terjadi dapat melambangkan sebuah emosi Jin yang tidak terkendali, dan tanda-tanda mental yang tidak stabil.

2. JAM PASIR

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: Hybe Labels

Lagi-lagi kita diperlihatkan dengan adegan Jin yang memegang jam pasir. Pada video musik "Fake Love", terlihat Jin yang dengan susah payah melindungi jam pasir ketika ledakan tersebut terjadi.

Berbeda dengan adegan kali ini, karena ketika waktunya habis Jin terlihat lebih tenang, dengan wajah yang sendu ia membiarkan waktu dalam jam pasir tersebut habis, lalu ledakan di ruangan pun terjadi. Seakan Jin telah terbiasa dengan keadaan tersebut.

3. BAYANGAN

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: Hybe Labels

Adegan berikutnya ketika Suga melakukan rap nya dengan latar tempat seperti gurun pasir dan di belakang terlihat sebuah bingkai yang menyerupai cermin. Sesuai dengan lirik lagu ini.

"Kau, dalam imajinasiku/ Di hatiku kau begitu nyata dalam hidup/ Seolah kau ada di sana/ Tapi saat kau mengulurkan tanganku/ Kau tiba-tiba lenyap".

Pada tempat seperti padang pasir, kita akan merasakan sebuah fenomena fatamorgana. Kita melihat sesuatu yang tidak nyata dan kerap berimajinasi.

Bayangan J-Hope yang muncul di sisi lain bingkai juga merupakan sebuah khayalan, karena sebenarnya mereka tidak bisa bersama. Sama halnya dengan Jin dan ke enam anggota BTS lainnya yang terpisah di dua ruangan yang terlihat sama, tapi berbeda karena mereka hanyalah bagian dari imajinasi.

Baca Juga: Siapakah Elizabeth, Perempuan yang Disebut V BTS di Atas Panggung Black Swan?

4. MESIN WAKTU

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: Hybe Labels

Jin menjadi tokoh penting dalam BU, yaitu ia bisa melakukan perjalanan waktu untuk menyelamatkan keenam anggota BTS. Hal ini digambarkan pada adegan setelah semuanya meledak, Jin membuka sebuah pintu, tapi tak ada jalan keluar.

Terlihat begitu banyak pintu terbuka dengan jalan buntu yang sama. Ini menggambarkan begitu banyak Jin telah melakukan perjalanan waktu untuk membuat semuanya kembali bahagia di dalam jalan cerita.

5. SOLASTALGIA

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: Hybe Labels

Adegan pembuka Jungkook yang berdiri di tengah ruangan ini punya makna yang begitu dalam. Terlihat hampir semua properti tersebut telah ditutupi oleh kain putih, seperti rumah kosong yang telah lama ditinggali penghuninya.

Lalu Jungkook kembali dan melihat kenangannya pada masa lalu, ketika bahagia bersama anggota lainnya. Teori solastalgia ini punya makna sebuah perasaan sedih ketika melihat lingkungan pada masa lalumu telah berubah dan kita tidak bisa melakukan apa pun.

Teori tersebut digambarkan dengan Jungkook yang berdiri sendirian di tengah ruangan kosong. Lalu berikutnya, dia melihat anggota lainnya berada di ruangan tersebut, sebelum sadar saat ia melihat jam pasirnya telah habis dan akhirnya menghilang.

6. MELAKUKAN SESUATU

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: Hybe Labels

Pada cerita BU, V menjadi tokoh lainnya yang punya peran penting dan keterikatan dengan Jin yang dapat melakukan perjalanan waktu. Pada cerita, V dapat mengetahui apa yang terjadi pada anggota lainnya melalui mimpi. Begitupun dengan Jin yang tersiksa karena melakukan perjalan waktu berkali-kali.

Pada adegan akhir, terlihat V dan Jin yang saling berhadapan di dua ruangan yang berbeda. V juga mencoba untuk menolong Jin, menandakan bahwa Jin tidak berjuang sendirian.

7. COVID-19

Ini Teori Cerita untuk Video Musik Lagu BTS Terbaru 'Film Out'

Foto: YouTube Hybe Labels

Secara garis besar lagu ini menceritakan tentang seseorang yang tengah merindukan sesuatu, tapi ia tidak dapat melakukan apa-apa.

Hanya dapat merasakan kenangan yang tertinggal dalam hati dan imajinasinya. Karena mereka telah terpisah dalam waktu dan dimensi yang berbeda.

Hampir semua adegan dalam video musik "Film Out" berada di dalam ruangan, hal ini menggambarkan kondisi kita selama pandemi dan hanya dapat melakukan kegiatan di dalam rumah, terpisah dengan keluarga, sahabat, dan kerabat lainnya.

Satu-satunya yang dapat membuat kita terhubung adalah melalui gambar atau film. Sesuai dengan judul lagunya, yaitu "Film Out". Adegan Jin yang membuka pintu juga punya makna lain, yaitu keadaan dunia luar yang telah berubah dan tak lagi sama dengan kenangan yang kita miliki.

Baca Juga: Perusahaan-perusahaan Besar di Balik Kesuksesan K-Pop yang Perlu Kamu Tahu

Bahkan, banyak dari kita yang kehilangan orang-orang terdekat selama pandemi.

Terlepas dari itu semua, lagu "Film Out" bertujuan untuk membuat para pendengarnya merasakan perasaan nyaman dan melakukan penyembuhan diri. Bahwa setelah begitu banyak hal sedih yang kita lalui, semuanya akan tetap baik-baik saja karena kita akan tetap bersama di dalam hati kita.



Ramdhani Kusuma Putra
Kontributor Gensindo
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @ramable_


(ita)
Share: