3 Teknik Mengelola Keuangan untuk Dicoba Gen Z

3 Teknik Mengelola Keuangan untuk Dicoba Gen Z
Mengelola keuangan dengan baik harus dimulai sejak sedini mungkin supaya kamu tak terbelit masalah keuangan pada masa mendatang. Foto/Getty Images
JAKARTA - Sebagian anak muda dari Generasi Z alias Gen Z hobi menghabiskan uang yang didapatkan secara berlebihan, semata untuk memenuhi nafsu kesenangannya.

Padahal, kemampuan membedakan antara kebutuhan dan keinginan adalah langkah awal agar kamu tidak terbelit masalah finansial pada masa depan.

Karena itulah penting untuk membuat anggaran dana agar kamu bisa mengelola pendapatanmu dengan baik. Kalau ini bisa dilakukan, pasti kebutuhan dan keinginanmu sama-sama bisa tercapai.

Nah, berikut tiga cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan

1. PAKAI ATURAN 50/30/20

3 Teknik Mengelola Keuangan untuk Dicoba Gen Z

Foto: Getty Images

Aturan mengelola keuangan dengan cara klasik 50/30/20 adalah memisahkan pendapatan ke dalam tiga bagian yaitu 50% untuk biaya hidup, 30% untuk dana hiburan, dan 20% untuk ditabung.

Biaya hidup termasuk makan, transportasi, dan bayar kosan, sertabeli pulsa atau kuota untuk kepentingan kuliah atau pekerjaan.
Sementara 30% dana hiburan bisa kamu pakai untuk nonton di bioskop atau nongkrong di kafe bareng teman-teman.

2. PAKAI CARA ALA JEFFRY JOUW

3 Teknik Mengelola Keuangan untuk Dicoba Gen Z

Foto: Pexels

Jeffry Jouw adalah pengusaha muda dalam bidang investasi saham, pakaian bekas, dan sepatu. Dia mengatakan bahwa untuk mengelola keuangan lebih baik dengan cara memisahkan rekening pemasukan dan pengeluaran.

Rekening pemasukan digunakan misalnya untuk investasi, saham , beli rumah, KPR, atau kebutuhan jangka panjang lainnya. Sementara rekening pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, bermain, dan lainnya.

Kalau uang di dalam rekening pengeluaran sudah mulai menipis, kamu harus konsisten untuk tidak mengambil uang di rekening pemasukan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Investasi Aman Bagi Milenial yang Hobi Trading


3. PAKAI CARA ALA CHALLENGE TIKTOK

3 Teknik Mengelola Keuangan untuk Dicoba Gen Z

Foto: Instagram @furi.id

Pada akhir 2020, ada tren menabung menggunakan celengan yang dilapisi dengan tabel jumlah uang yang ingin ditabung. Jumlah uang biasanya ditulis dari Rp10 ribu hingga Rp500 ribu. Tren ini pertama kali diperkenalkan oleh akun TikTok Furi.id.

Pemilik akun Furi.id biasanya membuat tabel secara manual, tapi kamu bisa membeli celengan tabel tersebut di berbagai platform belanja daring.

Baca Juga: 5 Drama Korea yang Ajarkan Cara Mengatur Keuangan

Kalau kamu rajin dan konsisten menabung dengan cara ini, kamu bisa mengumpulkan uang dalam jumlah banyak. Tidak hanya itu, kamu jadi lebih bisa mengatur keuangan dengan baik karena sudah belajar menyisihkan uang untuk ditabung.

Arianti Widya Kusumastuti
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @Arwdy


(ita)
Share: