Punya Sampah Elektronik sampai Sampah Minyak? Kirim ke Tempat Ini Biar Berguna

Selasa, 19 Mei 2020 - 16:55 WIB
loading...
Punya Sampah Elektronik sampai Sampah Minyak? Kirim ke Tempat Ini Biar Berguna
Mengolah barang bekas atau sampah bisa mengurangi beban Bumi sekaligus membuat planet ini lebih sehat. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Sampah apa pun pada dasarnya bisa diolah lagi menjadi barang berguna. Termasuk sampah elektronik, bahkan minyak sisa alias minyak jelantah. Kalo ditukar, kamu bahkan bisa dapat uang, loh!

Kamu udah tahu belum bahwa penumpukan sampah yang gak dikelola dengan baik di tempat pembuangan umum bisa merusak ekosistem.

Maka dari itu, kita mesti sadar bahwa kita harus bijak saat akan menghasilkan sampah, sekaligus memikirkan juga akan dibawa ke mana sampah yang kita hasilkan.

Nah, tempat-tempat di bawah ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk mengolah sampah sesuai jenisnya, agar bisa menjadi hal yang bermanfaat.

1. WASTE4CHANGE

Punya Sampah Elektronik sampai Sampah Minyak? Kirim ke Tempat Ini Biar Berguna

Foto: waste4change.com

Tempat yang berlokasi di Bekasi ini menyediakan jasa untuk mengolah sampah anorganik, di antaranya botol kaca/plastik, karton makanan dan minuman, kertas/majalah/koran, kemasan kosmetik, kemasan plastik perawatan tubuh, dan mainan plastik.

Kamu bisa langsung mengirim sampah yang udah dipilah sesuai kriteria dan dalam keadaan bersih dengan jasa ekspedisi atau mengantar langsung ke Waste4change. Jangan lupa, sebelum mengirim, pastikan kamu udah mengisi formulir secara daring, ya.

Kamu bisa cek langsung ke waste4change.com atau Instagram @waste4change untuk informasi lebih lanjut.

2. DONASI BARANG

Punya Sampah Elektronik sampai Sampah Minyak? Kirim ke Tempat Ini Biar Berguna

Foto: donasibarang.com

Kalo kamu termasuk orang yang suka belanja baju dan punya setumpuk baju yang udah lama gak kepake, mungkin mulai sekarang kamu bisa mulai mendonasikan bajumu untuk orang yang membutuhkan.

Yayasan yang punya jargon “sisa-sisa tak selalu sia-sia” ini menerima donasi pakaian yang masih layak pakai. Bukan cuma itu, kamu juga bisa mendonasikan barang-barang seperti mainan dan boneka, perlengkapan bayi dan aksesori, buku, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan furnitur yang masih layak pakai.

Jangan lupa kunjungi donasibarang.com dan Instagram mereka @donasibarang .

3. EWASTERJ

Punya Sampah Elektronik sampai Sampah Minyak? Kirim ke Tempat Ini Biar Berguna

Foto: ewasterj.com

Suka bingung barang elekronik yang udah gak kepake atau rusak mau dikemanain? Nah, kamu bisa membawa barang elektronik bekasmu ke Ewasterj. Tempat yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ini udah punya 17 titik pengumpul sampah elektronik di sembilan kota.

Barang bekas yang diterima antara lain ponsel, telepon rumah, tablet atau notepad, router, hard disk, USB, kalkulator, perangkat GPS, kamera/kamera video, mini speaker, sampai lampu bohlam.

Sebelum mengirim sampah, jangan lupa untuk mengisi formulir dulu di ewasterj.comatau cek Instagram mereka @ewasterj .

4. BELI JELANTAH
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)