5 Anime Beken yang Ternyata Terinspirasi Kisah Nyata

Jum'at, 12 Maret 2021 - 18:39 WIB
loading...
5 Anime Beken yang Ternyata Terinspirasi Kisah Nyata
Anime My Neighbor Totoro mengambil sedikit kisah nyata untuk latar keluarga Satsuki dan Mei. Foto/Studio Ghibli
A A A
JAKARTA - Kalau kamu pencinta anime sejati, pasti sudah tidak asing dengan anime bergenre percintaan, pertemanan, slice of life, laga, fiksi ilmiah, fantasi, hingga thriller.

Anime memang dikenal dengan genrenya yang beragam, tapi kecil kemungkinannya benar-benar bisa terjadi di dunia nyata karena ini adalah hasil dari ide fiksi kreatif si pembuatnya.

Namun ternyata ada juga beberapa anime yang terinspirasi dari kisah dunia nyata. Bahkan, ada yang mengambil kisah cerita berlatar belakang Perang Dunia II sampai kisah nyata bencana alam di Jepang, seperti yang berikut ini.

1. GRAVE OF THE FIREFLIES (1988)

5 Anime Beken yang Ternyata Terinspirasi Kisah Nyata

Foto: Studio Ghibli

"Grave of the Fireflies" adalah salah satu anime paling menyedihkan sepanjang sejarah. Anime ini diangkat dari sebuah cerita semi-autobiografi karya Akiyuki Nosaka pada 1967 dengan judul sama. Anime ini dirilis pada 16 April 1988 oleh Studio Ghibli. Meskipun anime ini tergolong sudah sangat tua, tapi peminatnya masih sangat banyakhingga saat ini.

Kisah "Grave of the Fireflies" menceritakan perjuangan seorang kakak, yaitu Seita Yokokawa, dan adiknya, Setsuko Yokokawa sebagai korban Perang Dunia II. Seita dan Setsuko harus berjuang mencari kebutuhan makan dan tempat tinggal untuk bertahan hidup pada masa itu. Ibu mereka sudah meninggal akibat luka bakar, sedangkan ayah mereka meninggal karena gugur dalam perang

Anime drama sejarah ini mengajarkan tentang perjuangan hidup dan kasih sayang antara seorang kakak pada adiknya. Seorang kakak yang sangat bertanggung jawab dan selalu melindungi adiknya dalam kondisi apa pun. Kisah ini juga mengajarkan kita untuk belajar ikhlas ketika ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi.

2. WELCOME TO N.H.K! (2006)

5 Anime Beken yang Ternyata Terinspirasi Kisah Nyata

Foto: Chiba TV

"Welcome to N.H.K" atau "NHK ni Youkoso" adalah seri anime tentang mahasiswa bernama Tatsuhiro Satou yang terpaksa harus putus sekolah. Ia melakukan hikikomori atau mengasingkan diri dari kehidupan bermasyarakat. Kemudian, Satou bertemu dengan seorang gadis yang membantu dia untuk keluar dari keadaan hikikomori-nya tersebut.

Kalau kamu suka dengan anime penuh konspirasi, "Welcome to N.H.K" cocok untuk kamu. Karena dalam anime ini menceritakan sebuah konspirasi bahwa jaringan televisi Jepang, yaitu NHK ingin menjalankan misi yang membuat masyarakat menjadi hikikomori.

Ternyata anime ini berdasarkan kisah nyata karena penulis dari anime ini, yaitu Tatsuhiko Takimoto adalah seorang hikikomori juga.

Baca Juga: 15 Istilah yang Sering Dipakai Pencinta Anime dan Manga

3. MY NEIGHBOR TOTORO (1988)

5 Anime Beken yang Ternyata Terinspirasi Kisah Nyata

Foto: Studio Ghibli

"My Neighbor Totoro" menceritakan sebuah keluarga yang baru saja pindah ke rumah tua warisan keluarga di pedesaan. Rumah tersebut nampaknya memang seperti rumah hantu. Satsuki dan Mei, dua anak perempuan dari keluarga tersebut, membantu ayahnya untuk membersihkan dan merapikan rumah baru mereka. Suatu hari, Satsuke dan Mei bertemu dengan makhluk berbulu hitam. Ternyata, makhluk tersebut adalah penjaga rumah mereka.

Anime petualangan dan supernatural ini menceritakan tentang kehangatan sebuah keluarga kecil. Ibu Satsuki dan Mei, mengidap penyakit TBC atau tuberkulosis. Hal ini diyakini seperti kehidupan asli dari penulis dan juga produser film ini, yaitu Hayao Miyazaki yang memiliki ibu mengidap penyakit TBC.

4. TOKYO MAGNITUDE 8.0 (2009)

5 Anime Beken yang Ternyata Terinspirasi Kisah Nyata

Foto: Fuji TV
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2483 seconds (0.1#10.140)