8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder
Menjelang penayangan Justice League versi Zack Snyder pada 18 Maret, film itu telah meluncurkan sejumlah trailer. Namun, ada adegan yang belum terlihat. (Den of Geek)
Penantian selama 4 tahun para penggemar film DCEU bakal berakhir dengan dirilisnya Justice League versi Zack Snyder pekan depan. Banyak yang berharap film ini akan tampil lebih baik dan berbeda dari film asli yang telah tayang pada 2017 lalu. Hype untuk menyambut film sepanjang 4 jam ini pun sudah terjadi.

Sayangnya, hype ini nyaris berakhir setelah HBO Max secara tidak sengaja menayangkan film itu di tengah-tengah film Tom & Jerry yang diputar di layanan streaming tersebut. Meski begitu, spoiler, video atau pun foto dari kebocoran itu di media sosial sudah banyak dilaporkan oleh para penggemarnya. Penggemar tetap antusias menantikan penayangan film ini.

Sebagai informasi, Warner Bros. merilis Justice League pada 2017. Namun, film itu gagal memenangkan kritikus dan pasar. Hasilnya, film ini pun jeblok di box office. Snyder adalah sutradara asli film itu. Namun, ketika film itu belum selesai di masa pascaproduksi, dia mundur dari proyek itu setelah putrinya bunuh diri. Warner Bros. kemudian menunjuk sutradara The Avengers , Joss Whedon, untuk mengawasi proyek itu. Joss menulis ulang 80 halaman materi baru dan melakukan syuting ulang film itu atas permintaan studio tersebut. Hasilnya dianggap mengecewakan. Penggemar kemudian menuntut Warner Bros. untuk merilis Justice League versi Snyder . HBO Max akan menayangkan versi Snyder ini pada 18 Maret mendatang.

Baca Juga: Ups, Justice League Zack Snyder Nongol di Film Tom & Jerry

Dari sejumlah trailer promosi yang telah dirilis HBO Max, ada sejumlah tambahan baru yang belum pernah terlihat di film asli yang juga ditukangi Joss Whedon atas permintaan Warner Bros. itu. Tambahan itu di antaranya adalah kostum hitam Superman, Darkseid, Iris West, cerita latar Cyborg, Granny Goodness, Desaad, Joker (versi Jared Leto) dan lain-lain. Trailer-trailer itu sepertinya adalah hadiah yang manis bagi para penggemarnya. Namun, versi Snyder ini masih punya banyak yang disimpan. Meskpun detil ceritanya sudah diketahui selama 4 tahun terakhir, para penggemar DC sudah punya ide seperti apa versi Snyder ini nantinya dan tahu kalau masih banyak yang disembunyikan.

Justice League versi Snyder ini mungkin masih menyimpan kejutan bagi para penontonnya nanti. Ini masuk akal karena film ini berdurasi 4 jam. Dengan begitu banyaknya cerita, mustahil kalau trailer bisa mengungkapkan semuanya. Dikutip dari Screen Rant, ada sejumlah kartu truf yang masih disimpan Justice League versi Snyder ini.

Peringatan: Artikel ini kemungkinan mengandung spoiler dari film Justice League versi Zack Snyder yang akan tayang di HBO Go pada 18 Maret mendatang. Kalian sudah diperingatkan!

1. Kekuatan Omega Darkseid
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Tim marketing di balik Justice League versi Snyder ini menempatkan Darkseid di depan dan pusat kampanye mereka. Penjahat ikonik DC ini menjadi wajah versi Snyder setelah dilenyapkan Joss Whedon di film aslinya. Namun, masih banyak yang belum diketahui tentang penguasa Apokolips ini. Sebagian besar potongan gambar Darkseid sejauh ini bersumber dari hari-harinya sebagai Uxas, jauh di masa lalu, dan sebelum dia mendapatkan kekuatan besar Omega. Trailer memperlihatkan Darkseid mempersiapkan invasinya bersama Desaad, Granny Goodness dan Steppenwolf. Namun, penggemar belum melihatnya berinteraksi dengan Justice League, memperlihatkan Omega Effect-nya atau menginvasi Bumi menjelang lini masa Knightmare.

Aslinya, Justice League seharusnya berakhir dengan kedatangan Darkseid via Boom Tube. Ini mungkin masih menjadi bagaimana Justice League versi Snyder ini berakhir. Kalau seperti itu, maka trailer tidak akan punya cuplikan bentuk akhir Darkseid untuk dimainkan. Di sisi lain, versi Snyder ini sepertinya akan memamerkan lebih banyak kemampuan Omega Darkseid dan menjelaskan bagaimana invasinya memunculkan masa depan Knightmare. Belum satu pun dari semua itu yang diindikasikan menjelang perilisan film ini.

2. Rencana Knightmare Justice League
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Justice League Snyder ini akan membawa kembali linimasa Knightmare dari Batman V Superman: Dawn of Justice. Dari seni dan cerita konsepnya yang bocor, sepertinya anggota tersisa Justice League—Batman, Cyborg dan Flash—menggunakan treadmill kosmik dan kecepatan Flash untuk kembali ke masa lalu dan mengubah sejarah demi mencegah masa depan pascaapokalip terjadi. Namun, cuplikan Knightmare yang dirilis di trailer kebanyakan memperlihatkan Batman (Ben Affleck) berkeliaran di sebuah lahan dengan membawa senapan. Selain itu ada juga cuplikan Joker (Jared Leto).

Inti cerita Knightmare di Justice League Snyder tetap disembunyikan. Trailer hanya sedikit memperlihatkan rencana Bruce Wayne itu. Sementara, versi futuristic Cyborg dan Flash tidak muncul sama sekali. Sangat sedikit fokus tentang bagaimana rencana Justice League menyelamatkan dunia dan tidak jelas apa yang terjadi pada Wonder Woman dan Aquaman. Di teaser pendek terbaru, Batman terdengar menyuruh Flash berlari lebih cepat dari sebelumnya. Ucapan ini bisa jadi dari rencana besar tim itu untuk menulis ulang sejarah.

Baca Juga: 4 Hal yang Berubah dari Joker versi Jared Leto dalam 'Zack Snyder's Justice League'

3. Tujuan Deathstroke
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Elemen lain dari linimasa Knightmare yang belum diperlihatkan dengan layak adalah Deathstroke. Penjahat yang diperankan Joe Manganiello itu muncul di pascakredit Justice League pada 2017. Karakter ini muncul di versi Snyder, lengkap dengan gaya rambut baru dan kebencian besar pada Batman. Sekilas wajah Slade Wilson masuk di salah satu dari banyak teaser pendek yang dirilis menjelang 18 Maret, tapi tidak ada indikasi apa yang sebenarnya dia rencanakan atau bagaimana dia terlibat dalam cerita ini. Berdasarkan indikasi dari Snyder—dikombinasikan dengan rencana film solo Batman versi Ben Affleck yang tidak dipakai—ada kemungkinan kalau Deathstroke bakal melakukan kampanye penghancuran terhadap Bruce setelah tahu identitas asli Batman. Namun, sekilas wajah Slade di trailer itu tidak memberikan apa pun tentang busur ceritanya.

4. Peran Lex Luthor
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Lex Luthor (Jesse Eisenberg) dianggap kontroversial saat debut di Batman V Superman. Namun, dia kembali ke Justice League di adegan pascakredit untuk memamerkan kolaborasi jahat dalam Injustice League atau Legion ofDoom. Snyder telah mengonfirmasi kalau Lex akan menikmati peran yang lebih layak di versi baru Justice League. Jesse diperkirakan akan tampil di adegan pembuka film itu. Peran Lex di sini terkait kedatangan Steppenwolf dengan miliarder jahat itu menggunakan jurnal terkenalnya dan pengetahuannya mengenai Kryptonian untuk memprediksi invasi yang akan terjadi. Ini seharusnya menjadikan seluruh cerita DCEU lebih kohesif. Namun, sementara suara Lex terdengar di trailer Justice League, wajahnya sama sekali belum muncul. Tidak satu pun material Lex versi Snyder dipakai di Justice League asli dan belum ada yang masuk ke trailer versi Snyder.

5. Martian Manhunter
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Jenderal Swanwick (Harry Lennix) debut di DCEU lewat Man of Steel (2013) dan tampil lagi di Batman V Superman. Meskipun karakter ini tidak tampil di Justice League, Snyder tidak hanya berniat memasukkan Swanwick ke film tim superhero itu, tapi dia juga berencana mengungkap identas asli jenderal itu sebagai Martian Manhunter. Seorang anggota kunci di cerita komik Justice League DC, Martian Manhunter akan merepresentasikan penambahan besar di franchise film itu, meskipun dia secara fisik tidak bergabung dengan pahlawan lain saat melawan Steppenwolf.

Meskipun penting, Martian Manhunter tidak masuk di promosi Justice League sampai saat ini. Seperti Darkseid, ini bisa jadi indikasi kalau peran kecil Swanwick dalam proses, tapi seni terkait komik dengan kuat mengindikasikan kalau Martian Manhunter akan memamerkan bentuk alien hijaunya setidaknya sekali di versi Snyder ini.

6. Green Lantern
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Kemungkinan penampilan Green Lantern di Justice League Snyder ini jelas merupakan titik terbesar diskusi penggemar menjelang pemutaran film ini. Versi bioskop film ini memperlihatkan adegan “pelajaran sejarah” yang memasukkan anggota Green Lantern Corps bertempur melawan pasukan Steppenwolf. Dengan pertarungan ini mendapatkan sorotan lebih besar di versi Snyder, penggemar pun mengharapkan lebih banyak Green Lantern tampil. Namun, berapa banyak Green Lantern yang disimpan Snyder?

Rumor menyebutkan, Green Lantern modern seperti Hal Jordan atau John Stewart bisa menjadi cameo saat pertarungan klimaks antara Justice League melawan Steppenwolf. Debut besar juga sudah disinggung di bagian ketiga film itu. Laporan lain mengindikasikan kalau Snyder berencana mengirimkan dua Green Lantern mengunjungi Bruce Wayne di Batcave menyusul kemunculan Darkseid. Ini menyusun anggota baru untuk klub superhero Batman. Trailer versi Snyder tidak memberikan apa pun terkait keterlibatan Green Lantern Corps.

Baca Juga: 12 Hal Penting dari Trailer Film ‘Zack Snyder’s Justice League’

7. Kematian Lois Lane (dan kejatuhan Superman)
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Materi promosi Justice League memuat banyak momen terbesar film itu. Penggemar sudah menyaksikan situasi setelah kebangkitan kembali Superman , kostum hitam Kryptonian-nya, tank besar Batman, aksi Flash menyelamatkan Iris West, Lois dan Clark bertemu lagi dan desain baru Steppenwolf. Mungkin peristiwa terbesar yang belum terungkap di trailer Justice League adalah kejatuhan Superman. Di Knightmare Batman V Superman, Clark Kent berubah busuk, terkorupsi oleh Darkseid menyusul kematian Lois Lane. Meskipun Flash memperingatkan Bruce bahwa Lois adalah kunci untuk mencegah Knightmare, Batman V Superman membangun misi masa depan Justice League. Knightmare kembali di versi Snyder. Film ini diharapkan akan kembali ke peringatan Barry dan alasan Superman jatuh ke Darkseid.

Dengan begitu, kematian Lois kemungkinan telah direncanakan untuk Justice League 2. Sekuel yang disingkirkan itu dikabarkan akan ber-setting selama linimasa Knightmare. Film itu sedianya juga akan memunculkan rencana pembelokan waktu untuk mencegah Darkseid menakhlukkan Bumi.

8. Vulko
8 Kejutan yang Menanti Penonton Justice League versi Zack Snyder

Seperti Lex Luthor, di trailer Snyder, hanya suara Vulko yang terdengar. Karakter di film Aquaman yang diperankan Willem Dafoe itu sebenarnya punya adegan di film aslinya, tapi dipotong setelah Snyder hengkang. Namun, Snyder memuji adegan yang tidak dipakai itu sebagai adegan yang mengagumkan. Dengan berasumsi bahwa momen ini akan dipakai di versi 4j jam, penampilan—dan desain baru—Vulko tentu menjadi tambahan yang menyenangkan bagi Justice League versi Snyder ini. Dafoe diperkirakan tidak akan punya peran besar di Justice League ini, tapi sepertinya akan tapil bersama Mera ketika Aquaman berkunjung dan meminta Arthur Curry agar mengangkat senjata untuk berperang melawan Steppenwolf.



(alv)
Share: