Boros Saat Era Normal Baru? Bikin Celengan Target Saja!

Selasa, 09 Maret 2021 - 17:19 WIB
loading...
Boros Saat Era Normal Baru? Bikin Celengan Target Saja!
Celengan target bisa membantu menabung dengan teratur selama masa pandemi Covid-19 ini. Cara ini juga bisa membuat kalian tidak boros dalam mengeluarkan uang. (BuzzFeed)
A A A
Pandemi Covid-19 memang tidak tahu kapan akan kunjung berhenti. Hingga saat ini, protokol kesehatan masih tetap diterapkan di banyak tempat. Namun, virus ini tidak pandang bulu. Dia bisa datang kepada siapa saja.

Saat ini, pemerintah pun berusaha memulihkan kondisi dengan menerapkan normal baru. Orang bisa keluar rumah tapi dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun, ini bukan berarti masalah selesai begitu saja. Bukan hanya masalah kesehatan, era normal baru ini juga memunculkan masalah lain.

Nah, pertanyaannya sekarang, pernah tidak di antara kalian yang justru boros di masa normal baru? Kalian selalu ada dorongan buat terus jajan di luar rumah? Akibatnya? Kantong pun cepat bolong dan bokek pun kerap melanda. Pusing kan?

Biar nggak keterusan boros, banyak tips yang bisa diterapkan untuk menghemat uang. Salah satunya adalah dengan celengan target. Bagaimana caranya? Nah, simak langkah-langkah yang direkomendasikan GenSINDO ini!

1. Siapkan kalengbekas atau celengan bentuk apa pun

Kalian nggak perlu beli celengan baru yang juga bakal nyedot duit kalian. Agar hemat, pakai saja kaleng bekas susu, kaleng bekas biskuit atau kaleng apa pun yang ada di rumah.

2. Lubangi bagian penutup kaleng

Agar mudah memasukkan uang, maka lubangi bagian penutup kaleng. Hati-hati saat melakukannya agar tidak terluka

3.Tempelikaleng atau celengan dengan tabel
Boros Saat Era Normal Baru? Bikin Celengan Target Saja!

Setelah selesai, tempeli kaleng dengan kertas berisi angka rupiah target menabung kalian. Misalnya ingin menabung Rp5 juta, maka kalian bisa membuat tulisan angka 5 juta dan tabel uang yang kalian tabungkan seperti gambar di atas.

4. Voilaaa …. Celengan target kalian sudah siap dipakai!

Mudah kan membuatnya? Nah, beberapa orang sudah mencoba cara ini dan merasakan manfaatnya.

“Iyaa, gue pake cara ini efektif banget. Jadi terstruktur dan bisa nabung dengan serius karena kalau udah masukin uang angka 20-nya dihapus jadi kita tahu berapa banyak lagi 20 yang harus kita masukin,” kata Nande mahasiswa semester 4 Politeknik STMI Jakarta.

Mereka yang mencoba cara ini memang punya keinginan untuk membeli sesuatu dengan cara menabung. Salah satunya Putri, mahasiswi semester 4 Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

“Aku kemarin coba mencoba pakai metode celengan target, dan Alhamdulillah bisa beli handphone buat PJJ, karena HP kemarin rusak,” kata Putri.

Jadi apakah kalian tertarik buat nyoba metode celengan target ini?

Early Meidiasa Prameswari
Program Studi Penerbitan
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)