5 Drama Korea yang Ajarkan Cara Mengatur Keuangan

Rabu, 03 Maret 2021 - 12:40 WIB
loading...
5 Drama Korea yang Ajarkan Cara Mengatur Keuangan
Park Sae-ro-yi dalam Itaewon Class menahan segala keinginannya untuk bersenang-senang dengan uangnya sebelum impiannya bisa terwujud. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Seringkali, kita menonton drama Korea hanya untuk mendapatkan hiburan dan merasakan emosi dari cerita yang dibawakan, padahal banyak pelajaran yang bisa dipetik darinya.

Mulai dari masalah psikologi termasuk kesehatan mental , juga urusan finansial atau mengatur keuangan bisa kita dapatkan lewat beberapa drama Korea. Saat masa pandemi seperti sekarang, urusan mengatur keuangan jadi hal yang sangat penting untuk kita perhatikan.

Melansir dari Philippine National Bank, berikut drakor yang bisa memberikan kita pelajaran dalam mengatur keuangan.

1. CRASH LANDING ON YOU - JADIKAN HOBIMU SEBAGAI BISNIS

5 Drama Korea yang Ajarkan Cara Mengatur Keuangan

Foto: tvN

Ingin membuka bisnis kecil untuk menambah pendapatan? Mulailah dengan sesuatu yang kamu sukai. Menjadikan hobi atau minat menjadi bisnis yang menguntungkan adalah pilihan terbaik buatmu. Ini sudah dibuktikan dalam "Crash Landing on You" saat Yoon Se-ri yang sangat mencintai kecantikan dan perawatan kulit mengantarkannya untuk membuat bisnis busana, skincare, dan kosmetik bernama Seri’s Choice.

2. ITAEWON CLASS - MENABUNG ITU PENTING DAN BUATLAH PRIORITAS KEUANGAN

5 Drama Korea yang Ajarkan Cara Mengatur Keuangan

Foto: JTBC

Di tengah pandemi sekarang ini, menabung dan membuat prioritas keuangan adalah langkah yang tepat untuk kondisi keuanganmu. Menabung untuk masa depan penting karena membantu untuk mencapai tujuan terbesar seperti yang dilakukan oleh Park Sae-ro-yi dalam drama "Itaewon Class". Dia menggunakan uang yang ditabung untuk mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan.

Ditambah lagi, Sae-ro-yi telah menetapkan tujuan dan prioritas untuk hidupnya pada masa mendatang. Dia tidak memanjakan diri atau menghambur-hamburkan uang sampai dia bisa mencapai mimpinya tersebut. Jika diperhatikan, Sae-ro-yi hanya berinvestasi di properti seperti gedung DanBam ketika benar-benar dibutuhkan dan baru hidup mewah ketika bisnisnya mendunia.

Ini juga bisa kamu lakukan dengan mengevaluasi tujuan jangka panjangmu dalam hidup. Ketika kamu sudah mengetahuinya, tetapkan rencana dan prioritas keuangan yang realistis untuk membantumu mencapai impian.

Baca Juga: 21 Rekor yang Dibuat Jungkook BTS hanya dalam Waktu 2 Bulan sejak 2021

3. MY ID IS GANGNAM BEAUTY - COBALAH BEKERJA PARUH WAKTU


5 Drama Korea yang Ajarkan Cara Mengatur Keuangan

Foto: JTBC

Bekerja paruh waktu bisa mendukung kebutuhan finansialmu uang memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam drama "My ID is Gangnam Beauty", bekerja sama dan punya pekerjaan paruh waktu sangat membantu Kyung-seok dan Mi-rae menjadi dekat satu sama lain. Mereka menggunakan uang yang mereka dapat untuk menghidupi diri mereka sendiri.

Ini juga yang dilakukan oleh Hye Joon dalam drama "Money Game" yang merupakan anak yatim piatu sehingga harus diurus oleh keluarga bibinya. Kondisi keluarga bibinya tidak berkecukupan sehingga dia harus bekerja paruh waktu untuk meringankan beban bibinya.

4. HOTEL DEL LUMA - BOROS ITU BERBAHAYA DAN SEGERA LUNASI UTANG

5 Drama Korea yang Ajarkan Cara Mengatur Keuangan

Foto: tvN

Nafsu berbelanja yang melebihi kebutuhan sangat berbahaya. Kalau kamu susah untuk mengendalikan diri, cari teman seperti Chan-seong dalam drama "Hotel Del Luna" karena dia bisa memantau kebiasaan berbelanja orang seperti Man-wol supaya tidak terkena kerugian finansial. Gara-gara sifat boros Man-wol, hotel bahkan sampai mengalami krisis keuangan seperti yang terlihat pada episode ke-6.

Pada episode ke-15, Jang Man-wol bahkan memprioritaskan kecantikannya dibandingkan dengan membayar utangnya terlebih dahulu. Untungnya, Chan-seong memberikan masukan kepadanya untuk memprioritaskan tanggung jawabnya terlebih dahulu dibandingkan sesuatu yang hanya sekadar keinginan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)