Rekomendasi 7 Film Romantis Jepang Terbaik, dari Anime hingga Live Action

Rekomendasi 7 Film Romantis Jepang Terbaik, dari Anime hingga Live Action
Film Your Eyes Tell adalah kisah drama romantis tentang seorang gadis tunanetra dan mantan petinju. Foto/Gaga Corporation
JAKARTA - Selain terkenal dengan manga dan teknologinya, Jepang juga merupakan negara dengan banyak film yang memenangkan penghargaan.

Banyak film romantis Jepang yang cukup diminati dan laris di pasaran. Kalau kamu senggang, film-film romantis Jepang di bawah ini mungkin bisa jadi pilihanmu untuk mengisi waktu. Yuk, cek!

1. WEATHERING WITH YOU (2019)

Siapa di antara kamu yang gemar menonton anime ? "Weathering with You" dapat menjadi film anime romantis pilihan kamu. Resmi ditayangkan pada 2019, anime garapan Makoto Shinkai yang juga merupakan penulis anime “Your Name” ini masuk ke daftar film paling laris di Jepang. Pendapatan kotornya bahkan sampai lebih dari USD193,1 juta (Rp2,7 triliun).



“Weathering with You” bercerita tentang seorang siswa SMA, Hodaka Morishima, yang melarikan diri dari rumah dan pergi ke Tokyo. Di sana, ia kesulitan menghidupi dirinya karena masih terlalu muda.

Secara tak sengaja, Hodaka bertemu Hina, gadis yang bekerja di restoran cepat saji. Hodaka mulai jatuh cinta pada Hina yang punya kekuatan untuk menghentikan hujan. Tetapi, kekuatan Hina punya rahasia yang bisa mengubah Tokyo dan cuacanya untuk selamanya.





2. PERFECT WORLD (2018)

“Perfect World” adalah film romantis kedua yang dibintangi oleh Takanori Iwata, setelah film pertamanya “Evergreen Love”. Dalam film ini, Takanori yang lebih akrab dipanggil “Gun-chan” ini berlakon bersama Hana Sugisaki.

Film romantis ini mengisahkan seorang perempuan bernama Tsugumi Kawana (Hana Sugisaki) yang kembali bertemu dengan cinta pertamanya sejak sekolah, Itsuki Ayukawa (Takanori Iwata). Namun, rupanya sang cinta pertama kini duduk di kursi roda karena kecelakaan. Dalam film ini, Gun-chan juga mendapatkan penghargaan dari Nikkan Sports Film Award kategori Yujiro Ishihara Newcomer Award.



3. YOUR NAME (2016)

Siapa yang tak tahu anime legendaris satu ini? “Your Name" ("Kimi no Na wa") adalah anime yang ditulis oleh Makoto Shinkai yang terkenal. Film bertema fantasi remaja ini mengisahkan dua anak remaja, Taki dan Mitsuha, yang tubuhnya saling tertukar. Padahal, keduanya berjarak cukup jauh. Taki tinggal di Tokyo, sedangkan Mitsuha dibesarkan di Prefektur Gifu.

Setelah beberapa waktu, keduanya menyadari kalau mereka bisa bertukar tubuh pada kondisi tertentu. Namun, suatu hari, Taki dan Mitsuha tidak pernah bertukar lagi.

Baca Juga: Cha Eun-Woo Dikabarkan akan Jadi Pendeta Pengusir Setan, Main Bareng Seo Ye-Ji

Anime fenomenal ini sukses menguras air mata para penonton. Tak cuma itu, berbagai penghargaan pun diraupnya, mulai dari Best Animated Feature Length Film pada 2016, hingga kategori Best Animation Film dari Mainichi Film Awards ke-71.



4. CHIHAYAFURU (2016)

Film live action yang diibintangi aktris terkenal Suzu Hirose ini punya sisi romantis dan persahabatan yang bisa diambil. Kisahnya tentang seorang gadis bernama Chihaya Ayase (Suzu) yang bertemu dengan laki-laki bernama Arata Wataya (Mackenyu) saat kelas 6 SD. Chihaya yang saat itu sudah berteman dengan Taichi Mashima (Shuhei Nomura) pun menjadi dekat dengan Arata melalui permainan “Karuta”.

Sayangnya, Arata harus pindah ke Prefektur Fukui. Sejak itu, Arata tak lagi bermain Karuta. Chihaya yang tetap percaya Arata akan kembali, akhirnya membentuk klub Karuta di sekolahnya bersama Taichi.

Film ini sebenarnya punya tiga bagian dan bisa terus berlanjut. Pada 2016, "Chihayafuru" dijadikan film pembuka Japanese Film Festival (JFF) 2016. Bagian ketiganya pun ditampillkan dalam JFF 2018.



5. ONE WEEK FRIENDS (2017)

Penggemar drama atau film Jepang pasti mengenal Kento Yamazaki. Nah, dalam film live action ini, Kento beradu akting dengan Haruna Kawaguchi.

“One Week Friends” bercerita tentang gadis SMA Kaori Fujimiya (Haruna) yang selalu melupakan temannya setiap Senin. Sebab itu, Kaori selalu menyendiri. Tetapi, Yuki Hase (Kento) bersikeras ingin berteman dengan Kaori meski ia menolak Yuki.
Film ini ditayangkan dalam JFF 2018.



6. 37 SECONDS (2020)

Film yang tayang di Netflix ini menceritakan kisah seorang gadis 23 tahun, Yuma Takada (Mei Kayama) yang mengalami kelumpuhan otak sehingga harus duduk di kursi roda. Ini disebabkan masalah persalinan yang membuatnya tidak bernapas selama 37 detik.

Meski begitu, ia sangat berbakat dalam membuat manga. Sayangnya, ia mengalami banyak kesulitan untuk menggapai mimpinya sehingga harus berjuang untuk mencapai kebebasan.

Film dengan latar cerita yang unik ini mendapat penghargaan Asian Film Award untuk Best New Director. Yang perlu kamu ingat, film ini punya rating 18+. Jangan menontonnya kalau kamu belum cukup umur, ya!



7. YOUR EYES TELL (2020)

Film satu ini banyak diperbincangkan karena soundtrack-nya yang diisi oleh BTS. Faktanya, film ini adalah adaptasi dari film Korea tahun 2011 bertajuk “Always/Only You”.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Akari (Yuriko Yoshitaka) yang kehilangan penglihatannya karena kecelakaan keluarga. Ia adalah gadis yang berusaha menikmati hal-hal kecil. Suatu hari, ia salah mengira Rui (Ryusei Yokohama) sebagai orang yang dikenalnya. Mereka pun mulai berbincang dan saling jatuh cinta.

Baca Juga: 8 Drama Korea Genre Komedi Romantis Terbaik 2019-2020

Sayangnya, Rui yang merupakan mantan petinju berbakat, menyadari kaitan antara kecelakaan Akari dengan dirinya. Ia pun ingin membayar biaya operasi mata Akari dengan mengikuti pertarungan jalanan.



Sevilla Nouval Evanda
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @vandailla


(ita)
Share: