Cara Jitu Merespons Komentar Negatif di Media Sosial

Cara Jitu Merespons Komentar Negatif di Media Sosial
Munculnya komentar negatif di media sosial memang tak bisa dicegah, tapi kita bisa mengatur cara kita menanggapinya. Foto/Pixabay
JAKARTA - Banyak orang sengaja berlindung di balik akun anonim saat memberikan komentar jahat. Sasarannya bukan cuma konten yang lagi viral, konten edukasi pun tidak lepas dari komentar kebencian.

Akhirnya, beberapa pemilik akun di media sosial memilih me-non-aktifkan kolom komentar. Menghapus, mengabaikan, hingga memblokir akun yang memberikan komentar negatif umumnya jadi pilihan. Namun, siapa sangka tindakan ini bisa jadi peluang bagi mereka untuk menyerang balik.

Pertimbangan Menyikapi Komentar Negatif

Meskipun merasa dilecehkan, merespons komentar negatif kadang bukan cara terbaik. Mengutip verywellmind.com, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu menyikapi komentar negatif.



Cara Jitu Merespons Komentar Negatif di Media Sosial

Foto: Pixabay

Pertama, penilaian orang lain. Media sosial tak terbatas oleh ruang dan waktu. Cara merespons komentar negatif bisa dinilai oleh orang lain.

Kedua, dampak dari menanggapi. Terlibat dalam perselisihan sebuah komentar tidak selamanya berdampak buruk. Misalnya, bagi pelaku bisnis, menerima komentar negatif bisa jadi batu loncatan untuk meyakinkan konsumen untuk memberikan layanan terbaik.



Ketiga, mengabaikan bisa diartikan membenarkan. Orang mungkin berpikir saat kita mengabaikan atau menghapus komentar jahat, artinya berita tersebut benar. Membalas atau klarifikasi di kolom komentar bisa jadi pilihan daripada mengabaikannya.

Cara Jitu Merespons Komentar Negatif di Media Sosial

Foto: Pixabay

Keempat, meminta maaf. Kalau memang kamu yang salah, sampaikan permintaan maaf. Kalau kamu dengan tulus meminta maaf, tanpa embel-embel minta dimaklumi, orang pun akan memberikan penilaian positif pada kepribadian kamu.

Kelima, menjaga reputasi diri. Saat ada komentar jahat yang tidak benar, maka kamu berhak memberikan kebenarannya.

Baca Juga: Punya Sifat Ambisius, Baik atau Buruk?

Cara Menghadapi Komentar Negatif

Menurut Baker A dalam artikelnya yang berjudul “How Brands Handle Negative Comments on Social Media”, berikut cara bijak menghadapi komentar negatif.

Cara Jitu Merespons Komentar Negatif di Media Sosial

Foto: Pixabay

Pertama, respons dengan hal positif. Jangan membalas dengan komentar yang lebih buruk. Orang lain akan melihat cara merespons dan menjadi nilai tersendiri bagimu.

Kedua, tetap bersikap sopan. Sangat sulit untuk tetap ramah dengan orang yang memberikan komentar negatif. Namun usahakan tetap tenang dan berperilaku sopan. Ini akan menjadikanmu lebih unggul dari mereka.

Ketiga, minta untuk diselesaikan secara personal. Jangan langsung memberikan pesan secara personal. Namun, kirimkan balasan pada kolom komentar apakah masalah ini dapat diselesaikan secara personal. Hal ini dapat meminimalisir konsumsi publik atas masalah tersebut.

Cara Jitu Merespons Komentar Negatif di Media Sosial

Foto: Pixabay

Keempat, balas dengan kalimat bijak. Salah memberikan balasan bisa jadi peluang untuk makin diserang. Pilihlah kata bijak saat membalas komentar negatif. Misalnya dengan ucapan terima kasih atau berikan doa terbaik untuk mereka.

Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?

Kelima, selipkan humor. Membalas dengan candaan punya efek yang sama seperti bersikap positif dan sopan. Orang akan menilai bahwa kamu adalah orang yang santai dan tidak gampang marah.

Eka Sarmila
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @eka_sarmila_


(ita)
Share: