Solusi Digital Marketing di Kala Pandemi ala AkuDigital

Solusi Digital Marketing di Kala Pandemi ala AkuDigital
Tim AkuDigital berupaya memberikan solusi bagi pelaku bisnis offline di masa pandemi agar terus eksis.
JAKARTA - Ini fakta: di masa pandemi seperti sekarang banyak bisnis tumbang dan pengusaha terancam bangkrut. Apalagi, pebisnis offline. Mereka lah yang paling terdampak.

Betapa tidak, konsumen enggan datang ke toko/gerai. Maka, omset dan pemasukan pun merosot drastis. Sehingga pengeluaran dari modal dan operasional jadi lebih besar daripada pemasukan.

Dampaknya, banyak pengusaha terpaksa merumahkan karyawannya. Bahkan, melakukan PHK.

Lalu bagaimana? Menurut pendiri AkuDigital Kevin Maulana, kondisi pandemi mau tidak mau memaksa pebisnis dan pengusaha untuk merubah strategi bisnis mereka dari offline ke online dengan strategi digital marketing.

”Mau tidak mau mereka (pengusaha) harus berubah jika ingin tetap bertahan. Karena kita sendiri tidak tahu pasti kapan masa pandemi ini berakhir,” ungkapnya.

AkuDigital sendiri merupakan salah satu digital agency yang berfokus pada jasa digital marketing dan solusi marketing kepada konsumen.

Solusi Digital Marketing di Kala Pandemi ala AkuDigital

Tim AkuDigital saat memberi edukasi kepada tim digital Sophie Martin. Foto: dok. AkuDigital

Menurut Kevin, digital marketing sendiri luas cakupannya. Mulai Google ads, Facebook ads, Search Engine Optimization (SEO), hingga Youtube ads. Tapi, tidak semua strategi digital marketing cocok untuk konsumen karena tiap produk atau industri akan berbeda strategi dan penerapannya.

Kevin menyebut bahwa pihaknya sendiri cukup selektif dalam memilih konsumen yang ingin ditangani. ”Karena tujuan kami bukan sebanyak mungkin mendapat konsumen. Tapi, lebih berfokus pada seberapa besar dampak dan hasil yang bisa diberikan AkuDigital kepada konsumen,” ujarnya.

Faktanya, Kevin menyebut, saat ini memang banyak sekali yang menawarkan jasa digital marketing. Tapi, hanya fokus menjalankan iklan. Bukan kepada result atau hasil akhirnya. ”Kami juga realistis dalam menjanjikan hasil,” katanya.

Solusi Digital Marketing di Kala Pandemi ala AkuDigital

Pemasaran digital tidak sesederhana beriklan di berbagai platform sosial media. Melainkan harus ada strategi, target, serta tujuan yang tepat dan terarah. Foto: dok AkuDigital

Hal itu dilakukan untuk menganalisa strategi apa yang tepat yang harus digunakan klien agar tujuan serta objektif yang diharapkan bisa tercapai.

”Semua itu tidak ada yang instan, semua berproses. Mulai market research, A/B testing, measurement proses dan lain-lain. Semua harus terukur dengan baik tidak hanya hit & run,” beber Kevin Maulana.


(dan)
Share: