Hand Lettering, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis

Sabtu, 06 Februari 2021 - 11:55 WIB
loading...
Hand Lettering, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis
Keahlian membuat hand lettering bisa dipakai untuk membuat kartu ucapan sendiri. Foto/every-tuesday.com
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19, banyak tren-tren lama yang kembali diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah hand lettering.

Hand lettering merupakan seni menulis huruf dengan indah bersifat modern dan bebas (free style) sesuai kreativitas masing-masing.

Tidak berhenti di kalangan masyarakat umum saja, sejumlah influencer baik dalam dan luar negeri pun menggemari aktivitas ini, salah satunya Amanda Rach Lee. Ia merupakan seorang youtuber kelahiran Kanada yang cukup sering membuat konten hand lettering di beberapa platform media sosial miliknya.

Hand Lettering, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis

Foto: Instagram @thegraytergood

Fitri Kamila, 20, alumnus SMAN 94 Jakarta juga merupakan salah satu yang berkecimpung dalam dunia hand lettering. Berbeda dengan kebanyakan temannya yang berfokus untuk melanjutkan pendidikan selepas lulus, ia justru memberanikan diri untuk terjun langsung ke dalam dunia seni, khususnya hand lettering. Fitri mengungkapkan, bahwa awalnya ia menyukai seni gambar realis, tapi lalu dia beralih ke seni menggambar tulisan (hand lettering).

“Mulai masuk hand lettering kira-kira sejak 2016/2017. Dulu itu bener-bener mulai dari nol, enggak punya kenalan atau ilmu sama sekali. Sampai akhirnya pelan-pelan hangout bareng komunitas hand lettering dan kenal beberapa orang yang sukses banget di bidang ini,” terang Fitri.

Hand Lettering, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis

Fitri Kamila. Foto: Dok. pribadi

Ia menjelaskan, bahwa untuk menggeluti hobi ini membutuhkan proses yang sangat panjang. Soalnya, banyak ilmu-ilmu yang harus dipahami untuk membuatnya.

Baca: 8 Profesi yang Pasti Banyak Dicari pada Masa Depan

“Awalnya aku enggak tahu permainan komposisi dan layout dari sebuah karya hand lettering yang baik. Aku cuma tahu menggambar garis-garis lalu jadi huruf tanpa tahu perhitungannya. Tapi, setelah belajar ke yang ahli, ikut berbagai workshop, barulah mengerti dan kesulitan-kesulitan itu mulai berkurang,” tambahnya.

Hand Lettering, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis

Foto: Lee Gomez Studio

Akan tetapi, meski harus melewati proses yang sangat panjang dan melelahkan, ia beranggapan bahwa di balik itu semua, terdapat hal-hal menarik ketika menggeluti hobi hand lettering ini. Tak hanya menciptakan seni tulisan yang nyaman dipandang mata, ternyata hobi ini juga menjadi hal yang memotivasi hidupnya, dan membuat hobinya ini sebagai sebuah bisnis.


Pintar Mencari Peluang yang Ada


Sebelum memulai bisnis hand lettering, seseorang harus memahami terlebih dahulu ilmu-ilmu yang ada dalam dunia seni menggambar kreatif ini. Ia beranggapan, bahwa sebuah karya yang baik dibuat berdasarkan aturan yang sudah ada tanpa mengesampingkan unsur kreativitas, dan kebebasan dalam proses pembuatannya.

Hand Lettering, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis

Foto:Lynn Roach/skillshare.com

Selain itu, seorang penggiat hand lettering juga harus selalu tahu tentang tipe-tipe karya yang sedang digemari masyarakat. “Tipe yang saat ini digemari itu commision works untuk ulang tahun, birthday card, sampai wedding invitation. Harganya bervariatif, mulai dari Rp50.000–500.000 per karyanya,” ujar Fitri.

Selain menciptakan karya, Fitri juga membuka kelas belajar seni terutama hand lettering di antaranya melalui aplikasi dan kelas privat. “Kalau privat kira-kira sekitar Rp2-5 juta per bulan tergantung permintaan,” ungkapnya.

Hand Lettering, dari Hobi Bisa Jadi Peluang Bisnis

Foto: staedtler.com

Sejauh ini, total peserta kelas privat dan workshop hand lettering miliknya mencapai lebih dari 70 orang. Ia mengatakan bahwa selama ini, untuk kelas privat paling banyak diikuti oleh 34 peserta, dan skala terkecilnya adalah 2 orang peserta per satu kali pertemuan.

Baca Juga: Ini 5 Fandom Musik Terbesar di Dunia Menurut Pengamat Musik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2780 seconds (0.1#10.140)