Komunitas Blogger Kubu Raya Berdiri, Ingin Majukan Potensi Daerah

Jum'at, 29 Januari 2021 - 21:15 WIB
loading...
Komunitas Blogger Kubu Raya Berdiri, Ingin Majukan Potensi Daerah
Komunitas Blogger Kubu Raya dibentuk untuk menginformasikan potensi Kabupaten Kubu Raya di Kalimantan Barat. Foto/Dok. Komunitas Blogger Kubu Raya
A A A
KUBU RAYA - Komunitas Blogger Kubu Raya resmi dibentuk pada 16 Januari 2021. Gagasan membentuk komunitas ini muncul dari inisiatif empat orang yang punya latar belakang sama dan berdomisili di daerah yang sama.

Salah seorang founder yang akrab disapa Om Qbenk menjelaskan, inisiatif pembentukan Komunitas Blogger Kubu Raya muncul karena dirinya melihat Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, punya banyak potensi yang belum terangkat.

“Dari awal kami melihat Kabupaten Kubu Raya memiliki cukup banyak potensi, tapi sepertinya informasinya masih belum tersebarkan dengan masif. Di sinilah hati ini merasa tergelitik untuk dapat menyebarkannya lebih luas melalui media yang kami miliki dalam bentuk blog dan media sosial ,” katanya dalam siaran pers.

Komunitas Blogger Kubu Raya ingin berperan aktif menyampaikan segala informasi positif terkait Kabupaten Kubu Raya untuk beberapa sektor, antara lain sektor ekonomi, sektor pariwisata , sektor pendidikan, dan sektor kebudayaan.

Memperkuat Pondasi Dasar

Berdasarkan pengalaman dalam berkomunitas selama ini, para founder Komunitas Blogger Kubu Raya yakin untuk menjadi sebuah komunitas yang solid tak berarti memiliki anggota yang banyak. Melainkan, dibutuhkan dudukan dalam bentuk pondasi kuat.
Oleh karena itu, tidak begitu banyak undangan yang disebar dalam kegiatan Kopdar Perdana Komunitas Blogger Kubu Raya. Pihaknya hanya turut serta mengajak orang-orang yang berminat dan serius.

Komunitas Blogger Kubu Raya Berdiri, Ingin Majukan Potensi Daerah

Foto: Dok. Komunitas Blogger Kubu Raya

Dalam sambutannya, Dwi Wahyudi yang merupakan salah seorang founder mengatakan bahwa yang dibentuk saat ini oleh Komunitas Blogger Kubu Raya merupakan perwujudan dari gagasan sembilan tahun lalu.

“Gagasan membentuk Komunitas Blogger Kubu Raya ini sebenarnya sudah pernah ada tahun 2012 lalu. Tetapi karena pada saat itu dirasa masih belum siap, maka gagasan tersebut masihlah berupa wacana,” katanya.

Baca Juga: 9 Teknologi yang Sering Dipakai Para Pemburu Hantu

“Hingga akhir tahun lalu (pertengahan Desember 2020), saya bertemu dengan beberapa orang yang memiliki visi misi sama dan tanpa butuh waktu lama rencana itu kami realisasikan,” ujarnya.

Mendapat Dukungan Penuh

Berdasarkan latar belakang para founder yang memiliki usaha masing-masing, dapat dilihat seberapa besar dukungan yang diberikan demi terbentuknya Komunitas Blogger Kubu Raya.

“Untuk awalnya jangan pernah bergantung dengan orang lain jika memang kita bisa melakukannya sendiri. Tunjukkan apa yang telah kita perbuat secara mandiri, Insyaallah nanti akan banyak pihak melihat apa yang telah kita lakukan,” kata Lyhu, salah seorang founder.

Dari 30 kursi yang dipersiapkan, tampak sebagian di antaranya diisi oleh para undangan yang hadir. Jika diperhatikan dari usianya, rata-rata masih berusia muda dan produktif.

Melihat kondisi ini, besar harapan mereka bahwa nantinya Komunitas Blogger Kubu Raya dapat terus berkembang dan selalu eksis karena diisi oleh calon-calon blogger muda yang aktif dan kreatif.

Komunitas Blogger Kubu Raya Berdiri, Ingin Majukan Potensi Daerah

Foto: Dok. Komunitas Blogger Kubu Raya

Prioritas Tingkatkan Keterampilan

Karena masih bersifat baru dan pemula, maka target awal yang ingin dicapai oleh para anggota Komunitas Blogger Kubu Raya adalah pengembangan keterampilan, khususnya dalam bidang menulis dan optimasi search engine optimization (SEO).

Diharapkan dalam kurun waktu kurang dari enam bulan, para blogger Kubu Raya ini telah siap dengan blognya masing-masing. Nantinya, mereka akan diajak untuk bekerja sama dengan pihak agensi atau pengiklan yang sifatnya tidak gratis.

Untuk selanjutnya, kegiatan pertemuan secara daring maupun luring akan terus dilakukan demi menjaga semangat blogging tetap terjaga.

Baca Juga: 8 Film untuk Bangkitkan Energi Positif saat Tahun Baru!

Khusus bagi siapa saja yang berdomisili di Kabupaten Kubu Raya dan berminat untuk ikut bergabung dalam Komunitas Blogger Kubu Raya, dapat membaca informasi lengkap melalui situs web bloggerkuburaya.com.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)