Mengenal Epik High, Grup Hip-Hop Idola Para Idol K-Pop

Jum'at, 29 Januari 2021 - 19:43 WIB
loading...
Mengenal Epik High, Grup Hip-Hop Idola Para Idol K-Pop
Grup alternatif hip hop Epik High terkenal dengan musiknya yang eksperimental dan lirik indah yang menyinggung hal-hal tabu di Korea. Foto/Lai Seng Sin, AP
A A A
JAKARTA - Untuk para pencinta K-pop baru atau yang baru terkena demam hallyu, nama Epik High mungkin tidak akrab di telinga, padahal mereka adalah grup hip hop legendaris di Korea.

Para idol K-pop papan atas di Korea, dari rapper Suga dan RM BTS, Zico, hingga leader iKoN B.I dan Daesung Big Bang mengaku secara terang-terangan sebagai penggemar grup alternatif hip-hop ini. Suga bahkan menyebut mereka sebagai grup yang membuatnya ingin jadi rapper.

Popularitas Epik High bukan cuma sebatas di Korea, tapi juga di Amerika Serikat. Mereka pernah manggung di festival musik bergengsi Coachella pada 2016, sekaligus menjadi musisi K-pop pertama yang manggung di sana.

Tahun ini, Epik High pun merilis album studio ke-10 mereka "Epik High is Here" pada 18 Januari lalu. Untuk single pertamanya "Rosario", Epik High menggandeng CL dan Zico. Kolaborasi lainnya juga dilakukan bersama Heize dan G Soul.

Nah, berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu untuk lebih mengenal Epik High.

1. MEMBER DENGAN IQ SETARA ALBERT EINSTEIN

Mengenal Epik High, Grup Hip-Hop Idola Para Idol K-Pop

Foto:Ahn Young-joon/AP

Epik High memulai debut pada 2003 dengan tiga member, yaitu Tablo kelahiran 1980, DJ Tukutz kelahiran 1981, dan Mithra Jin kelahiran 1983. Tablo yang merupakan leader grup adalah lulusan Stanford University jurusan literatur Inggris dan penulisan kreatif. Dia memiliki IQ 160, setara dengan Albert Einstein. Dia juga pernah menerbitkan buku berjudul “Pieces of You” yang menjadi buku terlaris. Tablo pernah tinggal di Indonesia pada sekitar tahun 1980-1983, mengikuti pekerjaan ayahnya.

Tablo menikah dengan aktris Kang Hye-jung. Sejak Agustus 2019, Tablo menjalankan siniar (podcast) bernama “The Tablo Podcast”. Tablo dan Dj Tukutz pernah bekerja sama dan pergi ke Amerika Serikat bersama-sama. Dj Tukutz pernah menjadi DJ di acara radio, acara langsung (live), dan klub di sekitar wilayah Boston dan New York City. Fakta uniknya, Tukutz menikah dengan perempuan yang telah dikejarnya selama 10 tahun.

Sementara Mithra Jin awalnya adalah seorang penyair. Mithra Jin memulai debutnya di grup bernama K-Ryders pada 2000. Dia menikah dengan aktris Kwon Da-hyun pada Oktober 2015.

2. MENGAWALI DEBUT DENGAN AWAL YANG SEDERHANA

Mengenal Epik High, Grup Hip-Hop Idola Para Idol K-Pop

Foto:Discogs

Epik High merilis album studio pertama yang berjudul “Map of The Human Soul” pada 2003. Sejak awal, grup ini sudah terkenal dengan musiknya yang kompleks dan lirik indah dengan tema 'serius' seperti masalah sosial, agama, dan politik yang dianggap tabu di Korea Selatan.

3. PELOPOR AWAL HIP HOP

Mengenal Epik High, Grup Hip-Hop Idola Para Idol K-Pop

Foto:Instagram @blobyblo

Epik High termasuk grup yang melambungkan genre hip-hop ke kancah musik arus utama (mainstream) di Korea Selatan. Melansir dari Soompi, mereka telah mendapatkan sejumlah penghargaan besar seperti Golden Disk Awards.

Baca Juga: 8 Perbedaan antara Industri K-Pop dan Musik Amerika

Selain itu mereka juga memperoleh penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) dengan merebut “Album of The Year” dari album keempat mereka yang berjudul “Remapping the Human Soul”. Penghargaan terbaru mereka adalah “Song of the Year” dari lagu “Love Story” yang diperoleh dari Gaon Chart Music Awards.

4. PUNYA CIRI KHAS LIRIK YANG INDAH


Mengenal Epik High, Grup Hip-Hop Idola Para Idol K-Pop

Foto: Facebook @epikhigh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)