Tips Mudah Biar Kamu Tidak Salah Ketik atau Typo

Rabu, 27 Januari 2021 - 21:00 WIB
loading...
Tips Mudah Biar Kamu Tidak Salah Ketik atau Typo
Ada beberapa cara mudah supaya kamu bisa mengetahui kalau ada kesalahan ketik di dokumenmu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Saat kita membuat tulisan baik tugas, laporan, proposal, dan sebagainya dengan memakai Microsoft, seringkali ada kesalahan ketik atau typo.

Biasanya, pada akhir membuat tulisan tersebut, kamu membaca dari awal sampai akhir agar bisa mengetahui apakah ada kesalahan penulisan kata atau tidak. Tapi ada juga yang malas membaca ulang dan langsung mengumpulkan meskipun mungkin banyak kesalahan penulisan.

Nah, untuk mengatasi hal itu, kamu bisa memakai tips di bawah ini agar bisa langsung mengetahui letak kesalahan penulisan kata.

1. MENGECEK MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

Tips Mudah Biar Kamu Tidak Salah Ketik atau Typo

Foto: Ni Ketut Candra Puspita

Microsoft Word dapat diatur secara otomatis untuk melakukan pengecekan pada kata-kata yang ditulis. Caranya adalah dengan mengubah sedikit pengaturan. Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Microsoft Word, lalu pilih bagian file kemudian options, dan klik language.

Selanjutnya akan muncul jendela word options, kamu dapat menambahkan editing languageIndonesian” lalu drop down dan pilih add. Berikutnya set “Indonesian” sebagai “default editing language” dengan menekan pilihan “set as default”. Terakhir, kamu tinggal memilih “Indonesian” di bagian “language preferences” pada task bar yang terletak di bagian bawah. Mulailah mengetik dan akan muncul garis merah jika terdapat kesalahan.

Baca Juga: Cara Melindungi Dokumen Word, PDF, dan Excel Agar Tidak Gampang Di-copy Teman

Untuk memperbaikinya, klik kanan pada kata tersebut, lalu akan terdapat saran perbaikan ejaan. Begitu juga dengan menulis menggunakan bahasa Inggris, lakukan hal yang sama dengan memilih “English” pada language preferences.

2. MENGECEK MENGGUNAKAN SITUS WEB DARING

Tips Mudah Biar Kamu Tidak Salah Ketik atau Typo

Foto: Grammarly

Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak situs web yang dibuat untuk membantu kamu mengecek kesalahan penulisan kata. Caranya gampang banget, kamu tinggal menyalin tulisan yang kamu buat ke situs web itu atau mengunggah dokumen Word ke situs web tersebut.

Untuk pengecekan bahasa Indonesia, ada beberapa situs web yang bisa digunakan seperti typoonline.com, lektur.id, dan ejaan.id. Sementara untuk bahasa Inggris, lebih banyak terdapat pilihan seperti gingersoftware.com dan languagetool.org. Bahkan, ada juga situs web yang bisa mengecek kesalahan penulisan tata bahasa (grammar) jika mengetik menggunakan bahasa Inggris yaitu Grammarly.

3. MENGETIK MENGGUNAKAN GOOGLE DOCS

Tips Mudah Biar Kamu Tidak Salah Ketik atau Typo

Foto: Ni Ketut Candra Puspita

Google Docs dibentuk seperti Microsoft Word, tapi tersedia secara daring. Dengan Google Docs kamu bisa mengerjakan tugas bersama teman kamu hanya dengan membagikan tautan (link) dokumennya. Di Google Docs juga ada pengecekan kata secara otomatis.

Baca Juga: 3 Cara Melampiaskan Emosi dengan Cara Positif

Jadi kalau salah ketik, akan ada garis merah di bawah kata itu. Selanjutnya kamu bisa klik kata itu dan akan ada pilihan kata yang benar.

Ni Ketut Candra Puspita
Kontributor GenSINDO
Indonesia International Institute for Life-Sciences
Instagram: @nkcandrapuspita
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)