alexametrics
Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Kucing punya kode khusus sebagai bentuk komunikasi kepada manusia. Kalau begini kira-kira artinya apa? Foto/mythirtyspot.com
Jakarta - Entah kamu pemelihara kucing, sekadar senang bermain dengan kucing, atau bahkan takut dengan kucing, kamu harus tahu maksud seekor kucing terhadapmu kalau dia sudah melakukan hal-hal berikut ini.

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan. Alasannya karena kucing adalah hewan yang menggemaskan dan perawatannya tidak terlalu sulit.

Meski begitu, kamu juga tetap harus paham dengan bahasa alias kode yang disampaikan kucing untuk kita. Nah, ada buku tentang kode ini yang ditulis oleh Cacang Effendi dan N.S. Budiana yang berjudul "Kucing: Complete Guide Book For Your Cat". penasaran? Lanjut baca!



Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Foto: insider.com

1. Mengusap Keningnya pada Bagian Tubuh Kamu
Tanda ini artinya adalah kucing tersebut menyayangi kamu, dan dia merasa nyaman berada di sekitarmu. Lalu, pada tahap selanjutnya, jika si kucing telah memberikan tatapan yang intens itu artinya si kucing sudah benar-benar percaya dengan kamu. Bahkan menurut sebuah penelitian, tatapan ini dapat disetarakan dengan sebuah ciuman.

Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Foto: yahoo.com

2. Kucing Mengeong
Ada beberapa jenis bunyi ngeong yang perlu kamu ketahui. Pertama, bunyi ngeong yang nyaring dan panjang yang biasanya ditandakan dengan kucing tersebut ingin makan atau menginginkan hal lain.

Seperti kata Muhammad Hafiz, salah satu perawat kucing bernama Syitti. “Kalau dia laper, dia meong-meong terus nempelin kepalanya ke badan aku, terus kalau dia pup di kasur atau di rumah itu tandanya dia marah sama aku, soalnya belum dikasih makan,” katanya.

Lalu bunyi mengeong kedua, jenis bunyi ngeong yang lebih lembut diartikan dengan kucing tersebut yang menyapa kamu dan ingin diajak main. Kamu bisa meresponsnya dengan mengelus kepalanya dan mengajaknya bermain.

Ada juga dengan bunyi dengkuran yang dikeluarkan kucing. Kucing akan mendengkur jika ia merasa nyaman dan percaya padamu.

Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Foto: iheartcats.com

3. Menggerak-gerakkan Ekor
Jika kucing menggerak-gerakkan ekornya ke sana ke mari itu tandanya dia sedang senang. Kita bisa mengajaknya bermain saat seperti ini. Tapi kalau ekornya ia tekuk ke dalam atau tegang dengan bulu-bulu yang berdiri, kamu harus membiarkannya memiliki waktu sendiri, karena itu artinya ia sedang ketakutan dan merasa terkejut.

Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Foto: squarecathabitat.com

4. Menggaruk Dinding dan Kursi
Ada dua makna yang dapat kita temukan dengan perilaku tersebut. Yang pertama kucing tersebut sedang menajamkan kuku-kukunya dan yang kedua kucing tersebut sedang menandai tempat paling nyaman baginya atau menandai daerah kekuasaannya. Selain menggaruk, kucing juga biasa menandainya dengan pipis sembarang atau biasa disebut spraying.

Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Foto: catdailynews.com

5. Mengikuti Pemiliknya
Jika hal ini terjadi, ini saatnya kamu mengajak kucing kamu bermain. Karena si kucing sedang ingin mencari perhatian. Ada kalanya ketika kamu sedang mengerjakan tugas atau membaca buku, lalu tiba-tiba si kucing beranjak dan merebahkan tubuhnya pada papan keyboard atau menghalangi buku yang sedang kamu baca, itu artinya si kucing sedang benar-benar ingin diajak bermain, jadi rehatlah sebentar dan turuti kucingmu.

Kamu Harus Peka Kalau Kucing Kasih 6 Kode Penting Ini
Foto: Reddit

6. Telinga Kucing ke Belakang dan Mata Menyipit
Hati-hati dengan ciri tersebut, karena artinya si kucing sedang tidak ingin diganggu dan ingin sendirian. Ia sedang dalam mode PMS dan akan sangat sensitif, karena jika kita tetap ngotot ingin menyentuhnya, maka bisa jadi kamu bakal digigit atau kena cakar.

Nah, jadi kalau sekarang ada kucing yang kasih kode standar kayak begini, kalian sudah paham, dong?!

Ramdhani Kusuma Putra
Kontributor Gen Sindo
Universitas Negeri Jakarta

Ramdhani bisa dihubungi di:
Instagram: @ramable_



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss