Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Jum'at, 15 Januari 2021 - 15:14 WIB
loading...
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui
Wanda dan Vision memang tak sepopuler Iron Man atau Captain America di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun, cerita latar mereka menarik untuk disimak. (the good comics)
A A A
Sosok Wanda dan Vision di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU) memang tak sepopuler Iron Man, Spider-Man atau pun Captain America. Namun, sejak diperkenalkan di Avengers: Age of Ultron, kedua karakter punya peran yang cukup menarik dalam perkembangan MCU. Wanda alias Scarlett Witch berada di kubu Captain America saat Captain America: Civil War dan Vision ada di kubu Iron Man. Sementara, di Avengers: Infinity War, dua orang itu sedang dimabuk cinta.

Meski Wanda baru tampil sebanyak 4 kali dan Vision 3 kali di sepanjang perjalanan MCU hingga saat ini, Avengers: Endgame membuktikan bahwa Wanda adalah Avenger terkuat. Kematian Vision membayangi langkahnya dan sepertinya dia masih menyimpan dendam. Setelah Avengers: Endgame, belum diketahui seperti apa perjalanan hidup Wanda. Serial WandaVision diharapkan mampu menjawab pertanyaan tersebut.

Kehadiran multiverse di Fase 4 MCU juga membuat Wanda menjadi salah satu tokoh sentral. Selain tampil di serialnya sendiri, Wanda juga akan muncul di sekuel Doctor Strange , yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Di film itu, ada yang menyebut bahwa Wanda akan menjadi musuh Doctor Strange. Namun, teori lain menyebut, Doctor Strange akan membantu Wanda yang tidak bisa mengendalikan kekuatannya dan membuka banyak gerbang multiverse. Mana yang benar, serial WandaVision bisa memberikan banyak petunjuknya. Apalagi, di serial ini, ada sejumlah rujukan yang menarik.



WandaVision mulai tayang di Disney+ Hotstar hari ini, Jumat (15/1), pukul 15.00 WIB dengan dua episode sekaligus. Episode 3 akan tayang pekan depan pada Jumat (22/3), pukul 15.00 WIB. Selanjutnya, serial ini akan tayang setiap Jumat pukul 15.00 WIB.

Untukmenonton WandaVision, ada baiknya mengetahui latar belakang cerita pasangan ini. Serial ini dibuat dengan setting waktu tahun 60an. Namun, GenSindo yang telah diberi kesempatan menyaksikan 3 episodenya, bisa dikatakan bahwa setting waktu dan lini masa akan menjadi salah satu twist menarik di serial ini. Seperti apa latar dan fakta WandaVision? Dinukil dari TIME, berikut ulasannya.

1. Latar belakang cerita WandaVision
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Disutradarai Matt Shakman, serial WandaVision ini menukil sejumlah cerita di komik di mana Wanda atau Vision berusaha ‘masuk’ ke kehidupan di permukiman pinggiran kota yang menyebabkan kekacauan. Wanda dan Vision menikah di komik Avengers #4 yang dirilis pada 1975. Mereka kemudian mendapatakan komik spinoff, yaitu Vision and the Scarlet Witch pada 1982. Mereka berjuang bersama Avengers dan punya anak kembar bernama William dan Thomas.

Di komik keluaran 1989 dengan cerita Vision Quest, Vision dihancurkan jaringan mata-mata internasional yang menganggapnya sebagai ancaman dunia. Meskipun Hank Pym menyatukan dialagi, Vision yang hidup lagi itu tidak punya kaitan emosional dengan anak dan istrinya. Dunia Wanda mulai runtuh. Tetangga dan mentornya, seorang penyihir bernama Agatha Harkness, mengatakan, kalau anak-anaknya itu tidak nyata, tapi hanya ilusi yang tercipta karena kombinasi kekuatannya dan Maphisto, penjahat di Marvel Universe.

Serial komik House of M yang dirilis pada 2008 juga punya plot yang sama. Hanya, di komik itu, Wanda secara tidak sengaja membunuh sejumlah Avengers. Dalam kesedihan, ia kemudian bermain-main dengan realitas palsu untuk menghidupkan kembali suaminya, Vision, dan menciptakan anak-anak khayalan. Efek delusi Wanda ini mempengaruhi dunia nyata. Kekuatan Wanda cukup kuat sehingga pada akhir cerita, dia berharap tidak ada lagi mutan. Puluhan ribu mutan, termasuk sejumlah X-Men, kehilangan kekuatannya. Banyak yang menduga jika serial WandaVision banyak diangkat dari seri komik ini.

2. Asal Usul Wanda dan Vision di MCU
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Wanda dan Vision sama-sama kali pertama diperkenalkan di MCU lewat film Avengers: Age of Ultron. Di film itu, HYDRA melakukan eksperimen dengan salah satu Batu Keabadian, yaitu Batu Pikiran yang ada di Spectre—tongkat Loki. Batu itu bisa dipakai untuk mengendalikan pikiran orang. HYDRA menggunakan batu itu terhadap sejumlah orang dan berusaha membuat pasukan super.

Namun, dari eksperimen itu, hanya dua orang yang bertahan, yaitu Wanda dan saudara kembarnya, Pietro. Wanda mendapatkan kekuatan telepati, telekinesis dan kemampuan lain. Dia juga bisa mengendalikan pikiran orang. Pietro mendapatkan kekuatan super. Di satu titik, mereka menyebut diri mereka sebagai Scarlet Witch dan Quicksilver.

Ketika Batu Pikiran jatuh ke tangan Avengers, Tony Stark menggunakannya untuk membuat program pertahanan bernama Ultron. Karena Tony adalah seorang egomaniac, dia tidak bisa melihat kalau rencana itu salah. Ketika sudah dibuat, Ultron mengamuk dan berusaha membunuh Avengers. Dia kemudian merekrut Wanda dan Pietro.

Tony kemudian menggunakan Batu Pikiran itu untuk membuat android yang mampu melawan Ultron. Secara mengejutkan, rencana itu berjalan mulus dan Vision lahir. Batu Pikiran tersemat di kepala Vision. Di sisi lain, Wanda dan Pietro akhirnya tahu jika Ultron ingin menghancurkan umat manusia. Mereka akhirnya membelot ke Avengers, tapi Pietro mati saat bertempur.

Di Captain America: Civil War, secara tidak sengaja, Wanda menewaskan warga sipil ketika menyelamatkan Captain America. Saat berada di tahanan rumah, dia terjebak di kompleks Avengers dengan Vision sebagai penjaganya. Keduanya kemudian mulai saling menggoda. Ada implikasi kalau mereka saling terikat karenha Batu Pikiran. Kekuatan keduanya berasal dari batu itu. Di Avengers: Infinity War, pasangan itu pergi ke Skotlandia untuk memadu kasih.



3. Wanda dan Vision setelah Avengers: Endgame
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Di Avengers: Infinity War, Thanos ingin menghancurkan separuh populasi alam semesta. Untuk mewujudkan cita-citanya itu, dia mengumpulkan 6 Batu Keabadian. Salah satunya adalah Batu Pikiran yang tersemat di kepala Vision. Wanda dan para Avengers pun berusaha keras mencegah Thanos dan menyelamatkan Vision. Di film itu, Vision mengatakan, satu-satunya cara mencegah Thanos untuk menghancurkan semesta adalah menghancurkan Batu Pikiran.

Vision meminta Wanda menghancurkan Batu Pikiran dan membunuhnya agar Thanos tidak bisa mendapatkan batu itu. Wanda melakukannya. Namun, Thanos dengan menggunakan Batu Waktu mengembalikan waktu, membunuh Vision dan mengambil Batu Pikiran dari kepalanya. Thanos kemudian menjentikkan jari dan separuh populasi semesta—termasuk Wanda—lenyap.

Di Avengers: Endgame, tim Avengers mampu mengembalikan keadaan. Orang-orang yang hilang kembali. Namun, karena Vision dibunuh, bukan lenyap, maka dia tidak bisa dikembalikan. Wanda berduka atas kematian Vision. Di sini, dia sudah melewati banyak hal menyedihkan. Dia kehilangan saudara dan pacarnya. Dia juga kehilangan dua mentornya—Iron Man dan Black Widow. Dia tidak lagi punya keluarga. Belum jelas apa yang akan dia lakukan. Teori menyebut, dia memutuskan membuat semesta alternatif yang lebih membahagiakan bagi dirinya sendiri.

4. Wanda adalah mutan
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Di komik, secara teknis, Wanda adalah mutan, yaitu manusia yang lahir dengan gen spesifik yang memberinya kekuatan. Sebagian besar Avengers adalah manusia yang mendapatkan kekuatan di kehidupan nanti, seperti Captain America yang mendapatkan kekuatan setelah militer menyuntikkan serum tentara super atau Spider-Man setelah digigit laba-laba radiasi. Perbedaannya cukup signifikan di komik karena mutan cenderung diperlakukan lebih buruk ketimbang manusia. Mereka ditakuti dan didiskriminasi serta diburu. Belum jelas apakah Wanda di MCU ini mutan atau bukan. Dia pernah menjadi bahan eksperimen. Namun, apakah eksperimen ini yang memberikan dia kekuatan atau hanya membangkitkan kekuatan yang sudah ada, ini masih diperdebatkan.

Perbedaan ini cukup penting dalam konteks WandaVIsion. Disney tidak memiliki hak atas X-Men sampai mereka mengakuisisi Fox pada 2019. Wanda dan Pietro adalah kasus perbatasan. Baik Fox dan Disney bisa memakai karakter ini. Sekarang, Disney memiliki ha katas Avengers dan X-Men. Sejumlah fans berspekulasi kalau Disney akan menggunakan WandaVision dan logika semesta pararel gila untuk memasukkan X-Men ke MCU.

5. Wanda adalah Avengers terkuat
Serba Serbi Serial WandaVision yang Layak Diketahui

Sampai saat ini belum jelas mengapa Wanda belum menjadi bagian lebih besar di cerita Avengers. Di Avengers: Endgame, jelas bahwa Wanda punya kekuatan besar. Dia nyaris membunuh Thanos dalam pertempuran klimaks di film itu. Ketika dia melawan Thanos, Mad Titan itu bertanya kepadanya, “Sekali lagi, kamu siapa?”. Thanos bahkan kewalahan mengahadapi serangan Wanda.

Memang, Hulk itu kuat, Thor bisa mengendalikan petir dan Captain Marvel bisa terbang dan menembakkan ledakan energi. Namun, Wanda bisa mengendalikan pikiran orang, mengendalikan objek dengan pikirannya dan sepertinya membangun seluruh semesta dengan pikirannya. Dia juga bisa bertempur dengan melemparkan bola energi dan melayang, atau pada dasarnya, terbang.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)