20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

Selasa, 05 Januari 2021 - 18:55 WIB
loading...
20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea
Drama Korea seperti Clean With Passion For Now mengenalkan penonton dengan istilah-istilah Korea. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Buat pencinta K-pop atau K-drama atau yang baru bergabung alias penggemar pemula, pasti sering bingung dengan berbagai istilah dalam bahasa Korea yang muncul dalam percakapan.

Nah, biar afdol dan bisa fangirling dengan paripurna, berikut istilah dari dunia hallyu yang sering ditemui beserta artinya.

1. AGE LINE

Istilah ini diberikan kepada idol yang punya tahun kelahiran sama. Misalnya member boy group BTS RM dan J-Hope yang sama-sama lahir pada 1994, lalu disebut dengan 94-line. Contoh lain misalnya, Jungkook BTS, Yugyeom GOT7, dan DK SEVENTEEN lahir pada 1997, mereka disebut dengan 97-line.

Sekadar catatan, perbedaan usia dalam budaya Korea sangat penting, karena memengaruhi cara tiap individu menyapa atau memanggil nama. Bukan cuma nama, status dalam industri hiburan juga memengaruhi sapaan tersebut.

2. BAGEL GIRL

Ini adalah istilah untuk seorang gadis atau perempuan dewasa yang wajahnya imut-imut, seperti bayi. Bagel girl bisa dimaknai juga sebagai baby face.

3. CHAEBOL

Jenis karakter klasik yang digunakan dalam drama Korea yang menggambarkan pewaris kaya dari perusahaan keluarga yang diperankan oleh pemeran utama pria. Dalam budaya Korea, chaebol juga berarti konglomerat.

20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

Foto: tvN


4. CHEONGMAL

Merupakan sebuah ekspresi tidak percaya dan kesal yang kalau dalam bahasa Indonesia berarti “Emang benar?!" atau "Emang iya?!" memakai tanda seru.

5. HUL

Hul adalah ungkapan atau bahasa gaul ketika berada dalam canggung dan memalukan.

6. KEKEKE (ㅋㅋㅋ)

Ekspresi tertawa orang Korea. Sama halnya seperti di Indonesia ketika berkirim pesan menggunakan “wkwkwk” sebagai ekspresi tertawa.

7. KKAB

Kata gaul ini menggambarkan orang yang enerjik. tidak bisa diam, sering kali mengganggu. Kalau dalam bahasa Indonesianya bisa dibilang ‘hiperaktif’. ( )

8. MUKBANG

Mukbang, meokbang atau mokbang adalah kondisi saat melakukan siaran langsung atau merekam dirinya sedang makan besar atau porsi makannya di luar batas orang normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3465 seconds (0.1#10.140)