20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

4. CHEONGMAL

Merupakan sebuah ekspresi tidak percaya dan kesal yang kalau dalam bahasa Indonesia berarti “Emang benar?!" atau "Emang iya?!" memakai tanda seru.

5. HUL

Hul adalah ungkapan atau bahasa gaul ketika berada dalam canggung dan memalukan.

6. KEKEKE (ㅋㅋㅋ)

Ekspresi tertawa orang Korea. Sama halnya seperti di Indonesia ketika berkirim pesan menggunakan “wkwkwk” sebagai ekspresi tertawa.

7. KKAB

Kata gaul ini menggambarkan orang yang enerjik. tidak bisa diam, sering kali mengganggu. Kalau dalam bahasa Indonesianya bisa dibilang ‘hiperaktif’. (Baca Juga: 28 Ungkapan Bahasa Korea yang Sering Muncul dalam Drakor Beserta Artinya )

8. MUKBANG

Mukbang, meokbang atau mokbang adalah kondisi saat melakukan siaran langsung atau merekam dirinya sedang makan besar atau porsi makannya di luar batas orang normal.

20 Istilah dalam Budaya Korea, K-Pop, dan Drama Korea

Foto: YouTube ASMR Mukbang

9. MAT-SEON

Istilah ini merujuk pada kencan buta yang disiapkan oleh seorang ibu kepada anaknya, karena takut anaknya tidak menikah.

10. MICHYEOSSEO

Sebuah ungkapan yang artinya “Apa kamu gila?!”. Ungkapan ini memang agak kasar, tapi kalau kamu nonton drakor pasti pernah mendengar istilah ini.

11. Q—Q

Bentuk emoji yang digunakan dalam teks untuk menunjukkan kesedihan. Emoji itu menggambarkan air mata jatuh dari mata terbuka. Paling sering digunakan secara sarkastik terhadap orang lain.

12. MAKJANG

Sebutan untuk serial drama Korea yang punya alur cerita berliku-liku, bikin kesal, banyak konfliknya, dramatis, dan biasanya episodenya banyak. Secara singkat, bisa disebut sebagai soap opera atau sinetron. Misalnya adalah drama "Penthouse" dan "The World of Married".

13. SAGEUK
halaman ke-1
Share: