Teman Tidak Suka Kamu Punya Pacar? Ini Cara Mengatasinya

Kamis, 31 Desember 2020 - 18:10 WIB
loading...
Teman Tidak Suka Kamu Punya Pacar? Ini Cara Mengatasinya
Mengenalkan pacar baru ke teman-teman memang bisa mengundang penghakiman dari mereka. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kamu pernah atau sedang pacaran dengan orang yang umurnya jauh lebih tua dibanding kamu, tapi takut bilang ke teman-teman kamu? Atau kamu punya pacar, tapi belum berani bilang ke teman-temanmu?

Nah, bagaimana cara menghadapi hal ini? Yuk simak tips dari Nona Willis Aronowitz yang ditulis di kolom “Down to Find Out” di Teen Vogueberikut ini.

Menurut Nona, wajar banget kalau kita sakit hati atau merasa tidak nyaman dengan penilaian teman-teman terhadap sesuatu yang tak bisa kita ubah.

Suka pada orang suatu hal yang ajaib. Muncul perasaan tersebut kadang kita juga tak mengerti. Tapi, yang disarankan Nona adalah kita harus bisa menyikapi hal ini dengan baik, jangan sampai merasa rendah diri ataupun terkucil dari sekitar.

Teman-teman kita mungkin saja menilai kita aneh atau melakukan sesuatu yang tidak wajar karena bisa jadi mereka kurang dapat berempati dengan kita.

Menurut Nona, sebenarnya tidak ada yang salah dengan menjalin hubungan dengan pasangan yang lebih tua. Usia hanyalah salah satu faktor dalam ekosistem kekuatan hubungan. Tapi, ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab dulu untuk meyakinkan diri kamu, kamu siap tidak untuk berhubungan dengan pasangan yang jauh lebih tua?

Teman Tidak Suka Kamu Punya Pacar? Ini Cara Mengatasinya

Foto: Getty Images

Apakah ketika bersama dia, kamu tetap bisa menegaskan kebutuhanmu? Apakah ketika bersamanya, kamu pernah merasa berada di bawah tekanan? Apakah bersamanya, kamu merasa banyak hal berjalan lebih cepat dari yang seharusnya?

Pertanyaan-pertanyaan di atas harus kamu pertimbangkan untuk mengetahui apakah dirimu benar-benar siap dan bisa untuk menjalin hubungan bersama orang yang lebih berusia dari kamu atau tidak.

Hal ini penting mengingat pada usia yang masih muda, seringkali seseorang dibutakan oleh cinta hingga lupa tentang hal-hal esensial untuk dirinya dan hidupnya. ( )

Kembali ke teman-teman, beberapa dari teman-temanmu mungkin menyadari bahwa hubungan antardua orang yang terpaut usia yang jauh bisa jadi menimbulkan ketidakseimbangan dan mereka mengungkapkan kekhawatiran mereka dengan cara menunjukkan ketidaksetujuannya dengan hubunganmu. Tapi, beberapa dari teman-temanmu mungkin juga hanya orang brengsek yang ingin membuat kamu merasa buruk.

Akan jauh lebih mudah untuk membedakan kedua jenis teman ini kalau kamu sudah memikirkan beberapa hal tentang hubungan ini. Kamu bisa mengatakan sesuatu seperti, “Enggak enak, lho, kalau kamu ngomong gitu ke aku. Sebagai teman aku berharap kamu bisa percaya sama aku." Ini akan melunakkan seorang teman yang merasakan perhatian yang tulus, sekaligus menutup mulut seorang teman yang hanya bersikap picik.

Teman Tidak Suka Kamu Punya Pacar? Ini Cara Mengatasinya

Foto: Getty Images

Bagaimanapun, mengatasi perasaan kurang baik kepada teman-teman secara langsung, meskipun canggung, akan menciptakan kesempatan untuk membicarakannya.

Kamu bisa mengatakan kepada teman-temanmu apa yang kamu butuhkan dari mereka agar pertemananmu bisa menjadi pertemanan yang sehat dan menyenangkan.

Nah, ini juga berlaku untuk kamu yang takut bicara bahwa kamu punya pacar baru. Untuk yang ini, kamu mesti lihat situasi terlebih dahulu. ( )

Untuk teman yang mungkin akan merasa sedih kalau kamu punya pacar baru (mungkin karena hubungan dia dengan pacar lagi tidak bagus atau dia lagi jomblo dan sedih), maka sebaiknya kamu jangan cerita dulu. Sebaliknya, buat teman yang lagi happy, kamu bisa langsung cerita ke dia bahwa kamu sudah punya pacar baru. Jadi, kamu memang mesti bijak melihat kondisi.

Iffah Sulistyawati Hartana
Kontributor GenSINDO
Institut Teknologi Bandung
Instagram: @iffahshrtn
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)