Belajar Wabah-Wabah Penyakit yang Telah Lalu lewat Buku

Senin, 28 Desember 2020 - 21:30 WIB
loading...
A A A
Belajar Wabah-Wabah Penyakit yang Telah Lalu lewat Buku


Dalam karyanya yang berjudul “The Fever: How Malaria Has Ruled Humankind for 500,000 Years”, jurnalis Sonia Shah memberikan gambaran menarik mengenai penyebab, perawatan dan efek penyakit Malaria dari kelahiran Plasmodium falciparum di Afrika ribuan tahun yang lalu.

Dia juga memberikan inisiatif kesehatan global untuk menangani penyakit ini dalam beberapa dekade terakhir. Buku ini pertama kali diterbitkan tahun 2010.

6. THE BLACK DEATH

Belajar Wabah-Wabah Penyakit yang Telah Lalu lewat Buku


Buku karya Barbara W. Tuchman yang pertama kali terbit pada 1978 ini berjudul “A Distant Mirror: The Calamitous 14th Century”. Buku ini bercerita tentang kisah hidup seorang bangsawan Prancis bernama Enguerrand de Coucy yang lahir tujuh tahun sebelum wabah “The Blach Death” ditemukan untuk pertama kalinya.

Fokus buku ini adalah Krisis Abad Pertengahan Akhir yang menyebabkan penderitaan yang meluas di Eropa pada abad ke-14.

7. SMALL POX

Belajar Wabah-Wabah Penyakit yang Telah Lalu lewat Buku


“Pox Americana: The Great Smallpox Epidemic of 1775-82” ditulis oleh Elizabeth A. Fenn. Dalam buku ini, Fenn menceritakan tentang wabah cacar yang melanda Amerika Utara dan bertepatan dengan Revolusi Amerika.

Buku yang pertama kali terbit pada tahun 2001 ini berfokus pada bagaimana penyebaran dan letak kepentingan yang lebih besar dari wabah yang terjadi pada tahun 1775-1782 ini. ( )

Iffah Sulistyawati Hartana
Kontributor GenSINDO
Institut Teknologi Bandung
Instagram:@iffahshrtn
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4447 seconds (0.1#10.140)