Mau Hemat dan Bereksperimen Motret dengan Kamera Analog? Pakai Roll Film Kedaluwarsa!

Kamis, 24 Desember 2020 - 21:31 WIB
loading...
Mau Hemat dan Bereksperimen Motret dengan Kamera Analog? Pakai Roll Film Kedaluwarsa!
Memotret dengan kamera analog memakai roll film kedaluwarsa bisa memberi hasil foto yang tak terduga. Foto/emulsive.org
A A A
JAKARTA - Buat kamu para pengguna kamera analog , pasti tidak asing dengan roll film? Ini adalah benda yang digunakan untuk menyimpan hasil foto saat memotret dengan kamera analog.

Harga roll film bermacam-macam, tapi untuk saat ini relatif cukup mahal. Untuk kamu yang baru memulai dan belajar fotografi menggunakan kamera analog atau ingin berhemat dalam menggunakannya, ada tips buat kamu, yaitu dengan menggunakan roll film yang sudah kedaluwarsa atau expired.

Tanggal kedaluwarsa diberikan oleh produsen roll film untuk menjamin batas waktu sensitivitas roll film. Biasanya, para penjual roll film tidak menyimpan roll film di lemari pendingin, sehingga memungkinkan terjadinya reaksi kimia yang menyebabkan turunnya sensitivitas roll film.

Mau Hemat dan Bereksperimen Motret dengan Kamera Analog? Pakai Roll Film Kedaluwarsa!

Kodacolor VR 100, expired 1985, unknown storage, exposed with box camera, note backing paper impression, grain, color shift, fogging, and uneven color. Foto/Daniel J. Schneider.

Kamu bisa mendapatkan roll film yang sudah kedaluwarsa di berbagai toko yang menjual roll film. Biasanya, roll film ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari roll film baru.

Kualitas dari foto yang menggunakan roll film kedaluwarsa sangat bergantung pada beberapa hal. Pertama, cara roll film disimpan. Seperti yang sudah dituliskan di atas, sebaiknya roll film disimpan dalam suhu yang rendah karena roll film sangat sensitif terhadap panas.

Kedua, kondisi kemasan. Roll film yang masih dalam kondisi baik atau masih berada dalam kemasan utuh jauh lebih disarankan untuk digunakan. ( )

Mau Hemat dan Bereksperimen Motret dengan Kamera Analog? Pakai Roll Film Kedaluwarsa!

Foto: emulsive.org

Dilansir dari popphoto.com, roll film kedaluwarsa ini akan punya beberapa dampak pada foto yang dihasilkan. Di antaranya, pengurangan sensitivitas, lebih banyak grain, dan perubahan warna.

Perubahan warna bisa terjadi secara halus ataupun ekstrem tergantung pada usia dan kondisi roll film. Selain itu, saturasi dari foto juga akan menurun.

Menggunakan roll film yang sudah kedaluwarsa ini bisa menjadi eksperimen yang sangat menarik dibandingkan dengan roll film baru karena hasilnya sulit ditebak.

Kamu suka bereksperimen atau berjudi dengan nasib? Yuk, coba motret analog dengan roll film kedaluwarsa! ( )

Iffah Sulistyawati Hartana
Kontributor GenSINDO
Institut Teknologi Bandung
Instagram: @iffahshrtn
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)