15 Istilah yang Sering Dipakai Pencinta Anime dan Manga

Istilah loli atau lolita dalam dunia animanga tertuju pada karakter anak kecil yang lucu, atau bisa juga pada perempuan dewasa yang punya tubuh mungil. Biasanya, mereka jadi favorit karena sosoknya menggemaskan. Orang yang menyukai karakter loli disebut lolicon.

7. TSUNDERE

Diambil dari gabungan kata "tsun tsun" yang berarti "membuang muka", "sebal", dan "dere dere" yang berarti "penuh kasih sayang" atau "sedang jatuh cinta".

Tsundere bisa diartikan sebagai julukan bagi karakter yang seolah cuek pada orang yang disukai supaya perasaannya tidak terlihat, atau pada karakter yang tidak percaya pada perasaannya sendiri bahwa dia menyukai seseorang.(Baca Juga: 4 Sindrom Psikologis yang Namanya Diambil dari Karakter Disney )

8. KAWAII

Istilah kawaii biasa bersanding dengan loli. Artinya adalah "imut". Kata ini dijadikan sebagai ungkapan kepada perempuan atau karakter 2D yang cantik dan imut, atau bisa juga pada barang atau sesuatu yang terlihat menggemaskan.

9. BAKA

Baka adalah salah satu kata yang paling sering muncul dalam anime. Secara umum, baka punya arti yang dipersempit menjadi idiot, bodoh, tolol, dan ungkapan negatif sejenisnya. Dalam penggunaannya, baka bisa menjadi sindiran atau sekadar bercanda, tergantung konteksnya.

10. NERF

Dalam gim, nerf adalah pengurangan kekuatan atau power yang dilakukan pada objek untuk menstabilkan jalannya permainan. Begitu juga di animanga, istilah di-nerf sering dilontarkan kepada karakter yang awalnya OP (sangat kuat) tapi seakan menjadi lemah.

15 Istilah yang Sering Dipakai Pencinta Anime dan Manga

Foto: Xebec Zwei

11. BUFF

Kebalikan dari nerf, buff adalah perubahan yang dilakukan terhadap objek untuk menambah kekuatan. Dalam anime saat ini, contohnya ada pada karakter Yuno dari “Black Clover”.

Penonton seakan disajikan perkembangan yang tiba-tiba pada tokoh, terutama dalam hal kekuatan, meski tidak terlihat proses latihannya.

12. SASUGA

Dalam bahasa anime atau bahasa gaul Jepang, istilah ini sebagai ungkapan pujian kepada lawan bicara yang punya arti "hebat" atau "mengagumkan".

13. LORD

Lord adalah sebutan untuk seseorang yang mempunyai wewenang dan pengaruh besar. Dalam bahasa gaul, sering diucapkan dengan tambahan "ya" di depannya, menjadi frase "Ya Lord" atau "Ya Tuhan". Dalam anime, lord juga diartikan sebagai "dewa".

14. PLOT ARMOR

Istilah yang dipakai untuk menggambarkan perlindungan terhadap karakter yang dianggap penting bagi keberlangsungan cerita. Biasanya, plot armor diberikan oleh sang novelis (mangaka) kepada tokoh utama dalam cerita.
halaman ke-1
Share: