15 Istilah yang Sering Dipakai Pencinta Anime dan Manga

Sabtu, 19 Desember 2020 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Istilah kawaii biasa bersanding dengan loli. Artinya adalah "imut". Kata ini dijadikan sebagai ungkapan kepada perempuan atau karakter 2D yang cantik dan imut, atau bisa juga pada barang atau sesuatu yang terlihat menggemaskan.

9. BAKA

Baka adalah salah satu kata yang paling sering muncul dalam anime. Secara umum, baka punya arti yang dipersempit menjadi idiot, bodoh, tolol, dan ungkapan negatif sejenisnya. Dalam penggunaannya, baka bisa menjadi sindiran atau sekadar bercanda, tergantung konteksnya.

10. NERF

Dalam gim, nerf adalah pengurangan kekuatan atau power yang dilakukan pada objek untuk menstabilkan jalannya permainan. Begitu juga di animanga, istilah di-nerf sering dilontarkan kepada karakter yang awalnya OP (sangat kuat) tapi seakan menjadi lemah.

15 Istilah yang Sering Dipakai Pencinta Anime dan Manga

Foto: Xebec Zwei

11. BUFF

Kebalikan dari nerf, buff adalah perubahan yang dilakukan terhadap objek untuk menambah kekuatan. Dalam anime saat ini, contohnya ada pada karakter Yuno dari “Black Clover”.

Penonton seakan disajikan perkembangan yang tiba-tiba pada tokoh, terutama dalam hal kekuatan, meski tidak terlihat proses latihannya.

12. SASUGA

Dalam bahasa anime atau bahasa gaul Jepang, istilah ini sebagai ungkapan pujian kepada lawan bicara yang punya arti "hebat" atau "mengagumkan".

13. LORD

Lord adalah sebutan untuk seseorang yang mempunyai wewenang dan pengaruh besar. Dalam bahasa gaul, sering diucapkan dengan tambahan "ya" di depannya, menjadi frase "Ya Lord" atau "Ya Tuhan". Dalam anime, lord juga diartikan sebagai "dewa".

14. PLOT ARMOR

Istilah yang dipakai untuk menggambarkan perlindungan terhadap karakter yang dianggap penting bagi keberlangsungan cerita. Biasanya, plot armor diberikan oleh sang novelis (mangaka) kepada tokoh utama dalam cerita.

Tapi, belakangan istilah ini banyak ditujukan kepada Reiner Braun dari "Attack on Titan" yang dianggap punya plot armor tebal dari mangaka sehingga dirinya sering kali selamat dari kematian, meskipun bukan tokoh utama. ( )

15. HIATUS

Arti hiatus dalam dunia manga sama dengan arti yang selama ini dikenal, yaitu berarti "vakum", "penundaan", "rehat", atau "berhenti sejenak". Hiatus pada manga biasa terjadi karena masalah kesehatan mangaka urusannya atau urusan personal lainnya.


GenSINDO
Finka Fahryah
UIN Syarif Hidayatullah
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)