6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Rabu, 09 Desember 2020 - 15:00 WIB
loading...
A A A
6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Foto: Soompi/Getty

Mengutip kbizoom.com, saat MAMA 2016, semestinya Taeyeon SNSD bakal berduet dengan rapper Amerika Serikat Wiz Khalifa. MAMA bahkan mempublikasikan foto mereka dengan iming-iming kata "See You Again". Namun kenyataannya, Wiz Khalifa cuma muncul sendiri di atas panggung, bernyanyi bersama rekaman suara Charlie Puth. Sementara Taeyeon juga tampil solo menyanyikan "Rain".

Para penggemar pun marah dan menuduh MAMA tidak profesional, karena tidak mungkin Taeyeon dan Wiz Khalifa yang lupa bahwa mereka harusnya berduet. ( )

Setahun sebelumnya, MAMA juga teledor dengan memberikan piala yang salah kepada EXO. Piala yang diberikan kepada mereka adalah piala yang semestinya diberikan ke Park Jin-young selaku produser terbaik. Saat diminta permohonan maafnya, staf MAMA malah mengatakan bahwa semestinya EXO mengecek piala itu dulu sebelum turun panggung.

Yang terbaru, pada MAMA 2020 lalu, foto BTS juga terpampang di layar lebar dengan hanya berisi enam orang, tanpa ada foto Jin .


4. PERLAKUAN TIDAK ADIL ANTARA PENYANYI DAN PEMAIN FILM/SERIAL

6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Foto: Allkpop/TMH

Yang ini baru saja terjadi pada MAMA 2020. Beredar foto-foto dari forum daringbahwa para member grup mesti antre untuk masuk ruang parkir. Bahkan Taeyong NCT sampai harus didandani dengan cuma memakai lampu ponsel saat dia lagi menunggu di mobilnya. Yang lain bahkan memakai toilet portable untuk berdandan.

Gara-gara ini, banyak idol yang mesti menyewa ruangan tak jauh dari situ untuk mempersiapkan penampilan mereka. Agensi bahkan harus memesan makanan sendiri, padahal Mnet mengatakan bahwa mereka sudah menyediakan katering untuk para idol di area acara.

Kondisi ini jauh berbeda dengan yang dirasakan para aktor dan aktris film dan serial. Mereka nyaman menunggu di dalam ruangan, bahkan mendapat camilan mewah. Mnet membela diri bahwa para aktor dan aktris lebih butuh banyak persiapan untuk tampil membacakan pemenang, sementara para idol kebanyakan sudah merekam penampilan mereka. Alasan lainnya, supaya tidak ada penumpukan di ruangan demi mematuhi protokol kesehatan saat pandemi.

5. PARA PENAMPIL TIDAK DIBAYAR, SEMENTARA PARA AKTOR/AKTRIS DAPAT PERLAKUAN EKSKLUSIF

6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Foto: KBS

Masih terkait perlakuan tak adil antara penyanyi dan pelakon, para penggemar idol juga mengungkit lagi bahwa para idol group yang tampil tak dibayar oleh Mnet, padahal mereka mendapat keuntungan dari tiket yang dijual dan dibeli oleh para fandom idol.

Mengutip Allkpop, pada MAMA 2019 yang berlangsung di Nagoya Dome, Jepang, tiket terjual habis dengan harga USD220 (Rp3,1 juta) untuk satu kursi. Kalau mau melihat momen karpet merah, harganya ditambah USD50 (Rp705 ribu). Saat itu, CJ ENM sebagai inisiator acara meraup pendapatan hingga USD6,6 juta (Rp93 miliar).

Dengan pendapatan tiket sebesar itu, para idol yang tampil di Jepang tidak mendapat bayaran apa pun kecuali untuk tiket pesawat dan akomodasi selama jadwal yang ditetapkan MAMA.

Mereka bahkan tidak diundang saat acara afterparty yang digelar privat. Yang diundang malah para aktor dan aktris, padahal ini adalah event penghargaan untuk musik. Kalaupun ada idol yang diundang, maka mereka akan diminta jadi penghibur alias bernyanyi, seperti yang dilakukan oleh Big Bang .

Sementara para idol yang sudah bekerja keras menyiapkan diri, biasanya langsung pulang ke Korea. Selain tidak dibayar, para idol lewat agensi mereka juga mesti membayar sendiri biaya untuk tata rias, rekaman video, dan lainnya. Tak heran, agensi kecil tak mampu mengirim artisnya kalau MAMA diadakan di luar negeri. ( )

6. RIBUT TERUS DENGAN PENGGEMAR DAN AGENSI

6 Kontroversi yang Pernah Menimpa Ajang Musik MAMA

Foto: Mnet

MAMA sering berselisih dengan agensi besar seperti SM Entertainment dan YG Entertainment , meski pada akhirnya mereka berbaikan lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)