Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Selasa, 12 Mei 2020 - 16:50 WIB
loading...
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi
Xiaomi percaya bahwa teknologi wireless/nirkabel akan membantu pengguna mencapai gaya hidup lebih nyaman. Mulai dari power bank hingga lampu dan smart home.
A A A
JAKARTA - Sebenarnya teknologi ini sudah sangat akrab digunakan konsumen. Tapi, tidak banyak disadari. Yakni, teknologi nirkabel dan internet of things (IoT).

Sama seperti sebagian konsumen yang masih menganggap Xiaomi adalah pabrikan ponsel dengan harga terjangkau atau entry level.

Padahal, varian entry level hanya ada di brand Redmi. Sedangkan di model Mi, targetnya menengah-premium. Dan produk Xiaomi sendiri lebih dari ponsel. Mereka memiliki banyak sekali produk canggih. Mulai Mi TV 4, power bank nirkabel, hingga Mi Robot Vacuum.

Karena menurut Country Manager Xiaomi Indonesia Alvin Tse, sejak tahun ini Xiaomi semakin fokus dalam menciptakan ekosistem wireless. ā€Yang kami ingin berikan adalah memberikan konsumen pengalaman otentik, komponen terbaik, serta rentang harga yang pas,ā€ ujarnya.

Nah, apa saja portofolio produk ekosistem nirkabel dan IoT yang dihadirkan Xiaomi untuk pasar di Indonesia?

Mi True Wireless Earphones 2
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Bentuknya memang mirip Apple Airpods. Tapi, harganya jauh lebih terjangkau. Fiturnya juga bisa dibilang tak kalah lengkap. Misalnya bisa dikendalikan dengan perintah suara. Atau dipanggil dengan mengetuk earphone dua kali. Praktis.

Perangkat tersebut juga mendukung AAC dan LHDC. Yakni, file audio berkualitas tinggi. Di sejumlah model smartphone Mi, perangkat ini dapat dipasang melalui jendela pop-up dan dilengkapi Bluetooth 5.0. Tersedia mulai 14 Mei 2020 dengan banderol Rp999,000.

Mi Wireless Power Bank Essential
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Teknologi nirkabel di power bank akan jadi tren karena kemudahannya. Tidak perlu mencolok kabel ke smartphone. Ini yang ditawarkan 10.000 mAh Mi Wireless Power Bank Essential. Lewat pengisian fast wireless charging hingga 10W, konsumen juga tidak perlu menunggu lama. Kemampuan 10.000 mAh juga pas dibawa traveling.

Adapun, jika masih ingin mengisi daya dengan kabel USB Type-C, tersedia input hingga 18W. Detektor FOD mencegah hilangnya daya saat perangkat tidak sengaja bersentuhan dengan benda logam seperti kunci atau koin. Harganya sangat terjangkau. Hanya Rp349,000.

Mi Robot Vacuum-Mop
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Belakangan semakin populer karena gaya dan fungsinya. Mi Robot Vacuum-Mop adalah pembersih otomatis yang memiliki fungsi menyapu dan mengepel. Ada sistem navigasi visual sehingga bisa mengenali peta ruangan dengan cepat.

Selain berjalan secara otonom, Mi Robot Vacuum-Mop juga dapat dikendalikan melalui remote control di ponsel. Ketika pemilik rumah atau apartemen pergi, Mi Robot Vacuum-Mop bisa menjaga rumah tetap bersih. Banderolnya sendiri Rp3,999,000.

Mi TV 4
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Mi TV 4 mulanya hadir lewat ukuran 55 inci dengan banderol Rp5 juta dan Rp3,5 juta untuk versi 43 inci. Kini, ada lagi model lebih terjangkau 32 inci yang hanya Rp2,199,000. Mi TV 4 adalah perangkat tepat untuk masuk ke dalam ekosistem Smart TV.

Untuk versi 32 inci pun sudah canggih. Misalnya speaker 8W ganda, DTS-HD, 3 port konektivitas yaitu 3 HDMI port, 2 port USB, dan port Ethernet serta opsi konektivitas secara wireless melalui Wi-Fi, Bluetooth 4.2 dan Chromecast built-in. Ada juga antarmuka Patchwall 3.0 yang memungkinkan pengguna menelusuri dan menikmati lebih dari 700.000 konten video, serta prosesor Amlogic 64-bit dan remote control.

Mi Bedside Lamp
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Lampu pintar di samping tempat tidur ini bisa terhubung ke wi-fi rumah, sehingga dapat dikontrol lewat ponsel dan perintah suara Google Assistant. Misalnya mengganti-ganti warna sesuai selera. Untuk ngegim hingga membaca. Bahkan mesimulasi matahari terbit 15 menit di pagi hari. Di bagian atasnya ada panel sentuhan untuk mengontrol kecerahan, warna, dan mode pencahayaan benderolnya Rp699.000.

Mi Motion Activated Night Light 2
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Lampu ini unik, karena bisa diletakkan di dalam lemari pakaian, di tangga dan koridor, ujung tempat tidur, di pojok kamar, hingga di sudut ruangan. Bisa dipindah-pindah, serta di tempel di dinding menggunakan perekat khusus. Cahayanya juga lembut. Plus, bisa diputar 360 derajat. Untuk mendapat posisi yang pas. Harganya terjangkau sekali, hanya Rp130.000.

Mi Induction Heating Rice Cooker
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Ini adalah asisten untuk memasak menu sahur. Mulai nasi, sup, telur, hingga ikan. Karena terhubung dengan wi-fi, pengguna bisa memulai rice cooker sebelum pulang kerja dan nasi hangat sudah menunggu saat tiba di rumah. Fungsi insulasi diklaim bisa membuat nasi lembut hingga 24 jam. Keunikan lainnya adalah pemanasan induksi yang diklaim lebih merata. Misalnya melembutkan serta kasar daging sapai. Ada tempat kukusan dari bahan polypropylene, untuk mengukus bubur, seafood, hingga memasak telur setengah matang. Harganya Rp1.299.000.

Mi Smart Kettle
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Mi Smart Kettle bisa digunakan untuk membuat minuman hangat. Misalnya saat sahur atau berbuka. Sudah dilengkapi pengontrol suhu, juga dapat dikendalikan oleh ponsel pintar. Air, misalnya, bisa dipanaskan sesuai suhu tertentu. Misalnya teh hitam di suhu 80-90 derajat. Lalu, membuat kopi, teh hijau, hingga susu. Banderol ketel pintar ini Rp559.000

Mi Robot Vacuum
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Mi Robot Vacuum berfungsi untuk membersihkan lantai rumah. Ada 12 sensor dengan 3 prosesor untuk membantu menjalankan tugasnya. Ada kipas bertenaga tinggi, serta sikat yang bisa membersihkan hingga tepi tembok dengan pemakaian 2,5 jam sebelum kembali ke dok pengisian. Banderolnya adalah Rp4.499.000.

Mi Air Purifier 2H
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Di era pandemi Covid-19, pembersih udara adalah produk yang sangat diminati. Xiaomi pun memiliki Mi Air Purifier 2H, yang diklaim menjamin pasokan udara segara secara efektif dengan filter udara berstandar HEPA. Klaimnya untuk meringankan alergi dan gejala asma. Banderolnya Rp1.999.000.

Mi Smart Band 4
Menyelami Dunia Nirkabel ala Xiaomi

Dengan banderol Rp399.000, Mi Smart Band 4 bisa memantau detak jantung untuk memastikan porsi latihan sesuai kemampuan fisik tubuh serta jumlah kalori yang terbakar. Misalnya senam yoga, berlari, hingga kegiatan lainnya. Merekam aktivitas olah raga memang menjadi tren saat ini. Terutama di generasi muda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)