Ensiklopedia, 'Mesin Pencari' Zaman Dulu Yang Harganya Puluhan Juta

Kamis, 03 Desember 2020 - 20:38 WIB
loading...
A A A
Bahkan Wikipedia pun gak bisa dijadikan acuan karena siapa pun bisa menulisnya tanpa pertanggungjawaban.Makanya Wikipediatidak bisa dijadiin rujukan karya ilmiah apalagi skripsi.

Nilai Ekonomis Ensiklopedia Fisik Masa Kini

Selain aspek pengetahuan, apakah ensiklopedia fisik masih berharga dan memiliki nilai ekonomis?

Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu harus mempertimbangkan target pasar. Tetapi faktanya kebanyakan set ensiklopediatidak lagi memiliki nilai ekonomis yang tinggi. (Baca Juga: Kebiasaan Buruk Ternyata Tidak Selamanya Buruk Loh Ini Buktinya )

Menurut James Beattie, pemilik situs web Booksappraised.com, sebagian besar set ensiklopedia memiliki nilai eceran kurang dari USD 75 (sekitar Rp1 juta).

“Sebagian koleksi tua dengan cepat ketinggalan zaman, permintaannya sedikit, dan akan memakan biaya yang sangat mahal untuk dikemas,” kata Beattie.

Tetapi, Beattie mengatakan ada beberapa ensiklopedia dengan edisi langka yang memiliki nilai sejarah.

Salah satu edisi langka yang paling terkenal adalah Ensiklopedia Britannica edisi ke-11 yang diterbitkan pada 1910 dan 1911.

Nilai historisnya, ensiklopedia itu dianggap sebagai kakek dari semua ensiklopedia.

Bukan hanya karena ditulis secara mendalam, edisi kesebelas diterbitkan sebelum Perang Dunia dan ditulis dalam perspetif “pandangan dunia yang hilang selamanya”.

Hingga saat ini edisi kesebelas masih menjadi buruan kolektor.

Menurut Beattie, edisi ensiklopedia ke-9 dan ke-11 bisa dijual seharga USD 300 hingga 400 (sekira Rp4-5 juta) dalam kondisi bagus dan bersih. Sedangkan Lynn Roundtree, pengamat buku lainnya mengatakan satu set ensiklopedia Britannica edisi ke-11 yang bagus dapat dihargai 300 USD.

Anggita Hutami Ratnaningsih
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram @gitahut
(nov)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)