5 Ibu Kota Terpanas Di Dunia

Rabu, 02 Desember 2020 - 07:09 WIB
loading...
5 Ibu Kota Terpanas Di Dunia
5 Ibu Kota Terpanas Di Dunia
A A A
JAKARTA - Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada bulan September tahun 2020, Indonesia berada pada perubahaniklim ekstrem. Melalui pengumpulan data dari 89 stasiun pengamatan BMKG, suhu udara rata-rata bulan September kemarin adalah 27,2°C.

Tapi bukan hanya Indonesia saja yang panas loh. Beberapa kota dibawah ini justru memiliki suhu yang lebih panas dari Indonesia.Dikutip dari worldatlas.com, berikut ini 5 Ibu kota terpanas di dunia!

1. KHARTOUM, SUDAN - 29,9 Derajat Celcius
5 Ibu Kota Terpanas Di Dunia


Foto: Daily Maverick

Iklim di Khartoum sangat panas, lantaran kota ini terletak di iklim semi gurun. Suhu rata-rata tahunannya adalah 29,9 derajat Celcius (85,82 Fahrenheit). Hujan jarang turun di kota ini dan sebagian besar turun antara bulan Juli dan September.

Selain itu, bulan terpanas di Khartoum adalah April, Mei, dan Juni, dengan suhu rata-rata lebih dari 40 derajat Celcius (104 Fahrenheit). Ibu kota Sudan tidak hanya menjadi salah satu ibu kota terpanas di dunia, tetapi juga salah satu kota besar terpanas di mana pun.

2. KOTA DJIBOUTI - 29,8 Derajat Celcius
5 Ibu Kota Terpanas Di Dunia


Foto: Urban Africa

Kota Djibouti adalah ibu kota yang dinamai sesuai dengan negara di mana kota itu ditemukan. Dengan lebih dari setengah juta penduduk, populasi kota mewakili lebih dari setengah populasi Djibouti secara keseluruhan. Penduduk kota ini mengalami iklim yang sangat panas, dengan suhu rata-rata tahunan 29,8 derajat Celcius. Kota ini mengalami curah hujan lebih dari 150 ml (5 oz) dalam setahun penuh. Matahari bersinar hampir setiap hari di Djibouti.

3. NIAMEY, NIGER - 29 Derajat Celcius
5 Ibu Kota Terpanas Di Dunia


Foto: Road Affair

Tidak seperti kota-kota lain dalam daftar ini, yang sebagian besar berlokasi di iklim kering, Bangkok mengalami iklim sabana tropis. Bahkan di bulan paling dingin di kota itu, yakni Desember, suhu jarang turun di bawah 20 derajat Celcius (68 Fahrenheit). Musim hujan terjadi pada musim panas dan berlangsung hingga musim gugur, dan hampir setiap hari di Bangkok memiliki suhu yang jauh di atas 30 derajat Celcius (86 Fahrenheit).

5. MANILA, FILIPINA - 28,4 Derajat Celcius
5 Ibu Kota Terpanas Di Dunia


Foto: Britannica

Manila merupakan salah satu kota kosmopolitan dunia dan daerah metropolitannya merupakan pusat ekonomi, budaya, pendidikan dan industri negara ini. Manila sering disebut Mutiara Orient atau Mutiara Negeri Timur.

Manila memiliki iklim tropis yang lembap dan kering yang berbatasan dengan iklim muson tropis. Seperti wilayah lainnya di Filipina, Manila sepenuhnya berada di daerah tropis. Meskipun begitu, Manila memiliki suhu tahunan rata-rata 28,4 derajat Celcius.

Sementara itu di posisi 6-10 ditempati oleh Phnom Penh (ibu kota Cambodia), N'Djamena (ibu kota Chad), Bamako (ibu kota Mali), Malé (ibu kota Maldives), dan Muscat (ibu kota Oman) dengan suhu tahunan rata-rata 28 derajat celcius.

Fitri Rizky Hartanti
Kontibutor GenSINDO
IISIP Jakarta
Instagram: @frizkyhrtnti


(nov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)